Agustus 13, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Eropa meningkatkan dukungan untuk Ukraina saat Rusia menekan serangan

Eropa meningkatkan dukungan untuk Ukraina saat Rusia menekan serangan

  • Zelensky berterima kasih kepada para pemimpin UE atas kunjungan solidaritas
  • Komandan menjelajahi kota Irbin . yang hancur
  • Pertempuran berkecamuk di Severodonetsk dan Ukraina selatan

Kyiv/IRBIN, Ukraina, 17 Juni (Reuters) – Inggris akan menjadi tuan rumah pembicaraan mengenai pembangunan kembali infrastruktur utama di Kyiv pada Jumat, sehari setelah para pemimpin Jerman, Prancis dan Italia mengunjungi Ukraina dan menawarkan harapan untuk keanggotaan Uni Eropa saat negara itu berperang gempuran Rusia sengit di timur.

Sirene berbunyi ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron, Olaf Schulz dari Jerman dan Mario Draghi dari Italia mengunjungi ibu kota Ukraina dan kota terdekat hancur pada awal perang. Baca lebih banyak

Setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Volodymyr Zelensky, para pemimpin mengindikasikan bahwa Ukraina harus diberikan status kandidat Uni Eropa, isyarat simbolis yang akan membawa Kyiv lebih dekat ke blok ekonomi.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Schulz mengatakan Jerman telah menerima 800.000 pengungsi Ukraina dan akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan.

“Ukraina milik keluarga Eropa,” katanya.

Inggris akan menerima perwakilan dari Ukraina dan para pemimpin bisnis pada hari Jumat untuk membahas bagaimana perusahaan Inggris dapat membantu membangun kembali infrastruktur utama di Kyiv. Baca lebih banyak

Inggris akan memperkuat kerja sama antara perusahaan infrastruktur, energi dan transportasi, serta organisasi publik dan swasta Ukraina untuk membantu memperbaiki infrastruktur yang rusak dan hancur.

Di medan perang, para pejabat Ukraina mengatakan pasukan mereka melakukan pemboman besar-besaran Rusia di kota timur Severodonetsk dan menggambarkan kemajuan baru dalam serangan balasan di selatan.

Tetapi mereka mengatakan pertempuran di dua front utama bergantung pada penerimaan lebih banyak bantuan dari Barat, terutama artileri, untuk melawan keunggulan besar Rusia dalam persenjataan.

READ  Berita terbaru Biden dan Arab Saudi: Pembaruan langsung

“Kami menghargai dukungan yang telah diberikan oleh para mitra, dan kami mengharapkan pengiriman pengiriman baru, terutama senjata berat, artileri roket modern dan sistem pertahanan anti-rudal,” kata Zelensky Kamis setelah pembicaraan dengan rekan-rekannya di Eropa.

Macron mengatakan Prancis akan meningkatkan pengiriman senjata ke Kyiv, sementara menteri pertahanan NATO di Brussels menjanjikan lebih banyak senjata ke Ukraina karena mereka berencana untuk memperkuat sayap timur aliansi militer pimpinan AS.

“Jadikan Eropa bukan perang”

Kunjungan tiga pemimpin paling kuat di Uni Eropa ke Ukraina membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diorganisir karena mereka menangkis kritik atas sikap yang digambarkan terlalu merendahkan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Para pemimpin, bergabung dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis, mengunjungi Irbin, tak lama setelah invasi dimulai pada 24 Februari.

Mengacu pada grafiti di dinding bertuliskan “Buat Eropa, bukan perang,” kata Macron: “Sangat mengharukan melihat itu. Ini adalah pesan yang tepat.”

Putin telah berulang kali mengatakan bahwa alasan langsung utama untuk apa yang disebutnya “operasi militer khusus” adalah untuk melindungi penutur bahasa Rusia di Ukraina timur dari penganiayaan dan serangan.

Schulz, Macron dan Draghi mengatakan mereka adalah pendukung setia Ukraina yang telah mengambil langkah-langkah praktis untuk mengurangi ketergantungan Eropa pada energi Rusia dan menemukan senjata untuk membantu Kyiv.

Tetapi Ukraina telah lama mengkritik Schulz atas apa yang dilihatnya sebagai pengiriman senjata yang lambat dari Jerman dan keengganannya untuk memutuskan hubungan ekonomi dengan Moskow, dan bulan ini Macron marah karena mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Rusia tidak boleh “dipermalukan.”

Italia juga telah mengusulkan rencana perdamaian yang dikhawatirkan Ukraina akan menekan mereka untuk menyerahkan tanah mereka. Setelah pembicaraan di Kyiv, Macron mengatakan bahwa semacam saluran komunikasi dengan Putin masih diperlukan.

READ  Kemarahan meningkat di antara penduduk Shanghai yang terkunci saat kota melaporkan lebih banyak kematian akibat COVID

desa hantu

Di selatan, Ukraina mengatakan pasukannya sedang menuju ke wilayah Kherson, yang diduduki Rusia pada awal invasinya. Ada beberapa laporan independen untuk mengkonfirmasi lokasi pertempuran di daerah tersebut.

Kepala staf Zelensky, Andrei Yermak, menulis di Twitter bahwa ia telah mengunjungi daerah sekitar 3 sampai 4 kilometer (sekitar 2 mil) dari posisi Rusia, di mana puluhan “desa hantu” telah dievakuasi karena pertempuran.

“Orang-orang kami ada di lapangan – suasananya sedang berperang. Bahkan dengan sumber daya terbatas, kami memukul mundur musuh. Satu hal yang hilang – senjata jarak jauh. Bagaimanapun, kami akan mengusir mereka dari selatan,” tulisnya. . .

Pertempuran utama dalam beberapa pekan terakhir telah terjadi di sekitar kota timur Severodonetsk, di mana pasukan Ukraina bersembunyi di sebuah pabrik kimia dengan ratusan warga sipil.

“Setiap hari menjadi lebih sulit karena Rusia menarik lebih banyak senjata ke kota,” kata Oleksandr Stryuk, walikota Severodonetsk.

Pada hari Kamis, serangan udara menghantam sebuah bangunan yang menampung warga sipil di Yesichansk di seberang sungai, menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai tujuh orang, kata gubernur distrik Serhiy Gaidai.

Sementara itu, dinas intelijen Belanda mengatakan telah mengungkap plot kompleks Rusia untuk menempatkan agen militer menggunakan identitas Brasil palsu di Pengadilan Kriminal Internasional, yang sedang menyelidiki dugaan kejahatan perang.

“Ini adalah operasi yang berlangsung lama, bertahun-tahun, dan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang,” kata kepala badan intelijen Belanda, Eric Ackerbom, menggunakan akronim untuk GRU. Tidak ada komentar tentang kasus ini dari pemerintah Rusia atau Pengadilan Kriminal Internasional. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

READ  Euro Menghadapi Hari Penghakiman - Politico

Pelaporan tambahan oleh kantor Reuters; Ditulis oleh Ramy Ayoub dan Stephen Coates. Diedit oleh Angus McSwan, Alex Richardson dan Rosalba O’Brien

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.