Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bernard Arnault telah menjadi orang terkaya di dunia.  Jadi siapa dia?

Bernard Arnault telah menjadi orang terkaya di dunia. Jadi siapa dia?


London
CNN

Bernard ArnaultKetua Dewan Direksi raksasa barang mewah Prancis LVMH

(LVMHF)
baru saja menjadi orang Eropa pertama yang menduduki puncak daftar orang terkaya di dunia Bloomberg, tertinggal Elon Musk untuk saya Tempat kedua.

Sekarang bernilai $171 miliar, kekayaan Arnault melampaui $164 miliar CEO Tesla pada hari Selasa, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Arnault telah menggulingkan Musk dari daftar teratas Forbes “Miliarder dalam Waktu Nyata” minggu lalu.

Kekayaan bersih Musk telah turun $107 miliar tahun ini, menurut Bloomberg Billionaires Index. Kekayaan Arnault, yang berasal dari saham pengendalinya di LVMH, mengalami penurunan yang lebih sederhana sebesar $7 miliar.

Perbedaan tersebut sebagian disebabkan oleh kinerja saham perusahaan tempat pasangan tersebut memiliki saham. Beli Musk untuk Twitter

(TWTR)
Tidak membantu juga. Namun, dia tidak dalam bahaya jatuh ke bawah daftar: kekayaannya masih lebih besar daripada industrialis India Gautam Adani ($ 125 miliar) dan Amazon.

(AMZN)
Pendiri Jeff Bezos ($116 miliar), peringkat ketiga dan keempat dalam daftar Bloomberg.

sementara tesla

(TSLA)
Harga saham LVMH turun 54% tahun ini Saham LVMH tetap stabil, dibantu oleh penjualan yang kuat di AS dan Eropa. Pasar barang mewah tetap relatif datar tahun ini, bahkan saat inflasi yang meningkat mendorong pembeli yang kurang mampu untuk mengubah kebiasaan belanja mereka. LVMH memiliki kapitalisasi pasar €362,4 miliar ($386 miliar).

Lahir di Roubaix di Prancis utara pada tahun 1949, Arnault lulus dari École Polytechnique yang bergengsi, sebuah sekolah teknik di Paris. Dia memulai karirnya di perusahaan konstruksi milik keluarga, Ferret-Savinel, menjadi Ketua Dewan pada tahun 1978 setelah promosi berturut-turut.

Enam tahun kemudian, dia mengetahui bahwa pemerintah Prancis sedang mencari investor baru untuk mengambil alih Boussac Saint-Freres. Grup tekstil dekaden memiliki aset utama: Christian Dior, Rumah mode Prancis yang terkenal.

READ  Robinhood memotong sekitar 9% karyawan penuh waktu

Arnault membeli kendali grup, mengembalikannya ke profitabilitas dan memulai strategi untuk mengembangkan perusahaan barang mewah terkemuka di dunia. “Dalam prosesnya, dia menghidupkan kembali Christian Dior sebagai landasan organisasi baru,” menurut biografi di situs web LVMH.

Arnault membeli saham pengendali di LVMH pada tahun 1989, dua tahun setelah grup tersebut dibentuk melalui penggabungan Louis Vuitton dan Moët Hennessy. Dia telah menjabat sebagai Chairman dan Chief Executive Officer perusahaan sejak saat itu.

Meskipun namanya mungkin tidak langsung dapat dikenali oleh banyak orang, merek-merek yang berperan penting dalam pertumbuhan Arnault—dari Christian Dior hingga Dom Pérignon—telah menjadi nama rumah tangga.

Selama tiga dekade terakhir, Arnault telah mengubah LVMH menjadi pusat kekuatan barang mewah dengan 75 label yang menjual anggur dan minuman keras, fesyen, barang kulit, wewangian, kosmetik, jam tangan, perhiasan, serta perjalanan mewah dan menginap di hotel. Toko Louis Vuitton pertama di Cina dibuka di Beijing pada tahun 1992.

Pada Januari 2021, grup tersebut menyelesaikan akuisisi $15,8 miliar atas perusahaan perhiasan ikonis Amerika Tiffany & Co., akuisisi terbesar yang pernah ada di industri perhiasan mewah.

Upaya filantropi Arnault terutama dilakukan melalui LVMH, yang memfokuskan sponsornya pada seni dan budaya. Pada tahun 2019, grup Menyumbangkan 200 juta euro ($212 juta) untuk membantu membangun kembali Notre Dame setelah kebakaran hebat terjadi di katedral Paris.

Arnault telah lama memegang gelar orang terkaya di Eropa, tetapi pria berusia 73 tahun itu memiliki profil yang jauh lebih rendah daripada Musk dan tidak aktif secara pribadi di platform media sosial utama mana pun. Pada bulan Oktober, dia memberi tahu Radio Klasik milik LVMH bahwa dia Dia menjual jet pribadinya Karena dia dipermalukan di Twitter karena sering menggunakan pesawat.

READ  Pengiriman Tesla naik pada kuartal yang digambarkan Elon Musk sebagai hal yang sangat sulit

Arnault menikah dengan lima anak, semuanya saat ini bekerja untuk LVMH atau salah satu mereknya, menurut Bloomberg.