Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hakim AS mengatakan jaringan Celsius memiliki sebagian besar simpanan crypto pelanggan

4 Januari (Reuters) – Seorang hakim kebangkrutan AS memutuskan pada hari Rabu bahwa Celsius Network memiliki sebagian besar pelanggan cryptocurrency yang disimpan di platform online-nya, yang berarti sebagian besar pelanggan Celsius akan menjadi yang terakhir dalam daftar gaji jika terjadi kebangkrutan pemberi pinjaman cryptocurrency.

Putusan hakim kebangkrutan AS Martin Glenn di New York memengaruhi hampir 600.000 akun yang memiliki aset $4,2 miliar ketika Celsius mengajukan kebangkrutan pada Juli. Glenn menulis bahwa perusahaan tidak memiliki cukup dana untuk membayar kembali simpanan tersebut secara penuh.

Putusan tersebut berarti bahwa sebagian besar klien persentil akan memiliki prioritas yang lebih rendah daripada klien dengan rekening bebas bunga dan kreditur terjamin lainnya. Tidak jelas apakah persentil tersebut memiliki utang terjamin yang signifikan.

Putusan tersebut juga mencegah perebutan prioritas yang lebih tinggi di antara klien dengan rekening berbunga, menghindari situasi di mana beberapa klien tersebut dibayar kembali 100% dari simpanan mereka sementara klien dalam situasi yang sama dapat memulihkan “hanya sebagian kecil” dari simpanan mereka, tergantung pada Glenn. Ketentuan Layanan Celcius menunjukkan bahwa pemberi pinjaman mata uang kripto mengambil kepemilikan simpanan pelanggan dalam akun Earn berbunga, menurut Glenn. Ini berarti bahwa pelanggan Kassab akan diperlakukan sebagai kreditur tanpa jaminan jika Celsius bangkrut, dan akan menjadi yang terakhir membayar setelah Celsius melunasi utang dengan prioritas lebih tinggi.

Dua belas negara bagian AS dan District of Columbia keberatan dengan upaya Celsius untuk mengklaim aset digital tersebut. Mereka berargumen, antara lain, bahwa tidak jelas apakah pelanggan memahami ketentuan layanan dan Celsius sedang diselidiki di beberapa negara bagian karena melanggar peraturan, yang dapat mencegah perusahaan mengandalkan ketentuan penggunaan.

READ  Industri crypto sedang berjuang untuk bergerak maju setelah kehancuran FTX

Glenn menulis bahwa putusan tersebut tidak berarti pelanggan Earn tidak akan mendapatkan “apa pun” dalam kasus kebangkrutan, juga tidak menghentikan tantangan lebih lanjut terhadap kepemilikan deposit mata uang kripto Celsius.

Klien Celcius mungkin dapat mengajukan klaim penipuan atau pelanggaran kontrak terhadap pemberi pinjaman cryptocurrency, dan regulator negara bagian mungkin dapat membuktikan bahwa kontrak pemegang akun tidak dapat dilaksanakan karena mereka melanggar undang-undang sekuritas pemerintah, menurut keputusan tersebut.

“Pengadilan tidak meremehkan konsekuensi dari keputusan ini untuk perorangan, banyak di antaranya telah menyimpan tabungan besar di platform Celcius,” tulis Glenn. “Kreditor akan memiliki setiap kesempatan untuk mendapatkan sidang penuh atas dasar argumen ini selama proses penyelesaian klaim.”

Putusan tersebut mengizinkan Celsius untuk menjual sekitar $18 juta dalam stablecoin yang disimpan di akun pendapatan pelanggan.

Pada bulan Desember, Glenn menetapkan bahwa sekelompok pelanggan yang relatif kecil dengan berbagai jenis akun persentase berhak mendapatkan pengembalian uang simpanan mereka selama kebangkrutan Celsius. Ketentuan ini terbatas pada pelanggan dengan rekening kustodian tanpa bunga, yang dananya tidak dicampur dengan aset Celsius lainnya, dan yang rekeningnya terlalu kecil untuk dicari kembali oleh Celsius untuk membayar pelanggan lain.

Pertanyaan yang lebih luas tentang siapa yang memiliki aset crypto sangat penting dalam kebangkrutan crypto lainnya, termasuk pemberi pinjaman crypto Voyager Digital dan BlockFi.

Pelaporan tambahan oleh Dietrich Knuth dan Tom Hales di Wilmington, Delaware; Diedit oleh Alexia Garamfalvi

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.