Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biden akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Kishida di tengah perselisihan mengenai kesepakatan baja AS

Biden akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Kishida di tengah perselisihan mengenai kesepakatan baja AS

Washington (AFP) – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Hal yang ditunggu-tunggu telah dimulai Kunjungan ke Washington Kekhawatiran yang sama mengenai aksi militer provokatif Tiongkok di Pasifik dan momen pertikaian publik yang jarang terjadi antara kedua negara mengenai rencana perusahaan Jepang untuk membeli perusahaan populer Amerika menjadi sorotan pada hari Selasa.

Kishida dan istrinya mampir ke Gedung Putih pada Selasa malam sebelum kunjungan resmi pada hari Rabu Makan malam kenegaraan Ketika Presiden Joe Biden ingin merayakan ulang tahun sekutunya selama puluhan tahun, ia menganggap hal ini sebagai landasan kebijakan Indo-Pasifiknya. Kishida akan menjadi pemimpin dunia kelima yang dihormati oleh Biden dengan jamuan makan malam kenegaraan sejak ia menjabat pada tahun 2021.

Keduanya berjabat tangan dan Ibu Negara Jill Biden memeluk istri Kishida, Yoko. Mereka berempat berpose untuk foto dan melakukan tur singkat sebelum menuju ke restoran seafood kelas atas BlackSalt untuk makan malam.

Keluarga Biden menghadiahkan kepada Perdana Menteri sebuah meja berkaki tiga buatan tangan oleh sebuah perusahaan milik orang Jepang-Amerika di Pennsylvania. Presiden juga menghadiahkan Kishida sebuah litograf berbingkai khusus dan satu set LP dua volume yang ditandatangani oleh Billy Joel. Jill Biden memberikan Yuko Kishida sebuah bola sepak bertanda tangan dari Tim Nasional Wanita AS dan Tim Nasional Wanita Jepang.

Sebelum mengunjungi Gedung Putih, Kishida meletakkan karangan bunga di Pemakaman Nasional Arlington pada hari Selasa dan mampir ke Kamar Dagang AS serta bertemu dengan Wakil Ketua dan Presiden Microsoft Brad Smith. Pada hari Rabu, Biden dan Kishida akan mengadakan pembicaraan dan berpartisipasi dalam konferensi pers bersama sebelum Biden menerima pemimpin Jepang tersebut dengan jamuan makan malam resmi di Ruang Timur.

Perdana Menteri juga diundang untuk berpidato di pertemuan gabungan Kongres pada hari Kamis. Dia akan menjadi pemimpin Jepang kedua yang menyampaikan pidato pada badan tersebut; Shinzo Abe berpidato di Kongres pada tahun 2015.

READ  Pentagon mendeklasifikasi video yang menunjukkan perilaku Tiongkok yang “memaksa dan berbahaya” terhadap pesawat AS

Kunjungan itu terjadi setelah Biden mengumumkan bulan lalu bahwa… Dia menentang rencana penjualan US Steel yang berbasis di Pittsburgh kepada Nippon Steel Jepang, mengungkap keretakan yang mencolok dalam kemitraan ini pada saat kedua pemimpin bermaksud untuk memperkuatnya. Saat mengumumkan penentangannya, Biden mengklaim bahwa Amerika Serikat perlu “mempertahankan perusahaan baja Amerika yang kuat dan didukung oleh pekerja baja Amerika.”

Duta Besar Rahm Emanuel, utusan Biden untuk Tokyo, pada hari Senin berusaha meremehkan dampak penolakan Biden terhadap pembelian US Steel terhadap hubungan tersebut. Emanuel mencatat bahwa pemerintahan Biden pada bulan Februari menyetujui rencana yang akan menghasilkan pendapatan miliaran dolar bagi anak perusahaan Mitsui Jepang yang berbasis di AS untuk memproduksi crane di Amerika Serikat.

“Hubungan Amerika Serikat dengan Jepang lebih dalam, lebih kuat, dan lebih penting daripada satu perjanjian perdagangan,” kata Emanuel, mantan Wali Kota Chicago, dalam penampilan bersama di Pusat Kajian Strategis dan Internasional Washington bersama utusan utama Jepang untuk Washington. . “Seperti yang kami katakan di Chicago, Anda harus tenang.”

Baja Nippon Mereka mengumumkan pada bulan Desember bahwa mereka berencana membeli US Steel senilai $14,1 miliar secara tunai, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai dampak kesepakatan tersebut bagi pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja, rantai pasokan, dan keamanan nasional Amerika. Shigeo Yamada, duta besar Jepang untuk Washington, menolak berkomentar apakah Kishida akan membahas kesepakatan Nippon-US Steel dengan Biden.

Investasi AS di Jepang dan sebaliknya akan membuat “perekonomian lebih saling terhubung dan tidak dapat dipisahkan,” kata Kishida dari American Chamber. Smith, wakil presiden Microsoft, mengumumkan bahwa perusahaan teknologi tersebut akan menginvestasikan $2,9 miliar di Jepang selama dua tahun ke depan untuk memperluas operasi komputasi awan dan kecerdasan buatan di sana. Microsoft akan bekerja sama dengan pemerintah Jepang untuk meningkatkan kemampuan keamanan sibernya.

READ  Dana ESG mengalami penurunan karena investor mundur

“Kami melihat ini sebagai investasi penting pada setiap perusahaan Jepang yang kami dukung dan juga pada pemerintah Jepang,” kata Smith.

Biden telah berupaya untuk lebih memfokuskan kebijakan luar negerinya di kawasan Pasifik bahkan ketika ia menghadapi dampak dari invasi Rusia ke Ukraina dan krisis yang menghancurkan tersebut. Perang Israel-Hamas. Tahun lalu, Biden memasangkan Kishida dengan… Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol Pada retret presiden di Camp David, Maryland, KTT bersejarah Antara pemimpin kedua negara itu mempunyai kesamaan sejarah yang sulit.

Biden melakukannya Yoon merasa terhormat dengan kunjungan kenegaraan Pendahulu Kishida, Perdana Menteri Yoshihide Suga, memilihnya sebagai kunjungan langsung pertama yang dilakukan seorang pemimpin asing selama masa kepresidenannya.

Pemerintah senang dengan dukungan kuat Jepang terhadap Ukraina. Tokyo telah menjadi salah satu donor terbesar bagi Kiev sejak invasi Rusia pada Februari 2022, begitu pula Jepang Telah bangkit Pengeluaran pertahanannya di tengah kekhawatiran mengenai agresi militer Tiongkok.

Yamada menyarankan agar Kishida menekankan dukungan Jepang terhadap Ukraina selama penampilannya di hadapan Kongres, dan menjelaskan mengapa konflik di Eropa Timur sangat penting bagi negaranya. Biden sedang berjuang untuk membujuk Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat agar mendukung seruannya untuk mengirim tambahan $60 miliar ke Kiev sebagai bagian dari upayanya untuk menangkis Rusia.

Kishida memperingatkan bahwa perang di Eropa dapat menyebabkan konflik di Asia Timur, dan menyatakan bahwa sikap lunak terhadap Rusia mendorong Tiongkok.

“Keyakinan perdana menteri adalah bahwa Ukraina saat ini bisa menjadi Asia Timur di masa depan,” kata Yamada.

Pentagon mengumumkan pada hari Senin bahwa Amerika Serikat dan Inggris. Australia sedang mempertimbangkan untuk memasukkan Jepang ke dalam Kemitraan AUKUS, sebuah kelompok yang diluncurkan pada tahun 2021 yang bertujuan untuk memasok Australia dengan kapal selam bertenaga nuklir dan bersenjata konvensional.

Beijing mengecam perjanjian AUKUS, yang dikatakannya mendorong perpecahan dan dapat menyebabkan konfrontasi militer di wilayah tersebut. Pada hari Selasa, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan keberatannya terhadap peran baru Jepang yang diharapkan.

READ  Menteri Pertahanan AS Austin mengunjungi Kiev dan mengumumkan lebih banyak bantuan militer

Kishida dijadwalkan melakukan tur ke Washington pada hari Kamis untuk berpartisipasi dalam pertemuan dengan Biden Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. Hubungan Filipina-Tiongkok telah berulang kali diuji oleh pertikaian mereka Kapal Penjaga Pantai di kedua negara Di Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Kapal Penjaga Pantai Tiongkok juga secara teratur mendekati pulau-pulau Laut Cina Timur yang disengketakan dan dikuasai Jepang Taiwan. Beijing mengatakan Taiwan adalah bagian dari wilayahnya dan akan dikendalikan dengan kekerasan jika perlu.

“Kerja sama antara ketiga negara kita sangat penting dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik dan dalam mempertahankan tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum,” kata Kishida pada hari Senin sebelum berangkat ke Washington.

Para pemimpin diperkirakan akan membahas rencana modernisasi struktur komando militer AS di Jepang. Ada sekitar 54.000 tentara Amerika yang ditempatkan di Jepang.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pengumuman para pemimpin mengenai pertahanan akan memungkinkan “koordinasi yang lebih besar dalam mengintegrasikan pasukan kita dan memastikan mereka ditempatkan secara optimal dan terhubung dengan mitra lain yang berpikiran sama.”

Kishida dan Biden juga diperkirakan akan mengkonfirmasi partisipasi Jepang dalam pertemuan tersebut Program Artemis Bulan NASA Selain kontribusinya pada penjelajah bulan yang dikembangkan oleh Toyota Motor Company dan penyertaan astronot Jepang dalam misi tersebut. Kendaraan penjelajah tersebut, yang menelan biaya sekitar $2 miliar, akan menjadi kontribusi termahal yang dilakukan oleh mitra non-AS untuk misi tersebut hingga saat ini.

___

Penulis Associated Press Mari Yamaguchi di Tokyo dan Josh Boak serta Didi Tang di Washington berkontribusi pada laporan ini.