Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pedestrians walk past automobiles

Pantau propaganda terbesar Putin saat melarikan diri dari Rusia ke Georgia

Mikhail Lazutin, kepala humas presiden Rusia Presiden Rusia Vladimir Putinpada hari Kamis di dekat perbatasan Rusia dengan Georgia, ketika orang-orang terus melarikan diri dari mobilisasi parsial yang diperintahkan.

Rekaman yang menunjukkan blogger pro-Kremlin berdiri dalam antrean dalam kemacetan lalu lintas di pos pemeriksaan perbatasan di Verkny Lars di perbatasan Rusia-Georgia, diterbitkan di beberapa saluran Telegram.

Lazutin mendirikan gerakan “Lev Against” pada tahun 2014. Kelompok tersebut, yang mendesak warga untuk tidak minum alkohol, merokok atau menggunakan bahasa kotor di depan umum, telah menerima hibah presiden senilai 12,2 juta rubel ($ 213.566), menurut media Rusia.

NEWSWEEK Dia tidak dapat memverifikasi secara independen kapan dan di mana rekaman itu difilmkan dan menghubungi kementerian luar negeri Rusia dan Georgia untuk memberikan komentar.

Pejalan kaki berjalan melewati mobil dengan plat nomor Rusia yang diparkir di sisi Georgia dari pos pemeriksaan pabean Verkhny Lars antara Georgia dan Rusia sekitar 200 kilometer di luar Tbilisi, pada 25 September 2022. Pihak berwenang Rusia telah mengakui gelombang “signifikan” mobil yang mencoba menyeberang dari Rusia di Georgia pada 25 September 2022, beberapa hari setelah Moskow mengumumkan mobilisasi parsial.
Vano Shalamov/AFP/Getty Images

Lalu lintas meningkat di perbatasan Rusia-Georgia di pagi hari setelah Putin mengumumkan mobilisasi parsial pada 21 September.

Itu terjadi di tengah eksodus massal orang Rusia dari negara itu, setelah pejabat pertahanan mengatakan hingga 300.000 tentara cadangan akan dipanggil untuk berperang di Ukraina.

analisis oleh Bloomberg Dia mencatat bahwa sejak pengumuman Putin, setidaknya 200.000 orang telah meninggalkan Rusia ke negara-negara tetangga.

Georgia Akumulasi kendaraan terlihat hampir 10 mil Pada hari Selasa, menurut perusahaan AS Maxar Technologies, yang menciptakan citra satelit dari jalur lalu lintas.

READ  Berita Putin, Rusia, dan Ukraina terbaru: pembaruan langsung

sebuah NEWSWEEK Mencari Peta Yandex pada 22 September menunjukkan kerumunan kendaraan di dekat perbatasan selatan Rusia, menunjukkan bahwa orang-orang melarikan diri sebagai tanggapan atas keputusan untuk memanggil pasukan cadangan untuk berperang di Ukraina.

Grup Verkhnii Lars di Telegram, dibuat untuk pelancong yang ingin melintasi perbatasan di pos pemeriksaan antara Rusia dan Georgia, juga telah bertambah sekitar 100.000 anggota dalam waktu sekitar seminggu.

Beberapa akun di Telegram juga telah melaporkan bahwa blogger Rusia terkemuka telah meninggalkan negara itu, termasuk Gusein Gasanov, seorang blogger Rusia asal Azerbaijan, Hussein Hasanov, dan blogger video Nikolai Sobolev.

Jasanov dilaporkan memberi tahu para pengikutnya pada hari Rabu bahwa dia akan pergi “untuk beberapa hari ke ayahnya, dan dia akan pulang.”

Sebelumnya, blogger Rusia Yuri Khovansky mengatakan bahwa dia pergi ke Serbia.

Kementerian Pertahanan Inggris Dia berkata Pada hari Kamis, ada eksodus besar-besaran orang Rusia yang berusaha menghindari penarikan, dan mereka menilai bahwa jumlah orang yang telah melarikan diri dari mobilisasi di Rusia kemungkinan melebihi jumlah total yang digunakan dalam perang melawan Ukraina ketika dimulai pada bulan Februari. .

Sementara itu, Vyacheslav Volodin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Rusia, mengatakan, Dia mengatakan pada hari Kamis Orang Rusia yang terdaftar di daftar militer tidak diizinkan meninggalkan tempat tinggal mereka atau bepergian ke luar negeri tanpa izin dari komisariat militer, menurut Gazeta.ru..