Juli 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bandara Sam Ratulangi di Indonesia ditutup sementara setelah letusan gunung berapi-Xinhua

Sitaro menunjukkan material vulkanik dan asap dari Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Indonesia pada 17 April 2024.

JAKARTA, 19 April (Xinhua) — Bandara Sam Ratulangi di Sulawesi Utara ditutup sementara pada Kamis, menyusul letusan gunung berapi Ruang, yang memaksa ratusan orang dievakuasi.

Penutupan tersebut berdampak pada 33 penerbangan dan 3.182 penumpang, kata Risa Fahmi, Direktur Operasi AirNav Indonesia.

Fahmy mengatakan, otoritas sedang memantau kondisi saat ini untuk memastikan penerbangan aman.

Pusat Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi (PVMBG) menyatakan tingkat bahaya Gunung Ruong dinaikkan ke kategori tertinggi sejak Rabu malam seiring aktivitas vulkanik yang terus meningkat.

Dengan suara gemuruh dan getaran, gunung berapi tersebut kembali meletus pada hari Rabu pukul 21:15 waktu setempat, memuntahkan abu hingga ketinggian 3.000 meter pada puncaknya.

Lebih dari 800 warga terpaksa mengungsi setelah hujan abu bercampur batu dan kerikil mencapai rumah warga. Pihak berwenang telah mengirimkan perahu dan kapal untuk mengevakuasi penduduk pulau pegunungan tersebut.

Status tanggap darurat ditetapkan setidaknya pada 29 April 2024.

PVMBG mengimbau agar masyarakat memakai masker, menghindari berjalan kaki dalam radius 6 km dari kawah, dan mewaspadai gelombang tsunami karena tubuh gunung berapi berisiko jatuh ke laut.

READ  Para pecinta mie khawatir dengan kenaikan harga, Indonesia melirik jagung sebagai pengganti gandum