Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ceko mengejek Rusia dengan aneksasi fiktif Kaliningrad

Ceko mengejek Rusia dengan aneksasi fiktif Kaliningrad

Beberapa orang Ceko mengolok-olok Rusia dengan langkah palsu untuk mencaplok wilayah Kaliningrad yang terisolasi di negara itu – seorang pejabat terpilih bahkan melakukan “referendum” di Twitter tentang masalah ini.

Aneksasi sinis wilayah Laut Baltik datang sebagai tanggapan terhadap pemimpin Rusia yang kontroversial, Vladimir Putin Aneksasi empat wilayah Ukraina yang dilanda perang minggu lalu.

Sebuah petisi untuk merebut Kaliningrad dari tangan Rusia kini sedang beredar, dengan satu situs berita Rusia dilaporkan menanggapi proposal tersebut dengan serius.

Pendukung langkah itu bercanda bahwa Republik Ceko adalah negara yang terkurung daratan dan menyerap wilayah itu akan memberi Ceko akses ke laut untuk pertama kalinya.

“Sudah waktunya untuk membagi Kaliningrad sehingga saudara-saudara Ceko kita akhirnya bisa sampai ke laut,” kata sebuah posting viral yang di-retweet oleh MEP Tomas Zdechowski.

Sebuah peta satir yang beredar di Twitter menunjukkan Kaliningrad terbagi menjadi wilayah Ceko dan Polandia.
Twitter / mihaszek

Publikasi termasuk peta yang menunjukkan Kaliningrad dibagi menjadi dua bagian Dengan bagian atas ditandai dengan bendera Ceko dan bagian bawah ditandai dengan bendera Polandia.

“Kami akan mengadakan referendum untuk menjadikan Kaliningrad Ceko-Polandia,” lanjutnya, menggunakan emoji wajah tertawa. “Kami akan mengambil panduan di Krimea.”

Dia kemudian memposting jajak pendapat di Twitter dan dengan cepat mengumumkan sementara jajak pendapat tetap terbuka bahwa “hasilnya jelas.” Dan dia mengikuti petisi dan melakukannya Mereka mendapat hampir 15.000 tanda tangan Sejak Rabu. Dan “Resmi ‘Akun Twitter berganti nama menjadi Královec Dia sudah memiliki 51.000 pengikut.

Kaliningrad, sebelumnya disebut Königsberg, adalah wilayah Rusia yang berbatasan dengan Lituania dan Polandia.
Kaliningrad, sebelumnya disebut Königsberg, adalah wilayah Rusia yang berbatasan dengan Lituania dan Polandia.
Ulf Moder/Image Alliance melalui Getty Images

“Setelah referendum yang sukses, 97,9% penduduk Kaliningrad memutuskan untuk bergabung dengan Republik Ceko dan mengganti nama Kaliningrad menjadi Kralovich,” tulis akun tersebut di Twitter.

Kaliningrad telah berada di bawah kendali Rusia sejak zaman Soviet, tetapi tidak secara langsung terkait dengan bagian lain negara itu. Ini berbatasan dengan Lithuania dan Polandia.

READ  Biden di Polandia untuk pertemuan tentang krisis pengungsi di Ukraina - Politik AS langsung | berita AS

Setidaknya satu situs berita Rusia telah melaporkan bahwa proposal pencaplokan itu berbahaya, Menurut situs berita IDNES.

Aneksasi daerah di sepanjang Laut Baltik akan memberikan Republik Ceko "akhirnya" akses ke laut.
Sebuah posting Twitter palsu mengatakan bahwa mencaplok daerah di sepanjang Laut Baltik “akhirnya” akan memberi Republik Ceko akses ke laut.
Gambar Getty

Zdechovsky tidak terkejut bahwa beberapa orang melewatkan lelucon itu.

“Saya pikir Rusia menganggap diri mereka sangat serius, baik dalam hal politik dan hubungan internasional,” katanya kepada outlet. “Kita perlu menempatkan cermin di depan mereka lebih dan lebih dan menunjukkan bahwa kita tidak takut pada mereka dan ancaman mereka dan bahwa kita siap untuk mendukung Ukraina dalam perjuangannya untuk kembalinya semua tanah.”