April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Booming AI membuat keuntungan Nvidia melonjak 580% tahun lalu

Booming AI membuat keuntungan Nvidia melonjak 580% tahun lalu


New York
CNN

Tahun lalu adalah tahun yang penting bagi AI, dan tidak ada perusahaan yang mendapat manfaat dari tren ini seperti pembuat chip Nvidia.

Pendapatan yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa laba Nvidia tumbuh hampir $12,3 miliar dalam tiga bulan yang berakhir pada 28 Januari — naik dari $1,4 miliar pada kuartal yang sama tahun lalu, meningkat 769% dari tahun ke tahun dan pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan analis Wall Street. . . diharapkan. Hasil ini membantu meningkatkan laba perusahaan selama setahun penuh lebih dari 580% dibandingkan tahun sebelumnya.

Nvidia juga membukukan kenaikan pendapatan kuartal keempat sebesar 265% dari tahun ke tahun, juga melebihi ekspektasi para analis, karena perusahaan tersebut terus memanfaatkan gelombang investasi besar-besaran dalam kecerdasan buatan.

“Permintaan meningkat di seluruh dunia di berbagai perusahaan, industri, dan negara,” kata CEO Jensen Huang pada konferensi pers. penyataan Rabu. Dalam percakapan dengan para analis setelah laporan tersebut, Huang membandingkan penerapan teknologi AI secara luas dengan awal revolusi industri baru.

Nvidia sangat penting dalam dunia AI yang sedang booming. Produsen chip AS ini tidak ada bandingannya dalam memproduksi prosesor yang mendukung sistem kecerdasan buatan, termasuk AI generatif, teknologi baru yang dapat membuat teks, gambar, dan media lainnya.

Nvidia menyumbang sekitar 70% dari penjualan semikonduktor AI, bahkan ketika Meta, Amazon, IBM dan Microsoft mulai memproduksi beberapa chip mereka sendiri, menurut Dan Morgan, wakil presiden di Synovus Trust Company.

Penjualan dari bisnis pusat data inti perusahaan tumbuh 409% dari tahun ke tahun hingga mencapai rekor $18,4 miliar pada kuartal keempat, berkat kemitraan dengan raksasa infrastruktur seperti Google, Amazon, dan Cisco.

READ  Vice Media berhenti menerbitkan di situs web dan menghilangkan ratusan pekerjaan

Namun kenaikan harga saham perusahaan selama setahun terakhir – sahamnya tumbuh sekitar 230% pada tahun 2023 – berarti Nvidia kini juga sangat penting bagi pasar yang lebih luas. Dalam sebuah catatan pada hari Selasa, analis Goldman Sachs menggambarkan Nvidia sebagai “saham terpanas di planet ini.” Nvidia adalah saham dengan kinerja terbaik di S&P 500 pada tahun 2023.

Saham Nvidia melonjak hampir 7% dalam perdagangan setelah jam kerja setelah laporan hari Rabu.

Namun beberapa pemegang saham khawatir pertumbuhan eksplosif ini tidak akan bertahan selamanya. Pembatasan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat pada tahun lalu terhadap ekspor chip AI canggih ke Tiongkok, yang berdampak pada produk seperti chip Nvidia H800 dan A800, mengancam akan menghambat akses ke pasar yang besar dan berkembang pesat.

Perusahaan mengakui bahwa penjualan pusat data ke Tiongkok “turun secara signifikan” pada kuartal Januari karena pembatasan, meskipun wilayah lain tetap berkontribusi terhadap pertumbuhan yang kuat pada unit tersebut.

“Namun, jika Nvidia tidak menemukan solusi jangka panjang untuk mengatasi keterbatasan tersebut, hal tersebut mungkin akan berdampak pada pertumbuhan di masa depan,” kata Morgan dalam komentar email menjelang laporan hari Rabu.

Eksekutif Nvidia mengatakan dalam panggilan pendapatan bahwa perusahaan telah mulai mengirimkan chip pengganti ke Tiongkok yang tidak melanggar pembatasan. Tiongkok mewakili persentase satu digit dari total bisnis pusat data pada kuartal keempat dan diperkirakan akan tetap berada dalam kisaran yang sama pada kuartal saat ini, kata Chief Financial Officer Colette Kress.

Meskipun ada ketegangan di Tiongkok, analis lain di Wall Street yakin perusahaan masih memiliki banyak ruang untuk dijalankan.

“Prospek Nvidia positif, karena persaingan chip AI dari Intel, AMD, Meta, dan Microsoft mungkin akan memakan waktu beberapa bulan lagi sementara permintaan untuk chip Nvidia meningkat,” Gadjo Sevilla, analis senior di Insider Intelligence, mengatakan dalam sebuah catatan awal pekan ini. .

READ  Keuntungan McDonald: Pelanggan mengabaikan harga menu yang tinggi karena pendapatan naik

Untuk saat ini, perusahaan mengatakan permintaan untuk chip AI canggihnya terus “melebihi pasokan,” kata Chris melalui telepon pada hari Rabu. “Membangun dan menerapkan solusi AI telah menjangkau hampir semua industri.”

Memastikan pasokan memenuhi permintaan yang meningkat dapat menjadi tantangan bagi perusahaan menjelang tahun ini. Namun, Huang berkata, “Waktu siklus perusahaan membaik… Secara keseluruhan, pasokan kami meningkat dengan sangat baik.”

Perusahaan tersebut mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka memperkirakan pendapatan pada kuartal saat ini akan mencapai sekitar $24 miliar, yang mewakili peningkatan 233% dari kuartal yang sama tahun lalu dan melebihi perkiraan Wall Street.