Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tiongkok mengklaim pasangan yang bekerja untuk pemerintah memata-matai MI6 Inggris

Tiongkok mengklaim pasangan yang bekerja untuk pemerintah memata-matai MI6 Inggris

ANDREW MILLIGAN/AFP/Getty Images

Tiongkok menuduh MI6 mengubah dua pegawai pemerintah Tiongkok menjadi mata-mata pemerintah Inggris.


Hongkong
CNN

Tiongkok pada hari Senin menuduh Inggris merekrut pasangan yang digunakan oleh pemerintah pusat Tiongkok untuk memata-matai badan intelijen Inggris (MI6), mengingat kedua negara saling bertukar tuduhan sebagai mata-mata.

Dalam sebuah pernyataan, badan mata-mata sipil Tiongkok, Kementerian Keamanan Negara (MSS), mengatakan pihaknya baru-baru ini mengungkap “kasus spionase besar” yang melibatkan MI6, mengungkap dua mata-mata penting “yang dimasukkan oleh pihak Inggris ke dalam barisan kami.”

Tuduhan ini muncul hanya beberapa minggu setelah polisi Inggris Tiga orang didakwa melakukan tindakan mata-mata untuk badan intelijen Hong Kong, menyusul dakwaan yang diajukan pada bulan April terhadap dua orang lainnya yang dituduh melakukan mata-mata untuk Tiongkok, termasuk seorang mantan peneliti untuk seorang anggota parlemen terkemuka di Partai Konservatif yang berkuasa.

Tuduhan ini muncul di Inggris setelah proyek SPM Tiongkok Dia berkata Pada bulan Januari, mereka menangkap kepala konsultan asing yang dituduh melakukan mata-mata untuk MI6.

Di bawah kepemimpinan Xi Jinping, pemimpin Tiongkok yang paling otoriter dalam beberapa dekade terakhir, badan mata-mata rahasia negara tersebut telah secara dramatis meningkatkan profil publiknya dan memperluas kewenangannya. Dari sebuah organisasi yang tidak dikenal dan tidak memiliki wajah publik yang jelas, kementerian ini telah bertransformasi menjadi sebuah organisasi yang sangat menonjol dalam kehidupan publik.

Selama enam bulan terakhir, Departemen Keamanan Dalam Negeri telah membuat pengumuman publik secara rutin tentang pembongkaran operasi spionase asing, klaim yang tidak mungkin untuk diverifikasi mengingat sifatnya tetapi hal tersebut memberi kesan positif pada badan tersebut dan memberikan pengingat rutin kepada warga Tiongkok untuk waspada. .

READ  Berita terbaru Biden dan Arab Saudi: Pembaruan langsung

Dalam pernyataan terbarunya pada hari Senin, Departemen Keamanan Dalam Negeri merinci tuduhannya terhadap pasangan tersebut.

Dikatakan bahwa seorang tersangka mata-mata, yang diidentifikasi dengan nama keluarga Wang, bekerja dalam posisi “dengan akses terhadap informasi rahasia penting” di sebuah lembaga pemerintah pusat yang tidak disebutkan namanya.

Pada tahun 2015, permohonan Wang untuk belajar di Inggris melalui program pertukaran dengan cepat disetujui karena MI6 menghargai kedatangannya, menurut MSS.

Saat belajar di Inggris, Wang diundang untuk makan dan tur yang diselenggarakan oleh MI6 untuk memahami “kelemahan karakter dan kepentingan pribadinya,” kata MSS.

Setelah mengetahui bahwa Wang mempunyai “keinginan yang kuat akan uang,” agen mata-mata Inggris menggunakan salah satu lulusannya untuk memikatnya dengan peluang konsultasi paruh waktu dengan bayaran tinggi, kata MSS.

“Pihak Inggris memulai dengan proyek penelitian terbuka dan secara bertahap beralih ke urusan internal dasar badan-badan pusat negara kita, memberinya biaya yang jauh lebih tinggi daripada tarif konsultasi normal “Penasihat” kepada pihak Inggris di bawah godaan uang dalam jumlah besar.

Setelah beberapa waktu, Wang didekati oleh karyawan MI6 untuk bekerja di pemerintah Inggris dengan janji imbalan finansial dan jaminan keamanan yang lebih tinggi, klaim MSS.

Pernyataan itu mengatakan Wang menyetujui persyaratan tersebut dan menerima pelatihan spionase sebelum diminta kembali ke Tiongkok untuk mengumpulkan informasi intelijen.

MSS mengklaim bahwa MI6 berulang kali mendesak Wang untuk membujuk istrinya – yang bekerja di lembaga “penting” pemerintah – untuk bergabung dengan spionase, dan menawarkan uang dua kali lipat. Meskipun awalnya ragu-ragu, Wang dan istrinya, yang bermarga Zhou, akhirnya setuju, kata MSS.

Kasus ini sedang diselidiki, menurut MSS.

READ  Kebakaran hutan Yunani berkobar di dekat Athena; Rumah, evakuasi rumah sakit

CNN meminta komentar dari Kementerian Luar Negeri Inggris, yang menangani penyelidikan media terhadap Badan Intelijen Rahasia, yang merupakan nama resmi MI6.

Pada bulan Agustus tahun lalu, MSS Penampilan pertamanya di media sosial: Mereka meluncurkan akun resmi di WeChat, aplikasi sosial paling populer di Tiongkok, dengan seruan kepada “semua anggota masyarakat” untuk bergabung dalam perjuangannya melawan infiltrasi asing. Postingannya secara rutin mendapat ratusan ribu penayangan dan dibagikan secara luas oleh media pemerintah.

Menurut MSS, mata-mata asing ada di mana-mana dan menyusup ke mana saja – mulai dari Aplikasi pemetaan ke Stasiun cuaca. Kementerian tersebut sebelumnya telah menerbitkan rincian tentang apa yang diklaimnya sebagai kegiatan spionase yang dilakukan oleh agen mata-mata Barat, merinci bagaimana warga negara Tiongkok yang belajar atau bekerja di luar negeri diduga diculik. Mereka direkrut Oleh CIA.