Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Factbox-Calon Pemilihan Presiden Indonesia

Factbox-Calon Pemilihan Presiden Indonesia

Bravo Subianto

Mantan komandan pasukan khusus ini telah dua kali kalah dari Presiden Widodo, yang juga dikenal sebagai Jokowi, pada tahun 2014 dan 2019, dan menempati posisi ketiga dalam kursi kepresidenan.

Jajak pendapat terhadap kandidat potensial dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan bahwa Prabowo unggul tipis atas pesaing terdekatnya.

Prabowo, 72 tahun, berasal dari keluarga elit dan memiliki banyak pengikut, meskipun ada tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dalam penculikan aktivis demokrasi selama kekacauan di akhir tahun 1990an. Dia membantah melakukan kesalahan.

Ia juga mantan menantu mendiang orang kuat Sukarto.

Pada pemilu sebelumnya, Prabowo membentuk aliansi dengan kelompok Islam konservatif dan partai politik yang dikritik karena memicu ketegangan komunal dan menciptakan perpecahan di negara sekuler dan pluralistik. Setelah kalah dalam pemilu tahun 2019, Jokowi menunjuk Prabowo sebagai menteri pertahanan, sebuah langkah yang menurut para analis membantu menyembuhkan keretakan tersebut. Jokowi secara implisit mendukung Prabowo.

Prabowo adalah pemimpin partai Gerakan Indonesia Raya (Zerindra), yang mendukungnya sebagai calon presiden tahun lalu.

Teman berlari:

Gibran Rakabuming Raqqa, putra sulung presiden yang akan keluar, telah menjabat sebagai Wali Kota Surakarta sejak tahun 2020, posisi yang pernah dijabat ayahnya. Pada akhir bulan Oktober, Prabowo menunjuk Gibran, 36 tahun, sebagai calon wakil presiden setelah mahkamah konstitusi negara tersebut memutuskan bahwa usia minimum bagi pelamar untuk semua kasus harus berusia 40 tahun.

Kanchar Pranovo

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang berkuasa mengandalkan Kanjar, mantan gubernur Jawa Tengah, salah satu provinsi terpadat di Indonesia. Dia berada di urutan kedua setelah Prabowo dalam jajak pendapat baru-baru ini.

Seperti halnya Jokowi, yang berasal dari keluarga sederhana, Kanjar, 54 tahun, mantan anggota parlemen, mendapat dukungan besar dari masyarakat umum Indonesia sebagai pemimpin dari luar elit politik dan militer. Kanchar, yang juga mendapat dukungan dari Jokowi, berharap popularitasnya di media sosial dan di kalangan pemilih muda akan membawanya menuju kemenangan.

READ  Biden dijadwalkan bertemu dengan Presiden Indonesia menjelang KTT G

Kanjar menduduki puncak beberapa jajak pendapat hingga ia mendukung seruan agar Israel berhenti berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20, yang sejak itu tidak diikutsertakan oleh Indonesia sebagai tuan rumah.

Teman berlari:

Mahfut MD – Menteri Pertahanan yang sangat dihormati di Indonesia – memberikan integritas pada kandidat Kanjar dan peluang untuk mendapatkan suara penting dari Nahtlatul Ulama yang berpengaruh. Mahfud MD, yang bernama asli Mohamed Mahfud Mahmoodin, adalah mantan hakim Mahkamah Konstitusi yang menentang korupsi, termasuk di lembaga keamanan, dan telah blak-blakan mengenai kasus-kasus korupsi tingkat tinggi di kepolisian dan upaya mengubah konstitusi untuk memperpanjang masa jabatan presiden. ketentuan.

Adas Busved

Terlepas dari popularitasnya yang besar sebagai gubernur Jakarta pada tahun 2017-2022, jabatan yang pernah dipegang Jokowi dan dianggap sebagai pendorong untuk menjadi presiden, Anis, seorang akademisi dan politisi, tertinggal dalam jajak pendapat dalam beberapa bulan terakhir.

Anies, 54 tahun, dipuji atas responsnya terhadap COVID-19, namun dikritik karena penanganannya terhadap banjir yang terus-menerus di ibu kota yang luas dan padat.

Ia bukan anggota partai politik, namun didukung oleh tiga partai dalam koalisi yang berkuasa, termasuk partai sekuler dan Partai Keadilan Sejahtera Islam (PKS) yang konservatif.

Kemunculannya pada tahun 2017 kontroversial karena ia menerima dukungan dari kelompok Islam garis keras yang bangkit melawan lawannya dan Gubernur Jakarta saat itu, Basuki Dijaja Poornama – seorang Kristen etnis Tionghoa – yang kemudian dipenjara karena menghina Islam. Anis, yang menganut Islam moderat, dituduh tidak berbuat banyak untuk memperbaiki perpecahan agama dan komunal, namun hal ini dibantahnya.

Teman berlari:

Muhaimin Iskandar – alias Kak Imin, adalah pemimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKP) berusia 57 tahun dan menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat sejak 2019 dan Menteri Tenaga Kerja pada 2009-2014. Ia merupakan kerabat mantan presiden dan pemuka agama Abdurrahman Wahid atau Khuz Dur. Ia memiliki jaringan yang kuat di lingkungan Nahtlatul Ulama dan diharapkan dapat menarik suara pasangan Anies dari basisnya di Jawa Timur.

READ  India: Tiga nelayan India dibebaskan dari Medan ke India dengan penerbangan Indonesia

(Disusun oleh Ananda Theresia dan Stanley Vidianto; Disunting oleh Martin Petty)

Penafian: Laporan ini dibuat secara otomatis dari layanan berita Reuters. ThePrint tidak bertanggung jawab atas kontennya.