Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Batas waktu The Fed untuk menurunkan suku bunga tahun ini lebih dekat dari yang Anda kira: Morning Brief

Batas waktu The Fed untuk menurunkan suku bunga tahun ini lebih dekat dari yang Anda kira: Morning Brief

Ini adalah kesimpulan dari pengarahan pagi hari ini, dan apa yang dapat Anda lakukan berlangganan Diterima di kotak masuk Anda setiap pagi dengan:

Investor yang mengharapkan sejumlah penurunan suku bunga tahun ini belum berjalan sesuai rencana sejauh ini.

Konsensus baru, seketat orang-orang di dalamnya CME Group dapat mengukur hal iniadalah bahwa pemotongan pertama akan dilakukan pada pertemuan The Fed bulan September.

Pekan lalu memberikan bukti lebih lanjut mengenai kenyataan yang menyedihkan: inflasi terus berlanjut. Indeks Harga Konsumen menunjukkan lonjakan harga yang mengejutkan di bulan Maret, naik 3,5% tahun-ke-tahun, mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh pasar saham.

Kini setelah masalah mereda, investor kembali mengubah ekspektasi mereka. Selain pertanyaan “kapan” dan “berapa banyak” pemotongan, pertanyaan “jika” kini juga ditanyakan karena beberapa analis mengatakan kita tidak akan melakukan penurunan suku bunga sama sekali.

Tapi ada kerutan lain di sini.

Kita mungkin memasuki kenyataan di mana The Fed mempunyai batas waktu tidak resmi untuk mengambil tindakan: bulan Juli. Salah satu alasannya adalah berdasarkan data. Yang lainnya adalah semua perasaan.

Berdasarkan data, sederhananya, sebagian besar pembacaan CPI paling keren tahun lalu terjadi pada paruh kedua tahun ini. Poin-poin data ini saat ini membantu menurunkan tingkat inflasi dari tahun ke tahun – misalnya, pertumbuhan yang cukup datar di bulan Oktober. Meskipun jalur inflasi tidak pasti, inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan selama tiga bulan bukanlah tren yang disambut baik. Saat ini, analis di Deutsche Bank memperkirakan pertumbuhan CPI sebesar 0,3% bulan ke bulan di bulan April dan Mei.

Isu kedua lebih pelik namun relevan: Seperti yang Anda dengar, akan ada pemilihan presiden pada bulan November mendatang.

READ  Saham Tesla turun 10% setelah laporan pengiriman

Bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi The Fed untuk melakukan pergerakan suku bunga pada tahun-tahun pemilu – bahkan pada pertemuan terakhir sebelum Hari Pemilu. Pada bulan September 2004, misalnya, bank sentral yang dipimpin oleh Alan Greenspan menaikkan suku bunga sebesar 0,25% sebagai bagian dari kampanye kenaikan suku bunga setelah perekonomian pulih dari resesi gelembung dot-com. Pada bulan Oktober 2008 – dalam pertemuan darurat dan pertemuan terakhir yang dijadwalkan – The Fed di bawah kepemimpinan Ben Bernanke memangkas suku bunga, mungkin karena alasan yang jelas.

Misi The Fed tidak berubah selama 15 hingga 20 tahun terakhir. Kebijakan Amerika telah berhasil.

Tokoh-tokoh penting di kedua partai politik berusaha mendorong The Fed ke arah yang berbeda. Satu sisi adalah Tentu saja lebih tinggi dari yang terakhir.

Namun The Fed yang dipimpin oleh Jerome Powell tidak akan melakukan upaya apa pun untuk memberikan sedikit pun kesan bahwa mereka akan mendukung salah satu kandidat.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara pada konferensi pers usai pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal, Rabu, 2 November 2022, di Washington.  (Foto AP/Patrick Szymanski)

Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara pada konferensi pers usai pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal, Rabu, 2 November 2022, di Washington. (Foto AP/Patrick Szymanski) (Kantor berita)

Rekan kami Ben Werschkull dan Jennifer Schonberger telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam menyoroti tantangan unik yang dihadapi Powell. Dia menghadapi kenyataan di mana calon presiden dari Partai Republik, orang yang pertama kali menunjuknya untuk menjabat, memandangnya sebagai musuh utama. Sementara itu, para pendukung Partai Demokrat, yang selama ini memandang Powell sebagai orang yang memegang kendali, semakin banyak yang berpendapat demikian Ketidaksabaran semakin besar.

Analis Wall Street juga mulai mengatur ulang ekspektasi mereka. Ekonom di Bank of America sekarang memperkirakan satu pemotongan tahun ini pada bulan Desember. Namun mereka mengajukan skenario alternatif, dengan menyatakan bahwa para analis “mungkin meremehkan keinginan dasar komite untuk mulai melakukan pengurangan.” Dampaknya adalah pemotongan pada bulan Juni, diikuti dengan penangguhan jangka panjang.

READ  Suku bunga KPR hari ini 9 Desember 2023

“Banyak orang di The Fed, termasuk Ketua Powell, percaya bahwa kebijakan suku bunga berada dalam wilayah yang membatasi. Memang, sebagian besar aturan kebijakan moneter juga menunjukkan bahwa kebijakan Fed terlalu ketat,” tulis ekonom Bank of England. “Jadi, inti dari komite mungkin masih melihat jalan untuk melakukan pemotongan lebih awal agar kebijakan tersebut tidak terlalu ketat.”

Ini akan memenuhi tenggat waktu bulan Juli.

Gambar singkat pagi hariGambar singkat pagi hari

Gambar singkat pagi hari

Klik di sini untuk berita politik mengenai kebijakan bisnis dan keuangan yang akan membentuk harga saham di masa depan.

Baca berita keuangan dan bisnis terkini dari Yahoo Finance