Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Demonstran pro-Palestina keberatan dengan partisipasi Israel dalam kontes Eurovision

Demonstran pro-Palestina keberatan dengan partisipasi Israel dalam kontes Eurovision

berita Dunia


Ribuan demonstran anti-Israel memenuhi jalan-jalan kota pelabuhan Swedia pada hari Kamis – memprotes partisipasi negara tersebut dalam Kontes Lagu Eurovision, yang hampir tidak terlaksana sampai Israel menghapus referensi ke serangan Hamas pada 7 Oktober di pintu masuk lagunya. . .

Hingga 12.000 orang – termasuk aktivis iklim Swedia Greta Thunberg – berkumpul di alun-alun Stortorget yang bersejarah di Malmö dekat balai kota sebelum berbaris menuju tempat Eurovision, tempat para penyanyi dari lebih dari 50 negara berkompetisi.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina. Dia mengenakan syal keffiyeh. Bom asap dikerahkan dengan warna hijau, hitam dan merah agar sesuai dengan warna bendera. Mereka mengulangi nyanyian, “Dari sungai hingga laut, Palestina akan bebas” dan “Israel adalah negara teroris” sementara petugas polisi mengawasi dari atap rumah, jalan-jalan dan bahkan helikopter.

Antara 10.000 dan 12.000 demonstran menyerbu jalan-jalan Malmö untuk memprotes partisipasi Israel dalam Eurovision. AP

Penyelenggara Eurovision telah menolak seruan untuk mengeluarkan Israel dari kompetisi tersebut – dengan alasan bahwa mereka berusaha menjaga kompetisi tersebut tidak bersifat politis.

Namun para kritikus mencatat penolakan Eurovision terhadap Rusia dalam kontes tahun 2022 setelah invasi mereka ke Ukraina.

“Saya pikir Malmö seharusnya tetap mengadakan kontes Eurovision, namun kita seharusnya mengatakan kepada Israel untuk ‘menjauh’, atau bahkan mungkin mengatakan, mengapa kita tidak mengundang grup musik Palestina untuk berpartisipasi?” dan pengunjuk rasa, mengatakan kepada Associated Press.

Dalam upaya lain untuk bersikap apolitis, penyelenggara melarang pengenalan lagu tersebut ke Israel karena melanggar aturan netralitas politik. lagu Judul aslinya “Hujan Oktober” Mengacu pada serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 warga Israel dan mendorong Israel menyerang Gaza.

READ  Katalog Lagu Leonard Cohen diperoleh dari Hipgnosis

Namun Presiden Israel Isaac Herzog meminta pencipta lagu tersebut melakukan perubahan agar bangsa Yahudi bisa bersaing. Menurut BBC. lagu menari Sekarang disebut “Badai”.

Beberapa kata yang diubah antara lain:

  • “Penulis sejarah mendukung saya” menjadi “Penulis simfoni bermain dengan saya”
  • “Jam dan jam dan bunga/ Hidup bukanlah permainan para pengecut” menjadi “Jam dan jam, bisa/ Hidup bukanlah permainan tetapi permainan kita.”
  • “Kita tidak punya apa-apa untuk disembunyikan/Bawa aku pulang dan tinggalkan dunia/Dan aku berjanji itu tidak akan terjadi lagi/Aku masih basah karena hujan di bulan Oktober/Hujan di bulan Oktober” hingga “Aku tidak menyembunyikan apa pun /Ambil semuanya dan tinggalkan” dunia di belakang/Sayang berjanjilah padaku kau akan memelukku Sekali lagi/Aku masih terbebas dari badai ini/Badai ini”
  • “Tidak ada lagi udara untuk bernafas / Tidak ada tempat / Aku pergi hari demi hari / Mereka semua adalah anak-anak yang baik, satu per satu” hingga “Aku tidak butuh kata-kata yang besar, hanya doa / Meski sulit untuk dilihat ” / Anda selalu meninggalkan satu lampu (keduanya dalam bahasa Ibrani)

“Bunga” yang disebutkan dalam lirik aslinya melambangkan korban perang, menurut surat kabar Israel Hayom.

Penyelenggara Eurovision telah melarang lagu-lagu politik pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2009, mereka menolak partisipasi Georgia dengan slogan “Kami tidak ingin terlibat” – sebuah referensi yang tidak terlalu halus untuk Presiden Rusia Vladimir Putin – yang menyebabkan negara tersebut menarik diri dari kompetisi tersebut.

Kontestan Israel Eden Golan dicemooh saat tampil saat latihan pada hari Rabu. AP

Penonton terdengar mencemooh penampilan lagu Israel Eden Golan selama latihan hari Rabu.

Namun penyanyi Rusia-Israel berusia 20 tahun itu membawakan 10 dari 16 lagu di semifinal hari Kamis, dan mengamankan tempat di kompetisi final pada hari Sabtu.

READ  Rose Hanbury membantah rumor perselingkuhannya dengan Pangeran William: apa yang Anda ketahui tentang hubungan mereka

Pendukung anti-Israel diperkirakan akan kembali mengambil alih jalan selama final.

Salah satu pengunjuk rasa pada hari Kamis, Saadallah Oudi – seorang warga negara Swedia tetapi berasal dari Palestina – mengatakan Israel tidak boleh berpartisipasi dalam kontes Eurovision saat mereka membom Jalur Gaza.

“Ini tentang lagu, dan lagu adalah tentang cinta. Mereka harus ada di sini ketika ada perdamaian,” katanya.

Para pengunjuk rasa diperkirakan akan berkumpul lagi di Malmö, tuan rumah kompetisi menyanyi, pada hari Sabtu selama putaran final. AP

Serangan balasan Israel menewaskan hampir 35.000 warga Palestina di Gaza – dua pertiga di antaranya adalah anak-anak dan wanita tak berdosa, menurut pejabat kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Demonstran pro-Israel mengadakan demonstrasi yang lebih kecil pada hari Kamis di pusat kota Malmö ketika pemerintah negara tersebut memperingatkan warganya bahwa mereka dapat menjadi sasaran di kota Swedia yang menjadi tuan rumah kontes Eurovision.

“Musik seharusnya menyatukan kita, tapi kita tidak bersatu, karena Israel terlibat,” kata Troll Schulz.

Dengan kabel surat




Muat lebih banyak…









https://nypost.com/2024/05/09/world-news/pro-palestinian-protesters-rail-against-israels-eurovision-participation/?utm_source=url_sitebuttons&utm_medium=site%20buttons&utm_campaign=site%20buttons

Salin URL berbagi