Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Badai Beryl: Bandara ditutup dan penduduk Karibia didesak untuk berlindung

Badai Beryl: Bandara ditutup dan penduduk Karibia didesak untuk berlindung

Sumber gambar, Gambar Getty

Bandara dan tempat usaha telah ditutup dan penduduk di seluruh Karibia didesak untuk mencari perlindungan ketika badai yang berpotensi menghancurkan mendekati wilayah tersebut.

Badai Beryl, yang kembali menguat dalam beberapa jam terakhir, memicu peringatan akan adanya angin yang mengancam jiwa dan badai berbahaya.

Peringatan badai berlaku di Barbados, Grenada, Saint Vincent, Grenadines, dan Tobago.

Lusinan penerbangan dibatalkan di seluruh wilayah ketika Beryl mendekat pada Minggu malam, sementara para pemimpin mendesak masyarakat untuk memperhatikan peringatan.

  • pengarang, Vanessa Buchschlutter
  • Peran, berita BBC

“Ini bukan lelucon,” kata Perdana Menteri Saint Vincent dan Grenadines Ralph Gonsalves, mengingatkan masyarakat akan kehancuran yang diakibatkan oleh badai sebelumnya di Karibia.

Dalam pidato nasional yang disampaikan dari kediaman resminya, Gonsalves mengatakan dia mencari perlindungan di ruang bawah tanahnya.

“Atapnya, dan yang pasti bagian lamanya, mungkin tidak tahan terhadap angin dengan kecepatan hingga 150 mil per jam (241 kilometer per jam). Saya sedang bersiap-siap untuk turun ke bawah,” ujarnya.

Kekuatan Beryl berubah-ubah.

Badai tersebut ditingkatkan menjadi Kategori 4 pada hari Senin setelah melemah sedikit sebelumnya.

Pusat Badai Nasional mengatakan fluktuasi kekuatan kemungkinan akan terus berlanjut namun memperingatkan bahwa sebagian wilayah Kepulauan Windward harus bersiap menghadapi “kerusakan akibat angin yang berpotensi menimbulkan bencana besar.”

Dikatakan bahwa Saint Vincent dan Grenadines serta Grenada adalah wilayah yang paling berisiko mengalami kerusakan.

Tempat perlindungan badai dibuka pada pukul 18:00 waktu setempat (22:00 GMT) pada hari Minggu.

“Kita perlu bersiap. Anda dan saya tahu bahwa ketika hal seperti ini terjadi, yang terbaik adalah merencanakan kemungkinan terburuk dan berdoa untuk yang terbaik,” ujarnya.

“Jangan lengah,” tambahnya.

Ahli meteorologi mengatakan badai sebesar ini tidak biasa terjadi pada awal tahun.

“Hanya lima badai besar (Kategori 3+) yang tercatat di Atlantik sebelum minggu pertama bulan Juli,” pakar badai Michael Lowrey memposting di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Beryl kemungkinan besar adalah yang keenam dan tertua di timur jauh Atlantik tropis,” tulis Mr. Lowry.

Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) telah memperingatkan bahwa wilayah Atlantik Utara bisa dilanda tujuh badai besar tahun ini – dibandingkan dengan rata-rata tiga badai per musim.

Rekor suhu permukaan laut yang tinggi juga menjadi salah satu penyebabnya, katanya.

keterangan video, Badai Beryl menghantam Laut Karibia bagian tenggara

Ahli meteorologi juga memperhatikan betapa cepatnya beryl berkembang.

Pakar badai Sam Lillo mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa badai tersebut berubah dari depresi tropis menjadi badai besar – Kategori 3 atau lebih tinggi – hanya dalam 42 jam.

Sebagian besar wilayah di kawasan ini menanggapi peringatan ini.

Toko-toko tutup dan orang-orang menimbun bahan bakar dan bahan makanan.

Grenada mengumumkan keadaan darurat dan Saint Lucia memberlakukan “lockdown nasional”, memerintahkan sekolah-sekolah dan tempat-tempat usaha tetap tutup.