Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

ConocoPhillips setuju untuk membeli Marathon Oil dalam kesepakatan senilai ,5 miliar

ConocoPhillips setuju untuk membeli Marathon Oil dalam kesepakatan senilai $22,5 miliar

Buka Intisari Editor secara gratis

ConocoPhillips telah setuju untuk membeli saingannya dari AS, Marathon Oil, dalam kesepakatan seluruh saham yang memberi nilai perusahaan yang berbasis di Houston sebesar $22,5 miliar, termasuk utang.

Berdasarkan perjanjian tersebut, pemegang saham Marathon akan menerima 0,255 saham Conoco untuk setiap saham Marathon yang mereka miliki, mewakili premi 14,7 persen di atas target harga penutupan saham pada 28 Mei. Hal ini memberi Marathon nilai perusahaan sebesar $22,5 miliar, termasuk utang bersih sebesar $5,4 miliar, perusahaan mengumumkan pada hari Rabu.

Financial Times adalah yang pertama melaporkan pembicaraan antara kedua perusahaan. Kesepakatan tersebut akan menjadi yang terbaru dari serangkaian kesepakatan besar yang telah mengubah sektor energi AS selama delapan bulan terakhir, seiring dengan upaya perusahaan-perusahaan minyak besar untuk memanfaatkan sisa sumber daya minyak serpih yang tersisa dan menyatukan sektor yang tadinya terfragmentasi.

ExxonMobil dan Chevron pada bulan Oktober lalu menyetujui akuisisi besar-besaran, masing-masing bernilai $60 miliar dan $53 miliar, sehingga memicu gelombang transaksi di seluruh sektor, dan perusahaan-perusahaan termasuk Occidental Petroleum dan Diamondback Energy pun mengikuti langkah yang sama.

Conoco – produsen independen terbesar di dunia dengan nilai pasar sekitar $139 miliar – telah bersaing dengan pesaingnya yang lebih kecil, Devon Energy, untuk mengakuisisi Marathon selama beberapa minggu, kata tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

Saham Marathon naik lebih dari 8 persen dalam perdagangan pra-pasar. Saham Conoco turun 2,9 persen.

Awal tahun ini, Conoco kalah dari Diamondback dalam perlombaan untuk mengakuisisi Endeavour Energy Resources, salah satu produsen swasta yang paling dicari di Permian Basin yang produktif di Texas dan New Mexico.

READ  S&P 500 turun ke level terendah dua tahun karena pasar bearish semakin dalam

Diamondback menyetujui kesepakatan senilai $26 miliar untuk membeli Endeavour pada Februari lalu setelah tawaran terakhir yang membuat Conoco ketakutan, menurut orang-orang yang dekat dengan kesepakatan itu.

Akuisisi Marathon, yang diperkirakan selesai pada kuartal keempat tahun 2024, akan menjadi yang terbesar bagi Conoco sejak akuisisi Concho Resources senilai $10 miliar pada tahun 2021, dengan memanfaatkan kemerosotan yang disebabkan oleh Covid.

Conoco mengatakan kesepakatan itu akan segera menghasilkan peningkatan pendapatan. Terlepas dari kesepakatan tersebut, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan dividen biasa sebesar 34 persen mulai kuartal keempat tahun 2024, dan berencana untuk membeli kembali sahamnya senilai $20 miliar dalam tiga tahun pertama setelah kesepakatan ditutup.

“Akuisisi Marathon Oil ini semakin memperdalam portofolio kami dan sesuai dengan kerangka keuangan kami, menambah persediaan pasokan berkualitas tinggi dan berbiaya rendah,” kata CEO Conoco Ryan Lance dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Lance mengatakan pada bulan Maret bahwa merger adalah “hal yang benar untuk dilakukan bagi industri kita.”

“Industri kita memerlukan konsolidasi. Ada terlalu banyak pemain. Ukuran penting, dan keberagaman penting dalam bisnis,” katanya dalam sebuah wawancara di CNBC.

Marathon memiliki aset mulai dari ladang minyak Bakken di North Dakota hingga Oklahoma, Texas, dan sisi Sungai Permian di New Mexico. Ia juga memiliki bisnis gas terintegrasi di Guinea Khatulistiwa.

Sejarah perusahaan dimulai pada tahun 1887, dimulai sebagai Ohio Oil Company sebelum digabungkan menjadi Standard Oil Company milik J.D. Rockefeller. Setelah hampir satu abad menjadi perusahaan minyak terintegrasi, perusahaan ini memisahkan cabang penyulingannya, Marathon Petroleum, pada tahun 2011.

Marathon diberi nasihat tentang transaksi tersebut oleh Morgan Stanley dan Kirkland & Ellis. Conoco dinasehati oleh Evercore, Wachtell, Lipton, Rosen & Katz.

READ  5 hal yang perlu diketahui sebelum pasar saham dibuka Kamis, 4 Januari