Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pejabat tinggi UE telah berjanji untuk melakukan 'uji tekanan' jaringan pipa setelah kebocoran

Pejabat tinggi UE telah berjanji untuk melakukan ‘uji tekanan’ jaringan pipa setelah kebocoran

BRUSSELS – Kepala badan eksekutif Uni Eropa berjanji pada hari Rabu untuk melakukan pemeriksaan infrastruktur utama UE, termasuk energi, setelah dugaan sabotase jaringan pipa gas alam di Laut Baltik.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan kerusakan pekan lalu pada jaringan pipa Nord Stream yang menghubungkan Rusia dan Jerman “menunjukkan betapa rentannya infrastruktur energi kita” dan bahwa rencana komprehensif diperlukan untuk memastikan integritas jaringan utama Uni Eropa, termasuk data.

“Kita perlu menekankan infrastruktur kita,” kata von der Leyen kepada Parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis. “Kita perlu menentukan apakah kita memiliki kelemahan dan di mana kelemahan itu.” Dikatakan juga bahwa pemantauan satelit akan digunakan untuk mendeteksi potensi ancaman.

Di tengah perang tujuh bulan Rusia melawan Ukraina dan dukungan militer Barat untuk pemerintah Ukraina, kerusakan Nord Stream disebabkan oleh ledakan bawah laut yang disebabkan oleh beberapa ratus pon bahan peledak di empat lokasi di selatan Swedia dan Denmark. Ledakan itu menyebabkan kebocoran besar gas metana ke Laut Baltik.

Karena negara-negara UE bertanggung jawab untuk mengawasi energi dan infrastruktur penting lainnya di blok tersebut, von der Leyen mengatakan dorongannya untuk keselamatan akan mencakup ibu kota nasional.

“Kami akan bekerja dengan negara-negara anggota untuk memastikan bahwa tes stres yang efektif dilakukan di sektor energi,” katanya. Kemudian sektor berisiko tinggi lainnya, seperti infrastruktur digital dan listrik lepas pantai, harus mengikuti.

Juga di Strasbourg, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell memperkirakan pada hari Rabu bahwa 27 pemerintah nasional akan setuju untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia sebagai tanggapan atas pencaplokan ilegal empat wilayah Ukraina yang membentuk sekitar 15% dari wilayah Ukraina.

READ  Mohammed bin Salman ditunjuk sebagai perdana menteri sebelum gugatan Khashoggi | Kerajaan Arab Saudi

Sanksi baru yang direncanakan termasuk pembatasan harga minyak Rusia, pembatasan ekspor komponen pesawat UE ke negara itu, dan pembatasan impor baja Rusia. Para diplomat dari negara-negara anggota Uni Eropa bertujuan agar paket baru itu disetujui segera pada Rabu di Brussels.

Sanksi baru dibangun di atas sanksi Eropa yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia sebagai akibat dari perangnya melawan Ukraina sejak Februari.

Langkah-langkah Uni Eropa sejauh ini termasuk pembatasan pasokan energi dari Rusia, larangan transaksi keuangan dengan entitas Rusia termasuk bank sentral dan pembekuan aset terhadap lebih dari 1.000 orang dan lebih dari 100 entitas.