Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ekspor minyak Nigeria ke Indonesia pada tahun 2023 mencapai ,8 miliar

Ekspor minyak Nigeria ke Indonesia pada tahun 2023 mencapai $3,8 miliar

Nigeria akan mengekspor minyak mentah dan gas senilai $3,8 miliar ke Indonesia pada tahun 2023, menurut Duta Besar Indonesia untuk Nigeria, Dr Usra Harahab.

Harahab mengungkapkan hal ini di Abuja pada hari Rabu saat kunjungan kehormatan ke Sekretaris Tetap, Kementerian Federal Sumber Daya Perminyakan, Nicholas Ella.

Dalam pertemuan tersebut, beliau menyampaikan keinginan Republik Indonesia untuk memperdalam kerja sama yang telah terjalin dengan Nigeria dalam pengembangan sektor migas, demikian pernyataan Wakil Direktur Pers dan Humas Kementerian Perminyakan Oluwagemi Ogunmakinwa. .

Duta Besar Indonesia mengatakan Indonesia sedang menjajaki cara untuk menstabilkan hubungannya dengan Nigeria.

“Kami mencari cara untuk mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dan hubungan bermanfaat yang telah kami jalin selama 59 tahun terakhir,” katanya.

Mengingat bahwa perekonomian sektor minyak dan gas merupakan kepentingan bersama bagi kedua negara, utusan tersebut mengatakan negaranya ingin menjajaki bidang kerja sama lebih lanjut dengan Nigeria dalam hal tersebut.

Dalam pernyataannya, beliau (Harahab) mencatat bahwa, “Pada tahun 2023, Indonesia mengimpor minyak dan gas senilai $3,8 miliar dari Nigeria dan menekankan perlunya Nigeria dan Indonesia untuk melanjutkan diskusi mengenai pembentukan MoU minyak dan gas. Sektor gas telah terhenti sejak 2017.

Mengutip prospek negara bagian Enugu membangun pembangkit listrik tenaga gas berkapasitas 500MW pada tahun 2023, Harahab mengatakan MoU tersebut akan membantu meningkatkan kerja sama di sektor ini.

Dalam tanggapannya, Ella menyampaikan bahwa Indonesia telah menjadi sahabat baik Nigeria dan kunjungan tersebut akan membantu meningkatkan hubungan kedua negara dalam pengembangan minyak dan gas Nigeria untuk saling menguntungkan.

Dia meyakinkan utusan tersebut bahwa MoU dan permasalahan seputar pabrik gas Enugu akan dijajaki, dan menambahkan bahwa bidang kerja sama dan kepentingan bersama lainnya akan dijajaki.

READ  Wooling mengirimkan 100 unit Air EV pertama kepada pelanggan di Jakarta; Harga di Indonesia RM70k-RM94k

Nigeria mengekspor minyak mentah dan gas ke banyak negara di dunia karena negara ini memperoleh sebagian besar devisa dari penjualan minyak mentah.

Pada tahun 2023, negara ini memperoleh N29tn dari ekspor minyak mentah, meningkat secara signifikan sebesar 37 persen dari tahun sebelumnya.

Lonjakan ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor termasuk peningkatan produksi minyak dan devaluasi mata uang Nigeria, yang menjadikan ekspor minyak lebih menguntungkan.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun minyak mentah merupakan sumber pendapatan utama bagi Nigeria, diversifikasi ekonomi juga penting untuk menjamin stabilitas jangka panjang.

Okechukwu Nnotim

Sebagai jurnalis di Surat Kabar Punch, Okechukwu memiliki pengalaman selama 15 tahun dalam meliput Energi (Listrik dan Minyak Bumi), Keuangan, Pertanian, Lingkungan Hidup, Layanan Kemanusiaan, Pekerjaan dan Perumahan, Perdagangan dan Investasi, Pasar Modal, Penerbangan dan Transportasi, dan TIK.