Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dana pensiun dewan menyelesaikan tuntutan hukum Under Armour

Dana pensiun dewan menyelesaikan tuntutan hukum Under Armour

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut, Nilai pasar perusahaan pakaian ini lebih dari $3 miliar

  • pengarang, Craig Williams
  • Peran, Berita BBC Skotlandia

Pengacara yang bekerja untuk dana pensiun yang mewakili pekerja di tiga dewan Skotlandia telah memenangkan penyelesaian $434 juta dari perusahaan pakaian olahraga AS, Under Armour.

Dana Pensiun Skotlandia Timur Laut (NESPF) menjalankan skema ini untuk 71.000 pekerja termasuk karyawan Aberdeen, Aberdeenshire dan Moray Council.

Dana tersebut menginvestasikan jutaan pound pada saham Under Armour tetapi menuduh perusahaan tersebut membuat pernyataan palsu tentang produknya.

Penyelesaian yang diusulkan, yang menunggu persetujuan pengadilan, dilakukan beberapa minggu sebelum dimulainya persidangan juri di Amerika Serikat.

NESPF bertindak sebagai penggugat utama dalam gugatan class action terhadap Under Armour.

Gugatan class action adalah jenis gugatan di mana salah satu penggugat mengajukan tuntutan atas nama sekelompok besar orang yang menderita kerugian serupa.

“Kemenangan penting bagi investor”

Gugatan tersebut ditangani oleh perusahaan Amerika Robbins Geller Rudman dan Dowd LLP.

Mark Solomon, mitra di firma tersebut dan penasihat NESPF sebagai penggugat utama, mengatakan:

“Ini merupakan kemenangan penting bagi investor dan pesan yang kuat kepada direksi dan pejabat perusahaan publik.

“Upaya penegakan hukum yang dilakukan pemerintah sebelumnya hanya menghasilkan denda sebesar $9 juta. Mendapatkan pemulihan yang hampir 50 kali lebih besar menggarisbawahi peran penting dana pensiun dalam menjaga akuntabilitas perusahaan.”

Pengumuman perusahaan mengenai penyelesaian tersebut mencakup komentar atas nama IMF.

BBC News telah menghubungi dana tersebut untuk memberikan komentar lebih lanjut.

“Bukan pengakuan”

Under Armour berkantor pusat di Baltimore, Maryland. Didirikan pada tahun 1996 oleh mantan pemain sepak bola perguruan tinggi Kevin Blank.

Perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek New York (NYSE) dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar $3 miliar (£4,74 miliar).

Sebuah pernyataan di situs web perusahaan mengatakan pihaknya secara konsisten membantah tuduhan tersebut dan “memasuki perjanjian ini berdasarkan prinsip, yang bukan merupakan pengakuan atau penemuan kesalahan atau kesalahan, mengingat biaya dan risiko yang melekat dalam litigasi.”

Pernyataan tersebut menegaskan bahwa perusahaan akan membayar $434 juta untuk menyelesaikan klaim yang diajukan atas nama pembeli saham perusahaan yang diperdagangkan secara publik mulai 16 September 2015 hingga 1 November 2019.

Dikatakan bahwa penyelesaian tersebut, jika disetujui oleh pengadilan, “akan menyelesaikan semua tuntutan terhadap Under Armour dan terdakwa lainnya dalam masalah ini.”

Chief Legal Officer dan Sekretaris Perusahaan Mehri Shadman berkata: “Kami sangat yakin bahwa praktik penjualan, praktik akuntansi, dan pengungkapan kami sudah tepat, dan kami menyangkal adanya kesalahan dalam kasus ini.”

“Pengumuman hari ini memungkinkan kita untuk mengatasi permasalahan yang sudah berlangsung lebih dari tujuh tahun ini sehingga kita dapat menghindari gangguan proses hukum yang sedang berlangsung dan memberikan kepastian kepada bisnis pada saat kita melaksanakan prioritas strategis yang penting.”