Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Elon Musk menghadapi persidangan atas rencananya tahun 2018 untuk memiliki mobil Tesla pribadi

Lebih dari empat tahun setelah dia mengatakan dia mendapatkan pembiayaan untuk mengeluarkan Tesla dari pasar saham, Elon Musk akan mencoba mempertahankan pernyataan itu dalam persidangan yang dibuka Selasa di pengadilan federal San Francisco.

Kasus ini diajukan oleh investor yang menuduh bahwa Tuan Musk, CEO perusahaan mobil listrik, tidak pernah benar-benar mengumpulkan uang untuk mengambil alih Tesla dan bertindak sembrono dalam mendiskusikan rencana awal untuk melakukannya. Jika penggugat mendapatkan juri untuk memenangkan mereka, Tesla dan Mr. Musk dapat dipaksa untuk membayar miliaran dolar sebagai ganti rugi.

Persidangan berfokus pada apa yang dikatakan Tuan Musk di Twitter, yang dia peroleh pada bulan Oktober. “Saya berpikir untuk mengambil Tesla secara pribadi seharga $420. Pembiayaan terjamin,” katanya. tulis dalam sebuah postingan Pada 7 Agustus 2018.

Harga saham Tesla melonjak setelah tweet tersebut diposting tetapi tenggelam setelah proposal tersebut gagal. Penggugat, Glenn Littleton dan investor lainnya, berpendapat bahwa tindakan Tuan Musk bertanggung jawab atas kerugian yang mereka timbulkan dalam pergerakan saham Tesla.

Perusahaan, Tuan Musk dan pengacara mereka membela posisi tersebut dan mengatakan itu bukan tindakan sembrono.

Tuan Musk dan Tesla telah menyelesaikan gugatan terpisah yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa atas rencananya untuk menjadikan perusahaan itu pribadi. Mereka telah membayar denda kepada Securities and Exchange Commission, dan Tuan Musk telah setuju untuk mundur sebagai ketua Tesla dan meminta pengacara meninjau beberapa pernyataan yang dia buat tentang perusahaan di media sosial sebelum dipublikasikan.

Gugatan investor akan diadili di Pengadilan Distrik AS pada saat yang sulit bagi Tuan Musk dan Tesla. Perusahaan menjual lebih sedikit mobil daripada yang dijanjikan para eksekutif dan prediksi analis, Paksa Tesla untuk memangkas harga. Pendapatan Twitter turun Karena banyak perusahaan tidak lagi memasang iklan di platform setelah perilaku tidak menentu Mr. Musk dan keputusannya untuk memecat sebagian besar karyawan perusahaan.

READ  5 hal yang perlu diketahui sebelum pasar saham dibuka Selasa, 22 November

Pakar hukum mengatakan kasus itu mungkin sulit bagi Tuan Musk dan Tesla. Hakim distrik senior yang menangani kasus tersebut, Edward M. Chen, memutuskan tahun lalu bahwa dia setuju dengan penggugat bahwa postingan Twitter Mr. Musk tahun 2018 tentang menjadikan Tesla pribadi adalah salah dan bahwa Mr. Musk, menurut investor, “sengaja sembrono ” tentang Kebenaran saat membuat pernyataan ini.

“Saya benar-benar mendapat penilaian singkat atas kecerobohan dan pernyataan palsu,” kata Adam Pritchard, seorang profesor hukum di University of Michigan. “Ini adalah dua pembelaan yang paling umum di mana para terdakwa menang.”

Namun, Hakim Chen tidak memihak investor di bagian lain dari kasus mereka – dan itu bisa memberi Mr. Musk jalan menuju kemenangan. Pakar hukum mengatakan penggugat harus membuktikan bahwa uang yang mereka hilangkan di saham Tesla terkait dengan pernyataan dari Tuan Musk yang menurut pengadilan salah, seperti klaim bahwa dia memperoleh pembiayaan.

Tuan Musk bisa menang jika juri menemukan bahwa pernyataan lain yang dia buat benar dan pernyataan itu menyebabkan pergerakan saham Tesla.

Dalam dokumen pengadilan, pengacaranya mengutip pernyataan yang mereka yakini sesuai dengan deskripsi itu. Misalnya, Alex Spiro, salah satu pengacara Tuan Musk, menegaskan bahwa pergerakan saham Tesla mungkin disebabkan oleh pernyataannya yang “benar-benar tak terbantahkan” bahwa dia “sedang mempertimbangkan untuk mengambil Tesla secara pribadi.”

“Terdakwa biasa mana pun akan menyelesaikan kasus ini,” kata Mr. Pritchard, “tetapi dia memiliki sesuatu yang pantas untuk dicoba.”

Tesla, Tuan Musk dan Tuan Spiro tidak menanggapi permintaan komentar.

Sementara Tuan Musk selalu berjuang untuk membuktikan bahwa dia memiliki pembiayaan untuk menjadikan Tesla pribadi, dia mungkin berusaha untuk memberikan bukti dan kesaksian baru di pengadilan yang mendukungnya. Dia membenarkan bahwa Dana Investasi Publik di Kerajaan Arab Saudi setuju untuk memberikan pembiayaan.

READ  Saham global rebound meskipun ada kekhawatiran tentang ekonomi; keuntungan dolar

Pesan teks antara Tuan Misk dan Yasser Al-Rumayyan, yang mengawasi dana Saudi, muncul awal tahun lalu dalam file pengadilan. Surat-surat itu menunjukkan Tuan Musk bertanya tentang komitmen dana untuk kesepakatan itu. Tuan Al-Rumayyan menjawab bahwa Tesla tidak memberikan informasi yang cukup.

“Ini adalah pernyataan yang sangat lemah dan tidak mencerminkan percakapan yang kami lakukan di Tesla,” tulis Musk dalam pesan teks pada Agustus 2018. “Kamu bilang kamu benar-benar tertarik untuk menjadikan Tesla pribadi dan ingin melakukannya sejak 2016.”

“Terserah kamu Elon,” jawab Pak Al-Rumayyan. Dalam teks selanjutnya, dia menambahkan: “Kami tidak dapat menyetujui sesuatu yang kami tidak memiliki cukup informasi tentangnya.”

Tim hukum Tuan Misk telah memanggil Tuan Al-Rumayyan dan karyawan lain dari Dana Saudi, berusaha memaksa mereka untuk bersaksi di persidangan. Tetapi pengacara untuk dana tersebut mengatakan kepada pengadilan pada hari Kamis bahwa panggilan dari pengadilan itu “cacat secara hukum” dan “terus terang, sembrono.” Keesokan harinya, pengacara Mr. Musk mengatakan kepada pengadilan bahwa mereka tidak lagi mengejar panggilan dari pengadilan.

Seorang juru bicara Dana Investasi Publik Saudi tidak menanggapi permintaan komentar.

Kemudian pada Agustus 2018, Musk mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa Tesla akan tetap menjadi perusahaan publik.

Gugatan tersebut berasal dari waktu yang sangat berbeda untuk Tesla. Pada 2018, pembuat mobil telah berjuang mati-matian untuk meningkatkan produksi. Segera, masalah mereda, dan penjualan meningkat pesat. Perusahaan dimulai dengan sangat baik sehingga banyak investor berpikir itu akan mendominasi industri otomotif. Kapitalisasi pasar Tesla telah melampaui $1 triliun.

Tetapi pada tahun lalu, investor telah mengevaluasi kembali prospek perusahaan karena melaporkan angka penjualan yang mengecewakan dan Mr. Musk menjual saham dalam jumlah besar untuk mengumpulkan uang untuk akuisisi Twitter-nya. Harga saham Tesla telah turun sekitar 65 persen dalam setahun terakhir.

READ  Sebagian besar pembeli benci mengantri, tetapi banyak yang dengan senang hati menunggu kasir Florida Publix ini.

Musk dan pengacaranya telah mencoba untuk menunda persidangan, termasuk permintaan minggu lalu agar Hakim Chen memindahkan kasus tersebut ke Distrik Barat Texas, termasuk Austin, tempat Tesla memindahkan kantor pusatnya pada tahun 2021. Media lokal telah “memuaskan” Bay Area, rumah Tesla, kata para pengacara, dengan “cerita bias dan negatif tentang Tuan Musk” yang akan merugikan juri. Hakim Chen menolak permintaan itu pada hari Jumat.

Ini bukan satu-satunya pertarungan hukum Tuan Musk.

Di Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Kedua, dia mencoba menghentikan sebagian dari Kesepakatan yang dia capai dengan SEC Dalam banding ini, Tuan Musk berpendapat bahwa ketentuan penyelesaian yang mencegah kemampuannya untuk membuat pernyataan publik tentang masalah Tesla tertentu mengganggu hak Amandemen Pertama.

Dan di pengadilan Delaware Chancery, pemegang saham Tesla mencoba untuk membatalkan Paket kompensasi besar diberikan kepada Tuan Musk pada tahun 2018. Seorang hakim Delaware dapat mengumumkan putusan dalam beberapa minggu mendatang.