Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dunia menyambut tahun baru dengan kembang api dan doa  Berita

Dunia menyambut tahun baru dengan kembang api dan doa Berita

pengembangan cerita,

Sydney dan Auckland adalah kota besar global pertama yang merayakan datangnya tahun 2024.

Sydney dan Auckland menjadi kota besar global pertama yang menyambut tahun 2024.

Lebih dari satu juta orang merayakan Tahun Baru pada Minggu malam di tengah pertunjukan kembang api yang spektakuler, menerangi langit Pelabuhan Sydney di Australia dan gedung tertinggi di Selandia Baru, Menara Langit Auckland.

Hujan ringan yang berlangsung sepanjang hari di Auckland telah hilang pada tengah malam di seluruh kota.

Hitung mundur dimulai di depan layar digital yang menyala di dekat puncak menara komunikasi dan kendali setinggi 328 meter (1.076 kaki).

Kembang api meledak di atas Sydney Opera House dan di Harbour Bridge sebagai bagian dari perayaan Malam Tahun Baru di Sydney, Australia [Dan Himbrechts/AAP Image/AP]

Saat tengah malam tiba di Sydney, kota terbesar di Australia, pertunjukan kembang api selama 12 menit dimulai di sekitar Jembatan Pelabuhan Sydney.

Lebih dari satu juta orang menyaksikan dari pantai dan perahu di pelabuhan.

Negara-negara kepulauan kecil di Pasifik, yaitu Tonga, Samoa, dan Kiribati, telah menyambut tahun baru satu jam lebih awal.

Di Jepang, lonceng kuil berbunyi di seluruh negeri saat orang-orang berkumpul di kuil dan kuil untuk menyambut tahun baru.

Di Kuil Tsukiji di Tokyo, susu panas dan sup jagung gratis disajikan kepada pengunjung saat mereka mengantri untuk membunyikan bel besar, dan konser organ diadakan di depan altar yang megah.

Tiongkok merayakan Tahun Baru dengan relatif sederhana, dengan dilarangnya kembang api di sebagian besar kota besar karena alasan keamanan dan polusi.

Dalam pidato Tahun Barunya, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan negaranya akan fokus membangun momentum pemulihan ekonomi pada tahun 2024 dan berjanji bahwa Tiongkok “pasti akan bersatu kembali” dengan Taiwan.

READ  Sekretaris Jenderal NATO mengatakan Ukraina 'bisa menang' dengan lebih banyak bantuan global

Di Taipei, ibu kota Taiwan, ada suasana kegembiraan saat orang-orang berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan kembang api di gedung pencakar langit Taipei 101 yang ikonik. Perayaan meluas ke konser dan berbagai acara yang diadakan di seluruh kota.

perayaan tahun baru
Orang-orang merayakan Tahun Baru, di Taipei, Taiwan, 1 Januari 2024 [Ann Wang/Reuters]

Di India, ribuan orang berbondong-bondong datang dari Mumbai, pusat keuangan, ke taman yang ramai untuk menyaksikan matahari terbenam di Laut Arab.

Sementara itu, di New Delhi, kembang api menimbulkan kekhawatiran terhadap ibu kota tersebut, yang mengalami kualitas udara buruk dan diselimuti kabut beracun pada pagi hari pertama tahun baru.

Akhir tahun yang menegangkan

Perayaan Tahun Baru terjadi dengan latar belakang perang Israel di Gaza, yang memperburuk ketegangan di beberapa kota di seluruh dunia, termasuk Sydney, di mana lebih banyak polisi dikerahkan untuk mengawasi pertunjukan kembang api.

Tepi laut tersebut merupakan lokasi protes pro-Palestina yang memanas setelah layar Gedung Opera Sydney dinyalakan dengan warna bendera Israel setelah tanggal 7 Oktober.

Di Vatikan, Paus Fransiskus menyebut tahun 2023 sebagai tahun yang penuh dengan kesulitan akibat perang.

Dalam pemberkatan hari Minggu yang biasa dilakukannya dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, ia menyampaikan doa kepada berbagai kelompok masyarakat, termasuk “rakyat Ukraina yang menderita, rakyat Palestina dan Israel, rakyat Sudan, dan banyak lainnya.”

Di Pakistan, pemerintah melarang semua perayaan Malam Tahun Baru sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina. Dalam pesan yang disiarkan televisi semalam, Perdana Menteri sementara Anwar Haq Kakar mendesak masyarakat Pakistan untuk “menunjukkan solidaritas terhadap rakyat tertindas di Gaza” dengan memulai tahun baru.

Warga Palestina di Gaza mengatakan mereka tidak punya harapan bahwa tahun 2024 akan membawa banyak bantuan setelah hampir tiga bulan kampanye “genosida” militer Israel yang telah merenggut nyawa hampir 22.000 orang.

READ  Longsor di Ekuador: Tim penyelamat menggali lumpur, mencari korban selamat

Di Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir, yang telah menjadi titik fokus terbesar bagi warga Palestina yang melarikan diri dari wilayah lain di Jalur Gaza, orang-orang pada hari Minggu lebih sibuk mencari tempat berlindung, makanan dan air daripada memikirkan tahun baru.

“Pada tahun 2024, saya ingin kembali ke reruntuhan rumah saya, mendirikan tenda dan tinggal di sana,” kata Abu Abdullah Al-Agha, seorang pria paruh baya Palestina yang rumahnya di Khan Yunis hancur dan kehilangan anak-anaknya. keponakan perempuan. Keponakannya dalam serangan udara Israel.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta warganya untuk melakukan hal tersebut
Agar mereka tidak kehilangan pandangan terhadap masa depan tanah air di tengah perang yang sedang berlangsung di Tanah Air.

“Kami, warga Ukraina, lebih tahu daripada siapa pun bahwa hari esok yang lebih baik sudah diketahui
Itu tidak datang dengan sendirinya karena kita mempertahankan setiap hari esok dari hari-hari kita
Dia mengatakannya dalam pidato videonya pada hari Minggu di mana istrinya berbicara
Olenna juga muncul di sampingnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang akan menghadapi pemilihan umum pada bulan Maret, hanya menyebutkan sekilas dalam pidato Tahun Barunya pada hari Minggu tentang perangnya di Ukraina, memuji tentaranya sebagai pahlawan, tetapi sebagian besar menekankan persatuan dan tekad bersama.

Perayaan akhir tahun di Rusia, yang biasanya mencakup kembang api dan konser di Lapangan Merah Moskow, telah dibatalkan, seperti yang terjadi tahun lalu.

Setelah pemboman di pusat kota Belgorod di perbatasan Rusia pada hari Sabtu yang menewaskan 24 orang, beberapa pemerintah daerah di seluruh Rusia juga membatalkan pertunjukan kembang api yang biasa mereka lakukan, termasuk di Vladivostok.

READ  Pembaruan langsung: Rusia menginvasi Ukraina