September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cina Rusia: 4 cara Cina diam-diam membuat hidup lebih sulit bagi Rusia

Cina Rusia: 4 cara Cina diam-diam membuat hidup lebih sulit bagi Rusia

Sekarang, dengan ekonomi Rusia yang terkena sanksi dari seluruh dunia, ada banyak bukti bahwa China Kesediaan dan kemampuan untuk membantu tetangga utaranya mungkin terbatas. Beijing telah menolak untuk mengutuk serangan Rusia terhadap Ukraina tetapi ingin menghindari pengaruh sanksi, yang telah berulang kali dikecam sebagai cara yang tidak efektif untuk menyelesaikan krisis.
“China bukan pihak untuk [Ukraine] Krisis, dan tidak ingin sanksi mempengaruhi China,” Menteri Luar Negeri Wang Yi Dia berkata Selasa, selama percakapan telepon dengan rekannya dari Spanyol.

Beijing juga menyatakan dukungan penuhnya pada Rabu untuk komentar yang dibuat awal pekan ini oleh duta besar China untuk Ukraina. “China tidak akan pernah menyerang Ukraina. Kami akan membantu, terutama secara ekonomi,” kata Fan Xianrong seperti dikutip dalam siaran pers dari pemerintah daerah Lviv.

Kekhawatiran bahwa perusahaan China dapat menghadapi sanksi AS atas hubungan dengan Rusia telah berkontribusi pada aksi jual epik di saham China hari terakhir. Penurunan itu berbalik pada hari Rabu ketika Beijing berjanji akan mengejar kebijakan untuk meningkatkan ekonominya yang goyah dan menjaga pasar keuangan tetap stabil.

Pejabat AS mengatakan kepada CNN pada hari Senin bahwa mereka memiliki informasi yang menunjukkan bahwa China telah Ekspresikan beberapa keterbukaan Untuk memberi Rusia bantuan militer dan keuangan yang diperlukan. China menolak ini sebagai “disinformasi”.
Analis Mengatakan China sedang mencoba untuk mencapai “keseimbangan halus” antara mendukung Rusia secara retoris tetapi tanpa lebih jauh memusuhi Amerika Serikat.

Beijing dan Moskow berbagi kepentingan strategis dalam menentang Barat. Namun, bank-bank China tidak mampu kehilangan akses ke dolar AS, dan banyak industri China tidak mampu membelinya Untuk dicabut dari teknologi Amerika.

Sementara China adalah mitra dagang nomor satu Rusia, Beijing memiliki prioritas lain. Perdagangan antara kedua negara hanya menyumbang 2% dari total volume perdagangan Tiongkok. Uni Eropa dan Amerika Serikat memiliki saham yang jauh lebih besar, menurut statistik bea cukai China selama setahun terakhir.

READ  Pasukan Ukraina mungkin harus mundur di Severodonetsk, kata komandan di Donbass Ukraina

Berikut adalah beberapa tindakan yang diambil Beijing dalam beberapa minggu terakhir untuk menjauhkan diri Dari terisolasi dan berantakan ekonomi Rusia.

Biarkan rubel jatuh

Mata uang China, yuan, tidak diperdagangkan sepenuhnya secara bebas, dan sebaliknya bergerak dalam kisaran yang ditetapkan oleh pejabat di People’s Bank of China (PBOC). Pekan lalu, mereka menggandakan ukuran pita perdagangan rubel, yang memungkinkan mata uang Rusia terdepresiasi lebih cepat.

Rubel telah kehilangan lebih dari 20%. nilainya terhadap dolar dan euro sejak awal perang di Ukraina. Dengan membiarkan mata uang Rusia terdepresiasi terhadap yuan, Beijing tidak membantu Moskow.

Rusia harus membayar lebih dalam rubel untuk impor China seperti smartphone dan mobil. Merek ponsel Cina seperti Xiaomi dan Huawei sangat populer di Rusia, dan telah bersaing dengan mereka sebuah apel (AAPL) Dan Samsung (SSNLF) Untuk memimpin pasar sebelum perang.
Produsen mobil China, seperti Great Wall Motor dan Geely Auto, Ini menempati 7% dari pasar RusiaTahun lalu, lebih dari 115.000 mobil terjual. Great Wall Motor Company telah berhenti memasok mobil baru ke dealer di Rusia karena fluktuasi nilai tukar.
Memperluas rentang perdagangan akan memungkinkan yuan untuk mengikuti fluktuasi liar rubel, sehingga perusahaan China dapat “lebih memahami besaran atau arah fluktuasi nilai tukar di masa depan dan mengurangi risiko nilai tukar menggunakan metode lindung nilai, seperti derivatif.” Jaringan bisnis milik negara China Saya melaporkan minggu lalu.
Saat ini, sekitar $25 miliar perdagangan antara China dan Rusia dilakukan dalam yuan, media pemerintah Tiongkok tersebut.

Duduk di cadangan

Bantuan paling signifikan yang dapat diberikan China kepada Rusia adalah melalui cadangan senilai $90 miliar yang dimiliki Moskow dalam yuan, Alicia Garcia-Herrero, kepala ekonom Asia-Pasifik di Natixis, menulis dalam sebuah laporan penelitian Selasa.

READ  Anggota parlemen ingin mengirim penasihat militer AS ke Ukraina

Sanksi telah membekukan $ 315 miliar cadangan Rusia – atau hampir setengah dari total – karena negara-negara Barat telah melarang Bank Sentral Rusia.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengatakan minggu ini bahwa negaranya ingin menggunakan cadangan yuan setelah Moskow ditolak aksesnya ke dolar AS dan euro, menurut media pemerintah Rusia.

Bank Rakyat China (PBOC) belum mengomentari posisinya pada cadangan ini.

Garcia Herrero mencatat bahwa jika China mengizinkan Moskow untuk mengubah cadangan yuan menjadi dolar AS atau euro, “itu jelas akan membantu Rusia dalam kebuntuan saat ini.” Namun, katanya, “risiko mendiskreditkan potensi pelanggaran sanksi Barat akan menjadi langkah besar bagi Bank Rakyat China (PBOC), dan dengan demikian membuatnya sangat tidak mungkin.”

“Keuntungan jangka panjang dari semakin dekat dengan Rusia mungkin tidak sepadan dengan efek investor Barat yang tiba-tiba kehilangan minat di China,” tambahnya.

Menahan suku cadang pesawat

Sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa berarti bahwa dua pembuat pesawat terbesar di dunia, Boeing (sarjana) Dan Airbus (EADSF), tidak dapat lagi menyediakan suku cadang atau memberikan dukungan perawatan kepada maskapai Rusia. Hal yang sama berlaku untuk pembuat mesin jet.

Ini berarti maskapai Rusia bisa kehabisan suku cadang dalam hitungan minggu, atau menerbangkan pesawat tanpa mengganti peralatan sesering yang direkomendasikan untuk beroperasi dengan aman.

Mengapa China tidak mempertaruhkan ekonominya untuk menyelamatkan Putin?

Awal bulan ini, seorang pejabat senior Rusia mengatakan China menolak mengirim suku cadang pesawat ke Rusia sementara Moskow mencari pasokan alternatif.

Kantor berita negara Rusia TASS mengutip Valery Kudinov, kepala kelaikan udara di Badan Transportasi Udara Rusia, yang mengatakan bahwa Rusia akan mencari peluang untuk memperoleh suku cadang dari negara-negara termasuk Turki dan India setelah upaya gagal untuk mendapatkannya dari China.

“Sejauh yang saya tahu, China menolak,” kata Kudinov seperti dikutip.

READ  Studi mengatakan ekonomi Rusia runtuh di tengah sanksi yang menyesakkan

Menanggapi permintaan komentar CNN, Kementerian Luar Negeri China mengulangi komentar Beijing Oposisi sanksi menambahkan bahwa China dan Rusia akan mempertahankan “kerja sama ekonomi dan perdagangan yang normal”.

China dan Rusia mendirikan usaha patungan penerbangan sipil pada 2017 untuk membangun jet penumpang berbadan lebar jarak jauh baru, dalam upaya untuk menyaingi duopoli Boeing dan Airbus. Produksi CR929 saya mulaiNamun, perselisihan pemasok telah menyebabkan penundaan. Awalnya diharapkan untuk mengirimkan pesawat ke pelanggan pada 2024. Tetapi Rusia menunda jadwal hingga 2028 hingga 2029.

Membekukan investasi dalam infrastruktur

Bank Dunia menangguhkan semua programnya di Rusia dan Belarusia setelah invasi ke Ukraina. Itu belum menyetujui pinjaman atau investasi baru ke Rusia sejak 2014, juga belum menyetujui pinjaman atau investasi baru ke Belarus sejak 2020.

Yang paling mengejutkan, mungkin, adalah keputusan Bank Investasi Infrastruktur Asia yang berbasis di Beijing untuk melakukan hal yang sama. Dan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan awal bulan ini, dikatakan akan menangguhkan semua kegiatannya yang berkaitan dengan Rusia dan Belarusia “saat perang pecah di Ukraina”. Dia menambahkan bahwa langkah itu “untuk kepentingan” bank.

Frustrasi oleh relatif kurangnya pengaruh di Bank Dunia (berbasis di Washington, D.C.) dan Bank Pembangunan Asia (di mana Jepang adalah kekuatan utama), China meluncurkan AIIB pada tahun 2016. Selain menjadi tuan rumah kantor pusat, China menyediakan kepala bank dan memiliki 26,5% suara. India dan Rusia masing-masing 7,6% dan 6%.
Keputusan Bank Investasi Infrastruktur Asia berarti penangguhan kegiatan di Rusia $1,1 miliar dalam bentuk pinjaman yang disetujui atau diusulkan Ini bertujuan untuk meningkatkan jaringan jalan dan kereta api negara dan sekarang ditangguhkan.

Biro CNN Beijing dan Sydney Hannah Ritchie berkontribusi pada artikel ini.