Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

CEO AMD Luncurkan Rival Chip Nvidia, Berikan Prediksi Menakjubkan

CEO AMD Luncurkan Rival Chip Nvidia, Berikan Prediksi Menakjubkan

(Bloomberg) — Advanced Micro Devices Inc., yang menargetkan pasar berkembang yang didominasi oleh Nvidia Corp., meluncurkan chip akselerator baru yang dikatakan akan mampu menjalankan program kecerdasan buatan lebih cepat daripada produk pesaing.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Perusahaan ini memperkenalkan jajaran yang sangat dinanti-nantikan yang disebut MI300 pada sebuah acara yang diadakan pada hari Rabu di San Jose, California. CEO Lisa Su juga membuat perkiraan mengejutkan mengenai ukuran industri chip AI, dengan mengatakan bahwa industri tersebut dapat meningkat hingga lebih dari $400 miliar dalam empat tahun ke depan. Angka tersebut lebih dari dua kali lipat perkiraan yang dibuat AMD pada bulan Agustus, yang menunjukkan betapa cepatnya ekspektasi terhadap perangkat keras AI dapat berubah.

Peluncuran ini merupakan salah satu peluncuran paling signifikan dalam sejarah lima dekade AMD, dan akan bersaing dengan Nvidia di pasar akselerator AI yang sedang panas. Chip semacam itu membantu mengembangkan model kecerdasan buatan dengan membombardirnya dengan data, sebuah tugas yang mereka tangani dengan lebih terampil dibandingkan prosesor komputer tradisional.

AMD semakin menunjukkan keyakinan bahwa jajaran MI300-nya dapat memenangkan hati beberapa nama besar di bidang teknologi, dan berpotensi mengalihkan pengeluaran miliaran dolar ke perusahaan tersebut. AMD mengatakan pelanggan yang menggunakan prosesor tersebut termasuk Microsoft Corp. dan Oracle Corp. dan Meta Platforms Inc.

Saham Nvidia turun 1,4% menjadi $458,98 di New York pada hari Rabu, sementara saham AMD turun kurang dari 1% menjadi $117,24.

Meningkatnya permintaan chip Nvidia oleh operator pusat data telah membantu meningkatkan sahamnya tahun ini, mendorong nilai pasar perusahaan melewati $1,1 triliun. Pertanyaan besarnya adalah berapa lama perusahaan ini akan mempertahankan pasar akseleratornya sendiri.

READ  Klien Con New York Mendesak Edison untuk Bicara Energi Di Tengah Kebekuan Musim Dingin - NBC New York

AMD melihat sebuah peluang: Model bahasa besar – yang digunakan oleh chatbot AI seperti ChatGPT OpenAI – memerlukan banyak memori komputer, dan di sinilah pembuat chip menganggapnya memiliki keuntungan.

Chip baru AMD memiliki lebih dari 150 miliar transistor dan memori 2,4 kali lebih banyak dibandingkan chip Nvidia H100, pemimpin pasar saat ini. Ia juga memiliki bandwidth memori 1,6, yang semakin meningkatkan kinerja, kata AMD.

Su mengatakan chip baru ini setara dengan chip H100 Nvidia dalam kemampuannya melatih program AI dan jauh lebih baik dalam inferensi – proses menjalankan perangkat lunak tersebut setelah siap digunakan di dunia nyata.

Namun Nvidia sedang mengembangkan chip generasi berikutnya sendiri. H100 akan menggantikan H200 pada paruh pertama tahun depan, menyediakan akses ke jenis memori baru berkecepatan tinggi. Itu setidaknya harus sesuai dengan beberapa penawaran AMD. Nvidia kemudian diperkirakan akan merilis arsitektur prosesor yang benar-benar baru pada akhir tahun ini.

Perkiraan AMD bahwa prosesor AI akan tumbuh menjadi pasar senilai $400 miliar menggarisbawahi optimisme yang tak terbatas dalam industri AI. Itu dibandingkan dengan $597 miliar untuk seluruh industri chip pada tahun 2022, menurut IDC.

Agustus lalu, AMD menawarkan perkiraan yang lebih sederhana sebesar $150 miliar pada periode yang sama. Namun perusahaan memerlukan waktu untuk menguasai sebagian besar pasar ini. AMD mengatakan pendapatannya dari akselerator akan melebihi $2 miliar pada tahun 2024, dan analis memperkirakan total penjualan pembuat chip tersebut akan mencapai sekitar $26,5 miliar.

Chip tersebut didasarkan pada jenis semikonduktor yang disebut unit pemrosesan grafis, atau GPU, yang biasanya digunakan oleh para gamer video untuk pengalaman yang lebih realistis. Kemampuan mereka untuk melakukan jenis penghitungan tertentu dengan cepat dengan melakukan banyak penghitungan secara bersamaan menjadikannya pilihan ideal untuk melatih program kecerdasan buatan.

READ  Saham yang mengalami pergerakan terbesar pada tengah hari: CVX, OKTA, WBA, SPR

(Pembaruan stok di paragraf kelima.)

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2023 Bloomberg L.P