November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

CEO Finastra Puji Manajemen UMKM Indonesia – Inforial

Inforeal (The Jakarta Post)

Jakarta ●
Selasa, 18 Oktober 2022

2022-10-18
09:01

c5899ceba9df082b5eba6392e501dad7
4
Inforeal
bni, UMKM
Gratis

Strategi pemerintah Indonesia untuk memberikan pembiayaan usaha dengan memprioritaskan hibah dalam pengembangan segmen usaha mikro, kecil dan menengah dipandang tepat oleh para ahli dan pelaku industri.

Finastra Group Holding Ltd. Menurut CEO Simon Paris, perekonomian Indonesia memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pertumbuhan kinerja sektor UMKM. Selain itu, UMKM berkontribusi lebih dari 65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Menurut Simon, keputusan pemerintah Indonesia untuk memprioritaskan hibah melalui Program Kredit Mikro (KUR), penjaminan kredit dan program lainnya dinilai sangat relevan, terutama dalam mendorong pelaku sektor keuangan untuk memberikan pembiayaan.

“Jika pemerintah menjamin semua transaksi UMKM, lebih banyak bank akan memberikan trade finance. Apalagi sekarang banyak pasar yang mulai menampung perdagangannya,” katanya pada Konferensi Internasional BUMN #BUMNuntukG20 #SOEInternationalConference di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin.

Dengan berbagai program yang diupayakan untuk menjangkau kelompok rentan seperti perempuan dan masyarakat di daerah terpencil, Simon menilai langkah peningkatan akses dengan solusi perbankan digital juga tepat.

“Pemerintah terus mendorong seluruh pelaku ekonomi untuk menjadi mitra UMKM untuk mendukung pertumbuhannya dan memberikan nilai tambah,” ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan BNI Okki Rushartomo mengatakan sebagai bank BUMN, keuangan inklusif atau ekspansi kredit UMKM menjadi salah satu prioritas BNI karena bank tersebut telah memiliki ekosistem pengembangan UMKM berbasis digital. UMKM harus go global.

Berbagai solusi keuangan BNI antara lain cash management, mobile banking, implementasi EDC dan QRIS, serta dukungan capacity building dan market opening melalui BNI Xpora.

READ  Dana kekayaan Indonesia untuk investasi perluasan pelabuhan di Selat Malaka

BNI juga memiliki berbagai solusi pembiayaan untuk mendukung operasional UMKM. Berbagai program pembinaan dan pendampingan yang menyasar UMKM akan terus dilaksanakan.

“Sejalan dengan semangat G20 yaitu pulih kuat dan pulih bersama, BNI terus memperluas akses pasar dengan menggandeng banyak asosiasi UMKM, komunitas e-commerce dan diaspora di luar negeri,” pungkasnya.