April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Donald Trump siap mendapatkan keuntungan miliaran dolar setelah pemungutan suara merger media

Donald Trump siap mendapatkan keuntungan miliaran dolar setelah pemungutan suara merger media

Donald Trump, setidaknya di atas kertas, berada dalam posisi untuk menghasilkan beberapa miliar dolar setelah pemegang saham di Digital World Acquisition Group pada hari Jumat memilih untuk bergabung dengan perusahaan media sosialnya.

Entitas gabungan yang baru ini akan mencakup Trump Media, sebuah perusahaan media serta jaringan sosial Trump, Truth Social. Perdagangan bisa dimulai minggu depan di bawah simbol ticker DJT.

Dunia Digital adalah perusahaan akuisisi bertujuan khusus, atau SPAC, sebuah entitas yang dibuat khusus untuk tujuan rekayasa merger. Perusahaan telah menghabiskan cadangan kas awalnya selama dua tahun terakhir dan menghadapi sejumlah rintangan dalam perjalanannya menuju pemungutan suara pada hari Jumat, yang menyelesaikan rintangan terakhir bagi rencana merger dan akuisisi saham baru untuk go public.

Sekalipun sahamnya anjlok, keuntungannya tidak akan tersedia dalam jangka pendek bagi Trump atau pemangku kepentingan lainnya. Biasanya, ada periode lock-up enam bulan setelah IPO, sebuah pembatasan yang dimaksudkan untuk mencegah penjualan saham yang mengganggu. Mantan presiden tersebut menghadapi batas waktu pada hari Senin untuk membayar obligasi sebesar $464 juta terkait dengan keputusan terhadap dirinya di New York atas tuduhan menilai terlalu tinggi real estat dan aset lainnya. Dia juga menghadapi tuntutan hukum yang besar karena membela diri terhadap puluhan tuduhan lain dalam kasus federal dan negara bagian.

Truth Social dimulai setelah Trump dikeluarkan dari Twitter dan platform media sosial lainnya setelah penyerbuan Capitol AS pada 6 Januari. Negara ini telah mencatat pertumbuhan yang mengecewakan sejak saat itu. Akun Twitter Trump, yang sekarang dikenal sebagai X, dipulihkan oleh Elon Musk setelah dia membeli platform tersebut pada tahun 2022.

READ  Baut keuangan menyalakan Rusia saat perusahaan asuransi keluar, saham London terhenti

Trump akan memiliki 58% saham di entitas baru tersebut dan jumlah keuntungan yang akan dia peroleh bergantung pada kinerja saham DWAC menjelang debut publik perusahaan baru tersebut. Saham mencapai titik impas tengah hari, diperdagangkan hanya di bawah $43. Saham tersebut menarik minat investor ritel yang melihatnya sebagai proksi kampanye Trump untuk kembali ke Gedung Putih.

Selain mantan presiden tersebut, salah satu penerima manfaat utama dari merger ini mungkin adalah Devin Nunes, mantan anggota kongres Partai Republik dari California yang keluar untuk memimpin kekhawatiran media Trump.