Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Daftar semua layanan pengiriman di Indonesia yang perlu Anda ketahui

Tempo.co, Jakarta – Layanan pengiriman cepat semakin diminati di Indonesia. Selain itu, setelah pandemi Covid-19 tahun lalu, transaksi online yang bergantung pada layanan pengiriman meningkat pesat.

Sebelum pandemi, sebagian besar orang sudah menggunakan agen perjalanan. Lantas, layanan pengiriman apa saja yang tersedia di Indonesia?

Daftar jasa pengiriman di Indonesia

Masyarakat bukanlah orang baru dalam bertransaksi melalui marketplace atau e-commerce. Setiap pasar menawarkan pilihan layanan pengiriman atau pelayaran berbeda yang menawarkan harga pengiriman berbeda.

Melihat banyaknya peluang yang terbuka, para pengusaha pun memanfaatkan peluang bisnis di bidang logistik di Indonesia. Berikut daftar perusahaan jasa pengiriman yang sudah dikenal masyarakat luas di Indonesia:

1.J&T Ekspres

J&D Express merupakan salah satu layanan pengiriman terkenal di e-commerce. J&T Express didirikan pada tahun 2015. J&T beroperasi nonstop 365 hari dalam setahun dan fokus mendukung bisnis online lokal. J&T Services menawarkan tiga jenis layanan yaitu Super (1-2 hari), EZ (2-3 hari), dan ECO (pengiriman 5-14 hari). J&T juga menerima opsi COD (Cash on Delivery).

2.JNE

JNE adalah perusahaan jasa pengiriman populer di Indonesia. Banyak perusahaan e-commerce yang bekerjasama dengan JNE. Jenis produk dan jasa yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari kecepatan super hingga biaya pengiriman yang ekonomis. JNE melayani jasa pindahan dan pengantaran kendaraan. JNE telah menerapkan metode pembayaran COD, khususnya untuk pengiriman produk yang dijual di e-commerce.

3.SiCepat

SiCepat merupakan layanan pengiriman yang didirikan pada tahun 2014. Meski baru, SiCepat berani menawarkan layanan yang beragam dan banyak peminatnya. Jenis layanan seperti paket Si Untung untuk waktu pengiriman lebih cepat dan pengiriman di hari yang sama dengan perkiraan kedatangan di hari yang sama.

READ  Hibox untuk mendirikan cabang di Indonesia, Filipina pada kuartal ketiga

SiCepat juga memiliki layanan pengiriman luar negeri melalui Go. Layanan pengiriman ini juga menggunakan metode pembayaran COD.

4.Ninja Ekspres

Layanan pengiriman yang ditawarkan Ninja Ninja Express adalah COD dan paket reguler.

5. Dicky

TIKI merupakan salah satu jasa pengiriman tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1970 dan sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Berbagai jenis layanan ditawarkan.

Jenis layanannya mulai dari SDS atau Same Day Service (paket tiba di hari yang sama), hingga ECO atau Economy Service (pengiriman hemat biaya). TIKI mengirimkan curah melalui TRC atau layanan truk dan INT untuk internasional.

6. Bos Indonesia

Bose Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1746 ketika Indonesia berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. Bose Indonesia dikenal memiliki waktu pengiriman tercepat dalam satu pulau maupun antar pulau.

Jangan lupa bahwa surat atau paket sebelumnya dikirim melalui pos. Namun kini Bose Indonesia sudah tidak lagi menggunakan prangko. Jenis layanan yang digunakan Bose Indonesia adalah Pos Kilat, Paket Pos dan Pos Kilat Khusus.

7.Shopee Xpress

Siapa yang tak kenal dengan Shopee Xpress? Salah satu perusahaan pengiriman kargo baru ini mampu bersaing dengan pemain lama. Shopee Xpress ditangani langsung oleh e-commerce Shopee untuk toko-toko tertentu. Shopee Xpress menawarkan berbagai layanan seperti Shopee Xpress Instan, Shopee

8. Wahana

Wahana merupakan perusahaan jasa pengiriman yang didirikan pada tahun 1998. Layanan kendaraan terdaftar di banyak situs e-commerce sebagai pilihan layanan pengiriman barang bagi penjual. Saat ini Wahana Logistik mempunyai cabang di seluruh Indonesia.

9. Andheraja

Layanan travel baru lainnya adalah Andheraja. Anteraja adalah layanan pengiriman baru yang didirikan pada Maret 2019. Saat ini banyak pengguna e-commerce yang memilih Anteraja untuk menyerahkan pengiriman barang kepada mereka.

READ  Mesut zil hadiri salat Jumat di Indonesia

Adi Noor Viento

Pilihan Penulis: Konvoi polisi berpatroli di gedung Kejagung setelah anggota Tensus 88 ditangkap

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News