Mei 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bagaimana inflasi mempengaruhi biaya perayaan Hari Valentine?

Bagaimana inflasi mempengaruhi biaya perayaan Hari Valentine?

Dengan harga melonjak ke tingkat bersejarah, Hari Valentine kemungkinan akan dikenakan biaya lebih banyak tahun ini. Tetapi jika Anda ingin menikmati malam yang romantis, tagihannya mungkin tidak seburuk yang Anda pikirkan.

Menurut data dari LPL Financial, meskipun tingkat inflasi tinggi selama beberapa dekade, liburan tetap “relatif masuk akal,” dibandingkan dengan inflasi dalam ekonomi yang lebih luas. Indeks Hari Valentine perusahaan, yang melacak harga tahunan untuk empat cara merayakan — perhiasan, malam masuk, keluar malam, dan liburan liburan — mencapai 7%, mendekati Tingkat inflasi indeks harga konsumen adalah 7,5%..

Tetapi di bawah permukaan, beberapa komponen indeks harganya jauh lebih murah dan mungkin menjadi pilihan yang lebih baik tahun ini, untuk menghindari kerugian. Biaya menginap semalam (makanan rumahan, anggur, bunga, dan makanan penutup) dan malam (makan malam di restoran, pengasuh, tiket teater) masing-masing naik 4,0% dan 4,7%, lebih rendah dari inflasi yang lebih luas. indeks.

“Untungnya, inflasi tidak mempengaruhi Hari Valentine sebanyak yang telah memukul perekonomian secara umum,” Ryan Dettrick, analis pasar senior di LPL, mengatakan dalam sebuah catatan.

Menurut data dari LPL Financial, meskipun tingkat inflasi tinggi selama beberapa dekade, liburan tetap “relatif masuk akal” dibandingkan dengan inflasi di ekonomi yang lebih luas.

Sementara harga makanan penutup, makanan rumahan, dan bunga sebagian besar sejalan dengan inflasi utama, segelas anggur tidak mengalami kenaikan harga sama sekali. LPL Financial telah mengkonfirmasi bahwa Biro Statistik Tenaga Kerja secara khusus melacak harga anggur untuk konsumsi rumah.

Item menu untuk porsi rumahan pada malam hari dapat sedikit menaikkan tagihan, karena daging, unggas, ikan, dan telur telah meningkat sekitar 12% pada tahun 2021. Harga buah dan sayuran naik 5% tahun lalu, sedangkan harga buah dan sayuran naik 5% tahun lalu. kenaikan harga makanan penutup sedikit lebih rendah di 2%.

READ  Rotasi kapal tanker raksasa mengungkapkan tekanan di pasar minyak Rusia
Dekorasi berbentuk hati dan pasangan duduk di meja di restoran, sehari sebelum Hari Valentine, di Krakow, Polandia pada 13 Februari 2022 (Foto oleh Jacob Borzeki/Noor Foto via Getty Images)

Hari Valentine: Dekorasi berbentuk hati dan pasangan yang duduk di meja terlihat di restoran di Krakow, Polandia pada 13 Februari 2022 (Foto oleh Jacob Borzeki/Noor Foto dari Getty Images)

Merayakan liburan mungkin bukan cara yang paling hemat biaya untuk memberi tahu orang lain yang Anda cintai tahun ini. Dalam datanya, LPL menunjukkan bahwa komponen tersebut berada di 11,9% tahun-ke-tahun, lompatan penting di atas indikator inflasi yang lebih luas. Sementara itu, harga perhiasan mengalami kenaikan pada tahun 2020 dan 2021 jika digabungkan, sebesar 4,1% per tahun, menurut data LPL.

Meskipun beberapa komponen Hari Valentine masih di bawah inflasi utama, masing-masing komponen masih berada pada level tertinggi 10 tahun, catat Dietrick. Indeks Harga Konsumen (IHK) Departemen Tenaga Kerja, yang mencatat kenaikan 7,5% lebih besar dari perkiraan pada tahun ini hingga Januari, mencatat lompatan tahunan terbesar sejak 1982.

Untuk menambah ini, CPI membukukan kenaikan tak terduga 0,6% dari bulan ke bulan, sementara para ekonom memperkirakan pencetakan akan melambat.

Federasi Ritel Nasional memperkirakannya Pengeluaran Hari Valentine diperkirakan akan mencapai $23,9 miliar Tahun ini, naik dari $21,8 miliar pada tahun 2021 dan tahun tertinggi kedua yang pernah ada, menurut survei tahunannya.

Dan dilihat dari metriknya, uang itu bisa turun banyak di tengah kenaikan inflasi.

“Dalam gambaran besar, Hari Valentine adalah liburan anggaran utama karena menghabiskan waktu bersama adalah segalanya,” kata Dietrick. “Inflasi tidak bisa disentuh.”

Alexandra Semenova adalah reporter untuk Yahoo Finance. Ikuti dia di Twitter penyematan tweet

Baca berita keuangan dan bisnis terbaru dari Yahoo Finance

Ikuti Yahoo Finance di IndonesiaDan InstagramDan YoutubeDan Situs jejaring sosial FacebookDan Papan flipDan LinkedIn