Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia akan menguji taksi terbang ke ibu kota baru Nusantara pada bulan Juli menjelang parade Hari Kemerdekaan

Indonesia akan menguji taksi terbang ke ibu kota baru Nusantara pada bulan Juli menjelang parade Hari Kemerdekaan

JAKARTA: Indonesia akan menguji taksi terbang pertamanya pada bulan Juli ke ibu kota baru negara itu, Nusantara, menjelang perayaan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus.

Ketua Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susandono, Rabu (29 Mei), mengatakan suku cadang mobil sudah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baterainya telah tiba di Jakarta dan akan dikirim ke kota terdekat Samarinda di Kalimantan Timur.

Setelah komponen diperiksa dan dirakit, akan dilakukan pengujian di Bandara Samarinda selama sebulan. Menurut Wakil Sekretaris Komisi IKN Bidang Transformasi Hijau dan Digital, Ali Berawi, kendaraan tersebut mampu memuat lima orang.

Taksi terbang tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motors. Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Hyundai telah menandatangani nota kesepahaman untuk menciptakan lingkungan mobilitas udara yang lebih baik di Indonesia pada tahun 2022.

“Tidak banyak orang di dunia yang berkesempatan merasakan pengalaman mobil terbang,” kata Bambang.

Media lokal memberitakan bahwa taksi terbang kini menjadi kenyataan, dan Indonesia bergabung dengan negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Slovakia, dan Jepang yang telah memulai uji coba.

Nusantara memperkirakan kendaraan ini akan terbang di atas kota pada tahun 2045.

Setelah uji coba tersebut, Hyundai diharapkan mengembangkan model bisnis taksi terbang melalui Supernal, anak perusahaannya di AS yang mengkhususkan diri pada mobilitas udara perkotaan. Mereka juga akan mengembangkan teknologi penerbangan otonom untuk kendaraan.

Masyarakat adat membantu mengelola hutan

READ  Indonesia menemukan dua jenazah setelah kapal pengungsi Rohingya terbalik di Laut Aceh