Desember 1, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dikoreksi — Menteri Indonesia mendukung rencana pembangunan smelter tembaga baru di Papua

(Menyesuaikan paragraf 4 untuk mengatakan ‘akhir 2023’ ‘akhir tahun depan’)

JAKARTA, 27 Okt (Reuters) – Seorang menteri kabinet Indonesia pada Rabu menuntut agar perusahaan pertambangan utama AS Freeport McMoron diizinkan untuk memperluas produksi konsentrasi tembaganya sehingga dapat menghasilkan pabrik peleburan yang direncanakan di Papua timur.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan banyak provinsi di Papua dan Papua Barat sedang mengupayakan pembangunan smelter pertama di wilayah lokasi tambang tembaga dan emas Freeports Crossburg.

“Menindaklanjuti permintaan teman-teman Papua, saya sedang berbicara serius dengan Presiden,” kata menteri dalam konferensi pers online.

Bahlil mengatakan PT Freeport Indonesia memiliki kapasitas tahunan untuk memproduksi 3 juta ton konsentrat tembaga, yang diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2023 atau awal 2024, atau cukup untuk smelter yang ada dan pabrik lainnya.

Dia meminta Kementerian Pertambangan dan pejabat lainnya untuk mengizinkan Freeport meningkatkan produksi konsentrasi tahunannya dari 3,8 juta menjadi 4 juta ton, tetapi tidak memberikan tenggat waktu.

Juru bicara Freeport Indonesia tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Freeport memulai pembangunan smelter baru dengan biaya $3 miliar bulan ini di Crescendo, Jawa Timur, dengan kapasitas input 1,7 juta ton tembaga.

Pabrik baja yang ada di Jawa Timur memiliki kapasitas sekitar 1,3 juta ton, tambah Pahlil.

Dalam penyelidikan sebelumnya dengan pejabat pertambangan, beberapa anggota parlemen dari Papua telah menuntut agar pabrik peleburan didirikan di sana untuk menyediakan lapangan kerja bagi daerah-daerah termiskin dan terbelakang di Indonesia.

Pada bulan April, Indonesia menandatangani perjanjian dengan China ENFI Engineering Corporation (ENFI) untuk membangun smelter tembaga di provinsi barat Papua. (Laporan oleh Francesca Nangoi dan Bernadette Christina Munde; Disunting oleh Clarence Fernandez)

READ  Kedutaan Besar di Jakarta terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia