April 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Eksklusif: Rusia tidak akan menyelidiki kecelakaan pesawat Prigozhin berdasarkan aturan internasional

Eksklusif: Rusia tidak akan menyelidiki kecelakaan pesawat Prigozhin berdasarkan aturan internasional

Seorang fotografer memotret puing-puing pesawat pribadi yang terkait dengan kepala tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin di dekat lokasi kecelakaan di wilayah Tver, Rusia, 24 Agustus 2023. REUTERS/Marina Lytseva/File foto Mendapatkan hak lisensi

SAO PAULO/MONTREAL (Reuters) – Rusia telah mengatakan kepada Otoritas Investigasi Pesawat Brasil bahwa mereka tidak akan menyelidiki jatuhnya jet Embraer buatan Brasil yang menewaskan pemimpin tentara bayaran Yevgeny Prigozhin berdasarkan aturan internasional “untuk saat ini”. Badan Brasil itu mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa.

Prigozhin, dua pembantu utamanya di Grup Wagner dan empat pengawal termasuk di antara 10 orang yang tewas ketika Embraer Legacy 600 jatuh di utara Moskow pekan lalu.

Dia meninggal dua bulan setelah melancarkan pemberontakan singkat terhadap lembaga pertahanan Rusia, yang merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin sejak ia berkuasa pada tahun 1999.

Pusat Penelitian dan Pencegahan Kecelakaan Penerbangan (CENIPA) Brazil, untuk peningkatan keselamatan penerbangan, mengatakan akan bergabung dengan penyelidikan yang dipimpin Rusia jika diundang dan penyelidikan dilakukan berdasarkan aturan internasional.

Otoritas penerbangan Rusia tidak berkewajiban untuk mengatakan ya kepada CENIPA, namun beberapa mantan penyelidik mengatakan hal itu harus dilakukan, karena Amerika Serikat dan pemerintah Barat lainnya mencurigai Kremlin berada di balik jatuhnya Embraer Legacy 600 pada 23 Agustus, yang memiliki tingkat keamanan yang baik. catatan. .

Kremlin menyangkal keterlibatan apa pun. Prigozhin secara terbuka mengkritik upaya Moskow melakukan invasi ke Ukraina. Tentara bayaran Wagner bertempur di pihak Rusia.

Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) PBB, yang berbasis di Montreal, penerbangan dari Moskow ke St Petersburg adalah penerbangan domestik, sehingga tidak tunduk pada aturan internasional yang dikenal di seluruh industri dengan nama resmi “Lampiran 13”.

READ  Jajak pendapat menunjukkan bahwa pemimpin Kazakh sedang menuju kemenangan besar dalam pemilihan

Tidak ada kewajiban untuk menerima aturan internasional

“Mereka tidak diwajibkan, hanya disarankan untuk melakukannya,” Brigadir Joy Marcelo Moreno, kepala CENIPA, mengatakan kepada Reuters setelah lembaga tersebut mengirim email pekan lalu menanyakan Rusia apakah mereka akan membuka penyelidikan semacam itu.

Dia menambahkan, “Tetapi jika mereka mengatakan akan membuka penyelidikan dan mengundang Brazil, kami akan berpartisipasi dari jauh.”

John Cox, penasihat keselamatan penerbangan AS dan mantan penyelidik, mengatakan penyelidikan internal Rusia akan selalu dipertanyakan tanpa keterlibatan Brasil, negara tempat pesawat itu dibuat.

“Saya pikir ini sangat menyedihkan,” kata Cox, setelah diberitahu mengenai tanggapan Rusia. “Saya pikir ini merusak transparansi penyelidikan Rusia.”

CENIPA mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa mereka menerima tanggapan dari Komite Penerbangan Antar Negara – Komite Investigasi Kecelakaan (IAC) pada hari Selasa, di mana pihak berwenang Rusia mengatakan, untuk saat ini, tidak akan membuka penyelidikan Lampiran 13.

Dalam investigasi kecelakaan udara, para ahli berupaya meningkatkan keselamatan penerbangan tanpa menyalahkan siapa pun, namun investigasi tersebut sering kali dinodai oleh kepentingan politik.

CENIPA dan pabrikan Embraer ingin mencegah insiden di masa depan, namun mereka menghadapi tantangan dalam mendapatkan informasi dari penyelidikan karena sanksi yang dijatuhkan pada Rusia dan keengganan Moskow untuk mengizinkan pengawasan eksternal.

Sekitar 802 jet regional Embraer berkapasitas 37 hingga 50 kursi, dibangun dengan platform yang sama dengan Legacy 600 milik perusahaan, sedang beroperasi, hal ini menggarisbawahi ketertarikan Brasil dalam penyelidikan tersebut.

Embraer menolak berkomentar.

Jeff Guzzetti, mantan penyelidik kecelakaan udara AS, mengatakan Rusia harus menerima bantuan dari Brasil, meskipun CENIPA hanya dapat berpartisipasi dari jarak jauh.

“Jika tidak, itu pertanda pasti bahwa penyelidikan tidak akan transparan.”

READ  Rusia menginvasi Ukraina dan berita tentang Vladimir Putin

Nama Peraturan ini diambil dari lampiran Konvensi Penerbangan Sipil Internasional – yang lebih dikenal sebagai Konvensi Chicago 1944 – dan Peraturan tersebut mewakili bentuk kerja sama internasional yang sederhana namun efektif dan jarang ditentang.

Para pejabat keselamatan mengatakan bahwa dengan mendorong kerja sama teknis yang sangat erat melintasi batas-batas politik dan menghindari isu-isu yang saling menyalahkan, Annex 13 telah meningkatkan keselamatan udara secara signifikan sejak pertama kali diperkenalkan.

(Laporan oleh Alison Lambert di Montreal, Gabriel Araujo di São Paulo dan Valerie Encina di Washington; Laporan oleh Mohammed untuk The Arab Bulletin; Penyuntingan oleh Mohammed Al Yamani) Penyuntingan oleh Denny Thomas dan Grant McCall

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensimembuka tab baru

Gabriel adalah seorang reporter yang berbasis di São Paulo, Brasil yang meliput berita keuangan Amerika Latin dan berita terkini dari ekonomi terbesar di kawasan itu. Lulusan Universitas Sao Paulo, ia bergabung dengan Reuters saat kuliah sebagai pekerja magang di bidang komoditas dan energi dan terus bekerja di perusahaan tersebut sejak saat itu. Dia sebelumnya meliput acara olahraga – termasuk sepak bola dan Formula 1 – untuk stasiun radio dan situs web Brasil.