April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Media resmi: Dua orang tewas dalam serangan udara Israel di ibu kota Suriah  Berita perang Israel di Gaza

Media resmi: Dua orang tewas dalam serangan udara Israel di ibu kota Suriah Berita perang Israel di Gaza

Serangan itu terjadi di kawasan Kafr Sousa di Damaskus, dekat sebuah kompleks besar yang dijaga ketat yang digunakan oleh dinas keamanan.

Media resmi melaporkan bahwa setidaknya dua orang tewas dalam serangan udara Israel di ibu kota Suriah, Damaskus.

Kantor berita Suriah SANA melaporkan, serangan itu terjadi pada hari Rabu di kawasan Kafr Sousa, yang mencakup sejumlah markas keamanan dan militer.

Israel tidak mengkonfirmasi serangan tersebut.

Video di media sosial yang diverifikasi oleh Al Jazeera menunjukkan sebuah apartemen terbakar di gedung bertingkat. Jendela-jendela bangunan di dekatnya pecah dan puluhan mobil yang diparkir di area tersebut rusak.

Sebuah bus kosong yang menuju ke Sekolah Swasta Al-Bawader di dekatnya rusak dan orang-orang terlihat bergegas menjemput anak-anak mereka.

Lingkungan ini juga mencakup bangunan tempat tinggal dan pusat kebudayaan Iran. Reuters melaporkan bahwa para saksi mendengar beberapa ledakan berturut-turut dan ambulans bergegas ke daerah tersebut.

Televisi pemerintah Suriah tidak mengatakan demikian Siapa yang terbunuh. Rami Abdel Rahman, yang memimpin Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau oposisi yang berbasis di Inggris, mengatakan kedua orang yang tewas berada di dalam sebuah apartemen tetapi tidak memberikan bukti apa pun tentang identitas mereka.

Abdel Rahman mengatakan penggerebekan itu mirip dengan pembunuhan Saleh Al-Arouri, pejabat senior gerakan Hamas Palestina, bulan lalu di Beirut, Lebanon.

Dua orang tewas di dalam sebuah apartemen [Firas Makdesi/Reuters]

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa ledakan di Damaskus adalah “akibat dari serangan baru Israel yang menargetkan wilayah Suriah.”

Sejak awal tahun ini, kelompok tersebut mengatakan telah mendokumentasikan 13 serangan Israel di wilayah Suriah – delapan serangan udara dan lima serangan rudal oleh pasukan darat, menghancurkan sekitar 31 sasaran dan menyebabkan 31 orang tewas dan 13 luka-luka.

READ  Pihak berwenang Ekuador dan Peru memperkirakan kerusakan setelah gempa yang menewaskan sedikitnya 15 orang itu

Delapan warga sipil, termasuk seorang wanita, juga tewas dalam serangan Israel tahun ini, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Selama bertahun-tahun, Amerika Serikat dan Israel telah melancarkan serangan terhadap apa yang mereka gambarkan sebagai sasaran yang terkait dengan Iran di Suriah, di mana pengaruh Teheran meningkat sejak negara itu mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang yang pecah pada tahun 2011.

Intensitas serangan kembali terjadi sejak 7 Oktober, ketika pejuang Hamas menyerbu kota-kota di Israel selatan, menewaskan lebih dari 1.100 orang dan menangkap sekitar 240 lainnya. Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini memicu respons kekerasan dari Israel yang menyebabkan kematian lebih dari 29.000 orang di Jalur Gaza.

Bulan lalu, serangan Israel di lingkungan Mezzeh barat di ibu kota Suriah menghancurkan sebuah bangunan yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran, menewaskan sedikitnya lima warga Iran.

Pada bulan Desember, serangan udara Israel di pinggiran kota Damaskus menewaskan Jenderal Iran SEED Radi Mousavi, seorang penasihat lama Garda Revolusi Iran di Suriah. Israel juga menargetkan anggota kelompok bersenjata Palestina dan Lebanon di Suriah selama beberapa tahun terakhir.