Juli 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

EY sedang menjajaki IPO atau penjualan sebagian dari bisnis penasihat global

EY sedang menjajaki IPO atau penjualan sebagian dari bisnis penasihat global

EY sedang menjajaki daftar publik atau penjualan sebagian dari bisnis penasihat globalnya sebagai bagian dari transformasi paling radikal dari firma akuntansi Empat Besar dalam dua dekade, menurut orang-orang yang mengetahui langsung masalah tersebut.

Menjual atau mencatatkan saham akan meningkatkan potensi keuntungan besar bagi mitra EY yang sudah ada yang memiliki dan mengoperasikan perusahaan, mengingatkan pada penawaran umum perdana Goldman Sachs pada tahun 1999 dan Accenture pada tahun 2001.

Perusahaan berkekuatan 312.000, yang bersama dengan Deloitte, KPMG dan PwC mendominasi industri akuntansi, adalah Pertimbangkan perpisahan bersejarah Salah satu tugasnya adalah sebagai solusi konflik kepentingan yang melanda profesi dan menarik pengawasan regulasi.

Bisnis penasihat EY, yang menyediakan saran pajak, saran dan kesepakatan, menghasilkan pendapatan $26 miliar tahun lalu dan mempekerjakan 166.000 penasihat.

Bisnis audit EY, yang menghasilkan pendapatan $ 14 miliar tahun lalu, kemungkinan akan tetap sebagai kemitraan setelah putus. Orang-orang yang mengetahui detailnya mengatakan beberapa penasihat akan beralih ke sisi audit untuk mendukung pekerjaannya di bidang-bidang seperti perpajakan.

Bisnis penasihat independen yang baru akan memiliki opsi untuk bergabung sebagai korporasi, yang memungkinkannya memperoleh pendanaan eksternal melalui penjualan atau penawaran umum. Investasi baru dapat membantu mendorong pertumbuhan dan bersaing dengan perusahaan penasihat yang lebih besar seperti Accenture, yang melaporkan pendapatan $51 miliar tahun lalu dan bernilai hampir $200 miliar di New York Stock Exchange.

Pemisahan juga akan membebaskan bisnis penasihat EY untuk memenangkan bisnis dari perusahaan yang telah diaudit oleh EY, membuka kumpulan klien baru potensial yang saat ini dilarang berdasarkan aturan independensi.

EY telah diberi tahu tentang perencanaan oleh JPMorgan dan Goldman Sachs, orang-orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan. Bank menolak berkomentar.

READ  Pasar Eropa dibuka untuk ditutup, data, keputusan ECB

Mitra besar perusahaan belum membuat proposal tegas kepada mitra tentang apakah mereka harus melanjutkan dengan restrukturisasi dan seperti apa bentuknya.

Menjual sebagian bisnis kepada pemegang saham luar akan menjadi langkah radikal. Seorang mitra senior di perusahaan lain mengatakan menjual bagian dari pekerjaan dan menyerahkan rejeki nomplok kepada mitra akan secara dramatis mengubah struktur saat ini karena “datang telanjang dan meninggalkan telanjang” sambil mempertahankan modal perusahaan untuk generasi berikutnya.

Empat Besar diatur sebagai jaringan perusahaan anggota nasional yang terpisah secara hukum yang membayar biaya setiap tahun untuk merek, sistem, dan teknologi yang sama. Pengaturan ini mencegah mereka mengambil investasi luar dan mempersulit mereka untuk mendorong melalui reformasi radikal, yang akan membutuhkan konsensus luas di seluruh perusahaan.

Namun, banyak akuntan melihat EY sebagai yang terbaik dari empat besar untuk mendorong perubahan internasional yang penting karena pemimpin globalnya memiliki pengaruh lebih besar daripada pesaing, dengan mitra tetap memegang lebih banyak kekuatan.

Namun, mitra EY akan memiliki kesempatan untuk memberikan suara pada setiap perubahan. Ditanya apakah EY akan memilih investor menjelang jajak pendapat, seseorang yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan: “Kami sedang melihat opsi ini. Kami akan mencari untuk melihat apa yang menjadi kepentingan yang tepat dari semua mitra.”

EY dan perusahaan layanan profesional lainnya memiliki “bel pintu berdering sepanjang waktu” Perusahaan ekuitas swasta yang mencari investasi Di bagian bisnis mereka, kata orang ini. Orang tersebut menambahkan bahwa go public akan lebih sulit daripada menjual ekuitas swasta.

Perpecahan oleh EY akan memaksa pesaingnya untuk memutuskan apakah akan mengikutinya.

Pada hari Jumat, PwC, Deloitte dan KPMG mengatakan bahwa mereka percaya pada manfaat memiliki bisnis audit dan konsultasi di bawah satu atap.

READ  Tekan M untuk lebih banyak kekuatan dan kontrol: BMW iX M60 2023 diuji

PwC mengatakan “tidak memiliki rencana untuk mengubah arah” sementara Deloitte mengatakan “berkomitmen pada model bisnis kami saat ini”. KPMG mengatakan model multidisiplin “membawa berbagai manfaat”.

Pemisahan ini kemungkinan akan menarik tentangan dari beberapa mitra. Mitra Empat Besar mengatakan audit secara historis memiliki margin keuntungan yang lebih rendah dan mungkin kesulitan untuk merekrut dan mempertahankan staf, terutama mitra ahli yang menghasilkan sebagian besar uang mereka dari konsultasi tetapi memberikan keahlian penting di bidang-bidang seperti perpajakan.

EY menolak berkomentar tentang kemungkinan penjualan saham atau penawaran umum perdana. Menyusul berita tentang rencana pemisahan pada hari Kamis, CEO global Carmen Di Sibiu mengatakan kepada karyawan melalui email pada hari Jumat: “Tidak … keputusan telah dibuat.”