September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penjara akan keras bagi mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak: Anwar Ibrahim

Penjara akan keras bagi mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak: Anwar Ibrahim

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan penjara akan sangat kontras dengan gaya hidup bintang tujuh mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak ketika Malaysia mulai menemukan “penutupan” skandal yang telah mengguncang negara itu selama bertahun-tahun.

Najib, yang dituduh menggelapkan miliaran dolar dari dana kekayaan negara Malaysia 1MDB, kehilangan banding atas hukuman penjaranya pada Senin..

Pengadilan tertinggi Malaysia pada hari Selasa menguatkan hukuman 12 tahun, yang dimulai di Penjara Kajang, selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur.

“Saya pikir ini adalah awal yang baik. Ini reformasi dan Malaysia semakin matang sebagai demokrasi yang dinamis dengan institusi yang kuat,” kata Anwar kepada CNBC.Squawk Box Asia” Selasa.

‚ÄúPemimpin politik dan elit politik yang terus berebut tanpa mereka [sic] impunitas, mereka pikir mereka tak terkalahkan dan di atas hukum, [but] Sekarang, katanya, pesannya sangat jelas. Kredit harus diberikan kepada ‘Rakyat’ [the people]yang memutuskan, dan karena itu kita harus melanjutkan.”

Rort mengacu pada tindakan atau skema curang atau tidak jujur.

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak tiba di Pengadilan Federal di Putrajaya pada 15 Agustus 2022. Pengadilan tertinggi negara itu menguatkan hukuman penjara 12 tahun, yang dimulai di Penjara Kajang, selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, pada hari Selasa.

Muhammad Rasfan | aplikasi | Gambar Getty

Dia mendesak warga Malaysia untuk memilih yang “tidak fana”. Pemimpin ketika mereka pergi ke tempat pemungutan suara lain kali. Malaysia harus mengadakan pemilihan pada September 2023.

Najib berada di pusat skandal – dijuluki sebagai kasus perampokan terbesar di dunia – bersama dengan tersangka dalang penipuan pengusaha Malaysia Joe Low dan bankir Goldman Sachs.

READ  Izyum: Ukraina mengatakan beberapa mayat ditemukan di kuburan massal beruang "tanda penyiksaan"

Diduga sekitar $700 juta telah ditransfer ke rekening Najib, dan kerugian dari 1MDB dikatakan telah melebihi $4 miliar. Najib terus menyangkal melakukan kesalahan.

Anwar sendiri menjadi pusat dari berbagai kontroversi politik. Dia adalah wakil perdana menteri negara itu pada 1990-an dan secara kontroversial dipecat oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad sebelum dia dipenjara atas tuduhan sodomi dan korupsi.

Keyakinannya dibatalkan dan dia dibebaskan pada 2004. Dia dipenjara lagi karena sodomi pada 2014 sebelum diberikan pengampunan kerajaan pada 2018 dan dibebaskan.

Anwar mengatakan Najib akan menikmati kondisi penjara yang lebih baik daripada pada 1990-an ketika dia ditolak buku atau kunjungan keluarga, tetapi penjara akan sulit bagi mantan perdana menteri, orang pertama yang dipenjara di negara itu.

“Dari apa yang saya pahami dari rekan lama saya, petugas penjara, dia akan diperlakukan agak lebih baik, dan akan diberikan beberapa akomodasi,” katanya kepada CNBC.

“Tapi tetap saja, penjara bukanlah tempat tidur mawar, itu sulit, terutama dibandingkan dengan gaya hidupnya saat ini di hotel bintang tujuh, Anda harus mengalami sesuatu yang sulit dan sulit.”

Najeeb dan istrinya, Rosma Mansour, dituding menjalani gaya hidup mewah di 1MDB. Sidang pengadilan mengungkapkan bahwa mereka telah menghabiskan ribuan dolar untuk hotel dan perhiasan mahal.

Anwar mengatakan setiap upaya Najib untuk menantang hukumannya melalui peninjauan lebih lanjut akan sulit, merujuk pada upayanya yang gagal sebelumnya.

Anwar menambahkan bahwa Najib juga bisa mencoba untuk mendapatkan pengampunan dari raja Malaysia, tetapi mengingat besarnya keuangan skandal 1MDB, jalannya bisa jadi sulit.

Ditanya apakah dia harus menghadapi orang lain dalam kasus ini, seperti pengusaha Lu dan istri Najib Rosma, Anwar mengatakan penting bagi pihak berwenang Malaysia untuk terus mencari keadilan dalam skandal ini, termasuk pengembalian dana yang dicuri dari kas publik.

READ  PM Moldova mengatakan Rusia 'sangat prihatin' tentang kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina

Pada tahun 2018, polisi Malaysia menggerebek rumah Najib dan Rosma sebagai bagian dari penyelidikan 1MDB dan menemukan 284 kotak berisi tas tangan mewah dan 72 tas berisi perhiasan, uang tunai, jam tangan, dan barang berharga lainnya.

Anwar juga mengatakan bahwa kecil kemungkinan Najib akan mampu menggalang dukungan atau mempengaruhi hasil pemilu mendatang di balik jeruji besi.

Anwar mengatakan mereka yang mendukungnya sejauh ini – seperti yang terlihat di pengadilan pada hari Senin – selama penampilannya di pengadilan sebagian besar berasal dari daerah pemilihannya.