November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para pemimpin UE menyetujui embargo minyak parsial Rusia

Para pemimpin UE menyetujui embargo minyak parsial Rusia

Brussels (AFP) – Para pemimpin Uni Eropa mencapai kompromi pada Senin untuk memberlakukan embargo minyak parsial terhadap Rusia pada pertemuan puncak yang berfokus membantu Ukraina dengan paket sanksi yang telah lama ditunggu-tunggu yang diblokir oleh Hongaria.

Larangan yang diperlunak hanya mencakup minyak Rusia yang dibawa melalui laut, yang memungkinkan pengecualian sementara untuk impor yang dikirim melalui pipa.

Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel mengatakan di Twitter bahwa perjanjian itu mencakup lebih dari dua pertiga impor minyak Rusia, “memotong sumber besar pembiayaan untuk mesin perangnya. Tekanan maksimum pada Rusia untuk mengakhiri perang.”

Uni Eropa telah memberlakukan lima putaran sanksi sebelumnya terhadap Rusia atas perangnya. Ini menargetkan lebih dari seribu orang, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat senior pemerintah, serta oligarki setia ke Kremlin, bank, sektor batu bara, dan banyak lagi.

Tetapi paket tindakan keenam yang diumumkan pada 4 Mei tertahan oleh kekhawatiran tentang pasokan minyak.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban telah menjelaskan bahwa dia dapat mendukung sanksi baru hanya jika keamanan pasokan minyak negaranya dijamin. Negara yang terkurung daratan mendapatkan lebih dari 60% minyaknya dari Rusia dan bergantung pada minyak mentah yang datang melalui pipa Druzhba era Soviet.

Ini adalah pembaruan berita yang mendesak. Kisah sebelumnya untuk Associated Press berikut di bawah ini.

Brussels (AFP) – Para pemimpin Uni Eropa pada Senin berjuang untuk menyetujui embargo minyak terhadap Rusia, ketika presiden Ukraina mendesak mereka untuk mengesampingkan perbedaan mereka dan mendukung paket sanksi yang telah lama ditunggu-tunggu yang bertujuan untuk meningkatkan tekanan ekonomi pada Moskow untuk menghentikan perang. perang.

Uni Eropa telah memberlakukan lima putaran sanksi terhadap Rusia atas perangnya. Ini telah menargetkan lebih dari 1.000 orang, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat senior pemerintah, serta oligarki setia ke Kremlin, bank, sektor batubara dan banyak lagi.

READ  Pejabat Taiwan dan AS mengharapkan Pelosi mengunjungi Taiwan

Tetapi paket tindakan keenam, yang diumumkan pada 4 Mei, telah tertahan oleh kekhawatiran tentang pasokan minyak. Uni Eropa mendapatkan sekitar 40% gas alam dan 25% minyaknya dari Rusia, dan perpecahan tersebut mempermalukan blok perdagangan 27 negara dan mengekspos batas ambisinya.

Berbicara kepada para pemimpin Uni Eropa pada hari Senin melalui tautan video dalam pesan 10 menit, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak diakhirinya “argumen internal yang hanya mendorong Rusia untuk memberi lebih banyak tekanan di seluruh Eropa.”

Dia mengatakan bahwa paket sanksi “harus disepakati, dan itu harus efektif, termasuk (pada) minyak”, sehingga Moskow merasakan “harga dari apa yang dilakukannya terhadap Ukraina” dan seluruh Eropa. Baru kemudian, kata Zelensky, Rusia akan dipaksa untuk “memulai pencarian perdamaian.”

Ini bukan pertama kalinya Uni Eropa menyerukan untuk menargetkan sektor energi Rusia yang menguntungkan dan merampas miliaran dolar dari Moskow setiap hari dalam pembayaran pasokan.

Tapi Hungaria memimpin sekelompok negara Uni Eropa – bersama dengan Slovakia, Republik Ceko dan Bulgaria – yang sangat bergantung pada minyak Rusia dan tidak dapat mematikan pompa. Hongaria mendapat lebih dari 60% minyaknya dari Rusia dan 85% gas alamnya.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban bersikukuh untuk tiba di pertemuan puncak dua hari di Brussel, di mana Perdana Menteri Ceko Petr Viala mengatakan penundaan sanksi minyak terhadap Rusia bisa menjadi solusi.

“Kami siap untuk menghilangkan ketergantungan kami pada sumber energi Rusia, tetapi kami tidak dapat melakukannya dalam jangka pendek,” kata Fiala.

Menurut beberapa diplomat, para pemimpin akan mencoba untuk mencapai kesepakatan tentang larangan Uni Eropa atas minyak Rusia yang dibawa melalui laut pada akhir tahun yang akan mencakup lebih dari dua pertiga impor minyak Uni Eropa dari Rusia.

READ  Sedikitnya 12 orang tewas dan ratusan terluka dalam kebocoran gas di Yordania di pelabuhan Aqaba

Orban mengatakan dia mungkin mendukung sanksi baru jika keamanan pasokan minyak Hungaria dijamin. Hungaria dan Slovakia bergantung pada minyak Rusia yang mengalir melalui pipa Druzhba era Soviet.

Masalah dengan memukul minyak lintas laut Rusia adalah bahwa negara-negara seperti Belgia, Jerman, dan Belanda – yang paling bergantung pada format ini – akan menderita dari harga minyak yang lebih tinggi, mendistorsi persaingan karena Hungaria masih akan membeli minyak Rusia yang lebih murah.

Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karenz mendesak rekan-rekan Uni Eropa untuk bergerak melampaui perbedaan mereka atas minyak, dengan mengatakan bahwa negara-negara anggota “terlibat sedikit dalam semua detail dan kita melupakan gambaran besarnya”.

“Ini hanya uang,” katanya, “dan orang Ukraina membayar dengan nyawa mereka.” “Hanya ketika Rusia dikalahkan, kami dapat merasa aman di Eropa.”

Kanselir Jerman Olaf Schulz optimis dengan hati-hati. “Semua yang saya dengar terdengar seolah-olah konsensus dapat dan akan terjadi cepat atau lambat,” katanya kepada wartawan.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen telah mengesampingkan terobosan di KTT, dengan mengatakan: “Harapan saya rendah bahwa itu akan diselesaikan dalam 48 jam ke depan.”

Jika disetujui, paket sanksi baru juga akan mencakup pembekuan aset dan larangan bepergian bagi individu. Bank terbesar Rusia, Sberbank, akan dikeluarkan dari SWIFT, sistem global utama untuk transfer uang. Tiga lembaga penyiaran milik negara Rusia juga akan dilarang mendistribusikan konten mereka di Uni Eropa.

KTT dua hari itu juga akan fokus pada dukungan keuangan berkelanjutan dari Uni Eropa untuk Ukraina – kemungkinan persetujuan bantuan 9 miliar euro ($ 9,7 miliar) – dan pada bantuan militer dan investigasi kejahatan perang.

READ  Xi menyerukan pertumbuhan militer China saat kongres Partai dibuka

Masalah ketahanan pangan akan dibahas pada hari Selasa, karena para pemimpin akan mendorong pemerintah mereka untuk mempercepat pekerjaan pada “koridor solidaritas” untuk membantu Ukraina mengekspor gandum. dan produk lainnya.

Beberapa pengunjuk rasa berkumpul di luar gedung Uni Eropa pada hari Senin sebelum KTT, mengangkat spanduk seperti “Tidak untuk minyak dan gas Rusia”.

___

Karel Janicek berkontribusi pada cerita ini dari Praha.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di https://apnews.com/hub/russia-ukraine