Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dusty Baker dari Houston Astros menjadi pelatih kulit hitam pertama yang memenangkan 2.000 pertandingan, ke-12 secara keseluruhan

Dusty Baker dari Houston Astros menjadi pelatih kulit hitam pertama yang memenangkan 2.000 pertandingan, ke-12 secara keseluruhan

Dusty Baker menjadi pelatih ke-12 dalam sejarah Liga Utama yang memenangkan 2.000 pertandingan – dan manajer kulit hitam pertama yang mencapai prestasi itu – dengan kemenangan 4-0 Astros pada Selasa malam atas Seattle Mariners di Houston.

Pria berusia 72 tahun itu memulai karir manajerialnya pada 1993 bersama San Francisco Giants, dan telah memimpin lima tim berbeda — Giants, Chicago Cups, Cincinnati Reds, Washington Nationals, dan Astros — hingga pasca-musim, satu-satunya manajer yang mencapai prestasi. Dia juga salah satu dari sembilan manajer yang telah memenangkan panji-panji di kedua liga, dan memimpin Giants ke Kejuaraan Dunia pada tahun 2002 dan Astros pada tahun 2021. 40 kemenangan pasca-musimnya diikat untuk kedelapan kalinya bersama Terry Francona.

Dengan tusuk gigi dan gelang ikoniknya, Baker telah menjadi salah satu karakter permainan yang paling bersemangat selama tiga dekade terakhir – di atas karir 19 tahun sebagai pemain, menyelesaikan dengan 1.981 hit dan 242 home run.

Terlepas dari kemenangan tahun 2000, perselingkuhan Hall of Fame-nya masih menjadi bahan perdebatan yang kontroversial. Dari 11 manajer dengan lebih banyak kemenangan Hall of Fame daripada Baker, 10 berada di Hall of Fame, dan Bruce Bochy dipandang sebagai kunci untuk dipilih ketika dia memenuhi syarat untuk pemungutan suara Desember 2023. Semua 10 manajer Hall of Fame dengan lebih banyak menang dari Baker, bagaimanapun, Dia juga memiliki setidaknya satu kejuaraan dunia, sementara Bochy telah memenangkan tiga dengan Giants.

Tim Baker gagal dalam penampilan Kejuaraan Dunia dan menderita beberapa kekalahan memilukan di sepanjang jalan – terutama Game 6 Kejuaraan Dunia 2002 dengan Giants, Game 6 Kejuaraan Liga Nasional 2003 dengan Cubs dan Game 5 dari Seri Divisi NL 2016 dengan Nationals, Semua kemungkinan pertandingan yang dipimpin oleh timnya di inning ketujuh atau sesudahnya.

READ  Tanda seru untuk China, disampaikan dengan margin terbaik

Namun, kesuksesan Baker di musim reguler membuatnya menjadi kandidat yang kuat untuk aula, terutama mengingat rekam jejaknya dalam mengubah waralaba – atau, dalam kasus Astros, membangun kehadiran yang stabil setelah skandal pencurian sinyal organisasi. Hal ini dianggap:

• Tim Giants 1993 naik dari 72 kemenangan pada tahun sebelumnya menjadi 103, meskipun kalah di NL West dari Atlanta Braves pada hari terakhir musim ini.

• The Cubs pada tahun 2003 berubah dari 67 kemenangan menjadi 88 kemenangan dan mencapai NLCS.

• Di Cincinnati, Baker mengambil alih waralaba pada tahun 2008 yang telah mengalami tujuh kekalahan musim berturut-turut dan mendapatkannya kembali di babak playoff pada tahun 2010, dan juga membuat pasca-musim pada tahun 2012 dan 2013.

• Setelah mengambil alih pelatih tim nasional pada tahun 2016, tim meningkat dari 83 kemenangan menjadi 95 kemenangan, memenangkan gelar NL East di kedua musim kepemimpinan Baker.

• Terakhir, ia mengambil alih Astros pada tahun 2020 setelah skandal pencurian sinyal yang berujung pada pemecatan AJ Hinch. Meskipun kerugian Gerrit Cole di agen bebas dan Justin Verlander Cedera, Baker memimpin Astros ke Seri Kejuaraan MLS pada 2020 dengan 95 kemenangan dan Kejuaraan Dunia pada 2021.

Ketika Raksasa mempekerjakan Baker, ia menjadi manajer ketujuh tim Hitam dalam sejarah MLB. Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 1986, Becker awalnya tidak tertarik pada manajemen, tetapi akhirnya bergabung dengan Giants sebagai pelatih kepala dan kemudian menjadi pelatih selama empat musim, sebelum menggantikan Roger Craig sebagai manajer setelah musim 1992.

Dia salah satu dari hanya dua manajer kulit hitam yang keluar pada tahun 2022, bersama dengan Dave Roberts dari Los Angeles Dodgers.

READ  Roman Abramovich, pemilik Chelsea FC, memiliki aset yang dibekukan oleh Inggris

“Hanya ada dua hal yang hilang sekarang, kejuaraan dan kemenangan ke-2000,” kata Becker kepada New York Times selama periode di luar musim. “Saya akan menjadi satu-satunya orang Afrika-Amerika di klub itu, Anda tahu apa yang saya maksud, saudara? Dan saya harap saya dapat membantu meyakinkan pemilik lain bahwa Dave Roberts dan saya tidak boleh menjadi yang terakhir, dan bahwa kami harus melakukannya. Lebih banyak lagi.”

Becker sedang mengerjakan perpanjangan satu tahun yang ditandatangani tepat setelah kehilangan kejuaraan dunia tahun lalu.

“Saya hanya memiliki beberapa urusan yang belum selesai untuk diurus,” katanya pada saat perpanjangan. “Kami dekat. Kami menjadi lebih baik setiap tahun. Saya berterima kasih kepada organisasi karena memberi kami daging, terima kasih [general manager] James Click untuk menambahkan potongan waktu dan kerja tim yang kami miliki di tim ini. Saya sangat bangga menjadi kapten tim.”

Jika Astros memenangkan Kejuaraan Dunia musim ini di bawah Becker, itu akan menjadi tonggak sejarah lain baginya: Pada 73 oleh kejuaraan dunia, dia akan menjadi pelatih tertua yang memenangkan kejuaraan.