Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bantuan untuk Israel dan Hamas: Jalur laut baru untuk bantuan Gaza berada di jalur yang benar

Bantuan untuk Israel dan Hamas: Jalur laut baru untuk bantuan Gaza berada di jalur yang benar

WASHINGTON (AP) — Seorang pejabat senior Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada Jumat bahwa Jalur Gaza bagian utara yang terkena dampak paling parah kini berada dalam “kelaparan total” setelah lebih dari enam bulan dibombardir. Perang antara Israel dan Hamas dan pembatasan ketat Israel terhadap pengiriman makanan ke wilayah Palestina.

Cindy McCain, direktur Program Pangan Dunia PBB di AS, menjadi pejabat internasional paling terkemuka sejauh ini yang menyatakan bahwa warga sipil yang terjebak di bagian paling terpencil di Gaza telah berada di ambang kelaparan.

“Ini mengerikan,” kata McCain pada acara “Meet the Press” NBC dalam sebuah wawancara yang disiarkan Minggu. “Ada kelaparan – kelaparan total – di utara, dan kelaparan ini bergerak ke selatan.”

Dia mengatakan bahwa gencatan senjata dan peningkatan aliran bantuan melalui jalur darat dan laut diperlukan untuk menghadapi bencana kemanusiaan yang semakin meningkat di Gaza, yang dihuni oleh 2,3 juta orang.

Belum ada komentar langsung dari Israel, yang mengontrol akses ke Gaza dan mengatakan pihaknya mulai mengizinkan lebih banyak makanan dan bantuan kemanusiaan lainnya melalui penyeberangan darat.

Komite tersebut, yang berfungsi sebagai pemantau krisis pangan yang diakui secara internasional, mengatakan pada bulan Maret bahwa Gaza utara berada di ambang kelaparan dan kemungkinan akan menghadapinya pada bulan Mei. Sejak bulan Maret, Gaza bagian utara belum menerima bantuan apa pun yang diperlukan untuk mencegah kelaparan, kata seorang pejabat kemanusiaan USAID di Gaza kepada The Associated Press. Pembaruan berikutnya pada dewan tidak akan datang hingga musim panas ini.

Pejabat USAID tersebut mengatakan persiapan lapangan untuk rute laut baru yang dipimpin Amerika berada pada jalur yang tepat untuk mendatangkan lebih banyak makanan – termasuk pengobatan bagi ratusan ribu anak yang menderita kelaparan – pada awal atau pertengahan Mei. Saat itulah Angkatan Darat AS diperkirakan akan menyelesaikan pembangunannya Dermaga terapung Untuk menerima kiriman.

READ  Jake Sullivan bertemu Yang Jiechi di Luksemburg, membuka jalan bagi kemungkinan pertemuan antara Biden dan Xi

Pejabat USAID tersebut mengatakan peningkatan pengiriman bantuan melalui jalur laut yang direncanakan didukung AS akan dilakukan secara bertahap seiring dengan uji coba kelompok bantuan terhadap distribusi dan pengaturan keamanan bagi pekerja bantuan.

Pejabat tersebut berbicara tanpa mau disebutkan namanya, dengan alasan kekhawatiran keamanan terkait dengan pekerjaan pejabat tersebut dalam menangani konflik. Ini adalah beberapa komentar pertama badan tersebut mengenai persiapan pemerintahan Biden Proyek Dermaga Gaza senilai $320 jutaUSAID membantu mengoordinasikan keamanan dan distribusi di lapangan.

Di sebuah pabrik di pedesaan Georgia pada hari Jumat, Administrator USAID Samantha Power menunjuk pada krisis pangan di Gaza dan bagian lain dunia ketika dia mengumumkan investasi $200 juta yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pasta makanan darurat untuk anak-anak kelaparan di bawah usia Kelima. .

Power berbicara kepada para pekerja pabrik, petani kacang tanah, dan pejabat setempat yang duduk di antara palet adonan di organisasi nirlaba Mana di Fitzgerald. Ini adalah salah satu dari dua produsen di Amerika Serikat yang memproduksi makanan bergizi ini, yang digunakan dalam pengaturan klinis, dan terbuat dari kacang tanah, susu bubuk, gula dan minyak, dan siap disantap dalam kantong plastik yang menyerupai wadah kecap besar. .

“Upaya dan visi ini sejalan dengan momennya,” kata Power. “Ini sangat tepat waktu, lebih penting, atau lebih penting.”

Di bawah tekanan dari Amerika Serikat dan negara-negara lain, para pejabat Israel dalam beberapa pekan terakhir mulai perlahan membuka kembali beberapa penyeberangan perbatasan untuk pengiriman bantuan.

Namun bantuan yang datang melalui jalur laut, setelah beroperasi, hanya akan melayani sebagian kecil – setengah juta orang – dari warga Gaza yang membutuhkan bantuan. Organisasi bantuan, termasuk Badan Pembangunan Internasional AS, menekankan bahwa mendapatkan lebih banyak bantuan melalui penyeberangan perbatasan sangat penting untuk mencegah kelaparan.

READ  Dana ESG mengalami penurunan karena investor mundur

Anak-anak balita termasuk yang pertama meninggal ketika perang, kekeringan atau bencana lainnya mengurangi pasokan makanan. Pejabat di Rumah Sakit Gaza Utara Mereka melaporkan kematian pertamanya karena kelaparan pada awal Maret, dan mengatakan sebagian besar korban tewas adalah anak-anak.

Power mengatakan bahwa PBB meminta 400 metrik ton pasta “mengingat kelaparan parah yang menyebar di seluruh Gaza saat ini, dan krisis kemanusiaan yang sangat parah.” Dia menambahkan bahwa Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat memperkirakan akan menyediakan seperempat dari jumlah tersebut.

Secara global, di pabrik di Georgia, pengobatan yang dilakukan di sana “akan menyelamatkan banyak nyawa, jutaan nyawa,” katanya.

USAID berkoordinasi dengan Program Pangan Dunia, mitra kemanusiaan lainnya, dan pemerintah mengenai masalah ini Keamanan dan distribusi untuk proyek dermagaSementara pasukan militer AS selesai membangunnya. Presiden Joe Biden, yang berada di bawah tekanan untuk berbuat lebih banyak guna meringankan bencana kemanusiaan di Gaza ketika Amerika Serikat memberikan dukungan militer kepada Israel, mengumumkan proyek tersebut pada awal Maret.

Komando Pusat AS mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa perakitan angkatan laut di dermaga apung untuk sementara dihentikan karena angin kencang dan gelombang laut, sehingga menyebabkan kondisi tidak aman bagi tentara. Dermaga yang dibangun sebagian dan kapal militer yang berpartisipasi menuju ke pelabuhan Ashdod di Israel, tempat pekerjaan akan dilanjutkan.

Seorang pejabat AS mengatakan laut lepas akan menunda pemasangan selama beberapa hari, mungkin hingga akhir minggu depan. Pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas rincian operasi tersebut, mengatakan jeda tersebut dapat berlangsung lebih lama jika cuaca buruk terus berlanjut karena personel militer dan penyelam harus turun ke perairan untuk instalasi terakhir.

Kesulitan yang dihadapi minggu ini selama pengiriman bantuan awal melalui koridor darat yang baru dibuka kembali ke Gaza utara telah menyoroti ketidakpastian mengenai situasi keamanan dan bahaya yang masih dihadapi para pekerja bantuan. Pemukim Israel mencegat konvoi tersebut sebelum menyeberang pada hari Rabu. Begitu konvoi tersebut memasuki Gaza, konvoi tersebut ditangkap oleh pejuang Hamas, sebelum pejabat PBB merebutnya kembali.

READ  Menteri luar negeri Lithuania menyerukan pemakzulan Putin, mengharapkan pemimpin Rusia menjadi lebih tidak stabil saat kerugian meningkat

Di Gaza, terdapat kebutuhan mendesak akan perawatan gizi bagi anak-anak yang menderita kelaparan di bagian utara wilayah Palestina. Warga sipil telah terputus dari sebagian besar pasokan bantuan, dibom oleh serangan udara Israel dan terpaksa bersembunyi akibat pertempuran tersebut.

Pejabat USAID mengatakan bahwa tingkat kekurangan gizi akut di kalangan anak-anak di bawah usia lima tahun meningkat dari 1% sebelum perang menjadi 30% lima bulan kemudian. Pejabat tersebut menggambarkan kenaikan angka kelaparan ini sebagai yang tercepat dalam sejarah modern, melebihi apa yang terjadi pada konflik serius dan kekurangan pangan di Somalia atau Sudan Selatan.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa salah satu dari sedikit fasilitas medis yang masih berfungsi di Gaza utara, Rumah Sakit Kamal Adwan, dikepung oleh para orang tua yang membawa ribuan anak-anak yang kekurangan gizi untuk mendapatkan perawatan. Para pejabat pemberi bantuan percaya bahwa banyak anak-anak yang menderita kelaparan masih tidak terlihat dan membutuhkan bantuan, sehingga keluarga mereka tidak mampu membawa mereka melalui pertempuran dan pos pemeriksaan untuk mengakses layanan kesehatan.

Pejabat tersebut mengatakan menyelamatkan anak-anak yang menderita kekurangan gizi akut memerlukan peningkatan pengiriman bantuan yang signifikan dan penghentian pertempuran yang berkelanjutan, sehingga pekerja bantuan dapat mendirikan fasilitas perawatan di seluruh wilayah dan keluarga dapat dengan aman membawa anak-anak untuk menerima perawatan yang sedang berlangsung. diperlukan.

___

Bynum melaporkan dari Fitzgerald, Georgia. Penulis Associated Press Lolita C. Baldur di Washington dan Edith M. Lederer di PBB.