Februari 9, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Brasil: Korban tewas akibat hujan lebat naik menjadi 84

Brasil: Korban tewas akibat hujan lebat naik menjadi 84

Sejak hujan deras mulai Rabu, 56 orang juga hilang, sementara hampir 4.000 orang kehilangan rumah, menurut CNN Brasil. 14 kotamadya menyatakan keadaan darurat

Pertahanan Sipil di Pernambuco telah mendesak penduduk yang tinggal di daerah berisiko tinggi di sekitar Recife untuk mencari perlindungan di tempat lain setelah hujan memicu tanah longsor di sana. Sekolah telah dibuka di Recife untuk menampung keluarga pengungsi.

Brasil timur laut mengalami curah hujan yang sangat tinggi, kata para pejabat. Beberapa daerah mencatat lebih banyak hujan dalam periode 24 jam selama akhir pekan daripada total volume yang diharapkan untuk bulan Mei.

Beberapa bagian negara bagian itu mengalami hujan pada hari Senin saat hujan bergerak ke arah pantai, tetapi hujan 30-60mm lainnya diperkirakan akan terjadi di Pernambuco dalam beberapa hari ke depan, sementara daerah-daerah terpencil dapat melihat lebih dari 100mm. Daerah itu bisa melihat lebih dari setengah bulan hujan hanya dalam empat hari, antara Sabtu pada akhir pekan dan akhir Selasa.

Kilatan – yang dapat menyebabkan pemadaman listrik dan puing-puing yang berjatuhan – dapat mencapai 100 kilometer per jam.

Hujan lebat selama akhir pekan menyebabkan banjir besar keempat dalam lima bulan di Brasil, menurut laporan Reuters, yang menyoroti kurangnya perencanaan kota di lingkungan berpenghasilan rendah di sebagian besar negara itu. Permukiman kumuh atau shantytowns – sering didirikan di lereng bukit terbuka untuk memberi jalan, biasanya di luar kota-kota besar.

Di bulan Desember, hujan turun Menyebabkan dua bendungan meledak di negara bagian Bahia yang berdekatanPuluhan orang tewas dan seluruh jalan terendam banjir.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan tentara akan membantu mereka yang terkena dampak dan bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Recife pada hari Senin untuk menilai situasi.

READ  PM Jepang memurnikan pemerintah setelah dukungan untuk hubungan gereja berkurang

“Pemerintah kami telah menyediakan sejak saat pertama segala cara untuk membantu mereka yang terkena dampak, termasuk angkatan bersenjata,” tulisnya di Twitter pada hari Minggu.

Paulo Camara, gubernur negara bagian itu, mengatakan di Twitter bahwa kantornya telah menyediakan 100 juta real Brasil ($21 juta) untuk membantu daerah-daerah yang terkena dampak hujan. Tujuh negara bagian Brasil lainnya telah menawarkan untuk membantu dan mengirim tim penyelamat ke Pernambuco, menurut CNN Brasil.

Krisis iklim membuat cuaca ekstrem yang menghancurkan menjadi lebih umum secara global. Saat suhu naik, jumlah rata-rata hujan sebenarnya diperkirakan akan menurun di bagian Brasil ini, tetapi kejadian hujan ekstrem diperkirakan akan terjadi lebih sering dan lebih intens, menurut laporan tersebut. Proyeksi ilmiah dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim.

Ini berarti bahwa beberapa bagian Brasil akan mengalami kekeringan berkepanjangan serta curah hujan yang lebih sering dan ekstrem, yang secara kolektif membuat mereka lebih rentan terhadap banjir.

Penyebab tanah longsor lebih kompleks, tetapi sering terjadi selama hujan lebat di daerah yang telah ditebangi dan dibangun secara berlebihan.

Robert Shackleford dan Monica Jarrett dari CNN Weather berkontribusi pada laporan ini. Marcelo Medeiros dan Michelle Velez melaporkan dari Atlanta, Marcia Riverdosa dari São Paulo, Mia Alberti di Beirut, dan Amy Wodiat di London.