Juni 2, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Darcylie, ratu balap drag tertua di dunia, meninggal dunia pada usia 92 tahun

PORTLAND, Oregon (AP) – Walter C. Cole, paling dikenal sebagai waria terkenal yang tampil selama beberapa dekade sebagai Darcelle XV, telah meninggal karena sebab alami di Portland, Oregon. Cole berusia 92 tahun.

Darcel, yang meninggal Kamis, dinobatkan sebagai pembalap sepeda tertua di dunia Pada tahun 2016 oleh Guinness Book of World Records dia menghibur penonton sampai akhir.

Sebagai seorang penampil, Darcelle terkenal karena menjadi pembawa acara drag show terlama di Pantai Barat Amerika Serikat. Di luar panggung, Cole telah mengadvokasi hak dan filantropi LGBTQ+ di komunitas Portland.

Klub malam yang dibuka Darcelle lebih dari 50 tahun lalu di pusat kota Portland, Darcelle XV Showplace, mengatakan itu memilukan. dalam sebuah posting Facebook.

“Kami meminta privasi dan kesabaran, karena setiap orang memproses dan berduka dengan cara mereka sendiri dan dengan kecepatan mereka sendiri,” kata klub tersebut.

Mereka juga mengatakan bahwa detail tugu peringatan akan dipublikasikan dan semua pertunjukan di Showplace akan berjalan sesuai jadwal, sesuai dengan keinginan Darcelle.

Dia menyimpulkan dengan mengatakan, “Silakan bergabung dengan kami dalam merayakan warisan dan ingatannya. Terima kasih sebelumnya atas dukungan Anda yang berkelanjutan.”

Klub, yang telah menjadi lembaga budaya Portland pada tahun 1970-an, terdaftar pada tahun 2020 di Daftar Tempat Bersejarah Nasional, menjadi lokasi pertama di Oregon yang secara khusus dinominasikan karena signifikansinya dalam sejarah LGBTQ+.

Para penggemar berduka atas kematiannya di media sosial, termasuk Walikota Portland dan Senator Demokrat Ron Wyden, yang mengatakan “Darciley menciptakan babak yang tak terlupakan dalam sejarah Portland” dengan “keberanian perintisnya”.