Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Badai Tropis Julia muncul di atas Samudra Pasifik setelah Nikaragua, tidak ada kematian yang dilaporkan

Badai Tropis Julia muncul di atas Samudra Pasifik setelah Nikaragua, tidak ada kematian yang dilaporkan

Badai Tropis Julia muncul di bagian timur Samudra Pasifik pada Minggu malam setelah hujan dan angin melanda Nikaragua, merusak ratusan rumah tetapi tidak menimbulkan korban, kata pejabat pemerintah.

Badai itu mendarat di pantai Karibia Nikaragua Minggu pagi dekat Laguna de Perlas dan pada pukul 6 sore waktu setempat (0000 GMT) memiliki pusat gempa di atas Samudra Pasifik sekitar 135 mil (220 kilometer) tenggara ibu kota El Salvador, topan. Nasional. Pusat (NHC) mengatakan.

Diperkirakan akan bergerak ke utara di sepanjang pantai Honduras, El Salvador dan Guatemala pada hari Minggu dan Senin, menurut Komisi Teknik Nasional.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Wakil Presiden Rosario Murillo mengatakan bahwa sekitar satu juta penduduk wilayah pesisir Nikaragua telah terputus dari listrik dan Internet karena putusnya saluran serta keputusan pemerintah untuk memutus aliran listrik untuk alasan keamanan.

Sistem Bencana Nasional Nikaragua mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Minggu bahwa seluruh negara dalam “siaga tinggi,” setelah hujan lebat menyebabkan banjir di beberapa sungai.

Guillermo Gonzalez, direktur sistem bencana Nikaragua, mengatakan pada konferensi pers bahwa Julia tidak menyebabkan kematian di negara itu, tetapi lebih dari 13.000 keluarga telah dievakuasi, lebih dari 800 rumah terendam air dan banyak atap rusak.

“Ini belum berakhir,” kata Gonzalez.

Komite Nasional Penanggulangan Terorisme terus memperingatkan “risiko banjir dan tanah longsor yang mengancam jiwa di seluruh Amerika Tengah dan Meksiko selatan” hingga Selasa.

READ  Penjara akan keras bagi mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak: Anwar Ibrahim

Presiden Kolombia Gustavo Petro mengatakan di media sosial Minggu pagi bahwa Julia telah meninggalkan “kerusakan kecil” di pulau San Andres dan Providencia di Kolombia di lepas pantai Nikaragua.

Di San Andrés, angin kencang menyebabkan atap seng ditarik dari atap seng, menurut kapten polisi Octavio Gutierrez. Pada hari Minggu, jalan-jalan terdengar dengan suara gergaji portabel yang digunakan oleh polisi dan penduduk setempat untuk memindahkan tunggul dan cabang yang jatuh.

Di daerah berisiko tinggi di Honduras, pihak berwenang menyatakan siaga merah dan meminta penduduk untuk mengungsi. Minggu pagi, orang-orang Salvador berdoa di alun-alun kota setelah Presiden El Salvador Neb Bokel menyatakan hari itu sebagai “hari doa nasional”, menyerukan warga untuk “berkumpul untuk berdoa dan mencari perlindungan Tuhan.”

Saat Julia bergerak ke utara, Presiden Guatemala Alejandro Giamatti mengatakan pada konferensi pers Minggu malam bahwa badai telah menyebabkan tiga banjir dan satu jembatan runtuh.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Jackie Potts dan Ida Bellaraja Fernandez di Mexico City Pelaporan tambahan oleh Luis Echeverria dan Enrique Garcia di Guatemala City, Gustavo Valencia di Tegucigalpa, Herbert Villaraga dan Nina Lopez di San Andrés; Ditulis oleh Frances Kerry. Diedit oleh Barbara Lewis, Matthew Lewis, dan Anna Nicolassi da Costa

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.