Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Badai Beryl menghancurkan Grenada: “Dalam setengah jam, Carriacou rata dengan tanah”

Badai Beryl menghancurkan Grenada: “Dalam setengah jam, Carriacou rata dengan tanah”



CNN

Badai Beryl melanda Kepulauan Windward pada hari Senin sebagai badai Kategori 4 yang sangat berbahaya, membawa angin dahsyat, hujan lebat, dan gelombang badai yang mengancam jiwa.

Badai Beryl menghantam tepat setelah pukul 11:00 EDT di Pulau Carriacou Grenada di Laut Karibia dengan kecepatan angin maksimum 150 mph. Ini adalah badai terkuat yang diketahui melewati Grenadines, menurut data National Oceanic and Atmospheric Administration sejak tahun 1851.

“Ada laporan luas mengenai kehancuran dan kehancuran di Carriacou dan Petite-Martinique. Dalam waktu setengah jam, Carriacou rata dengan tanah,” kata Perdana Menteri Grenada Deacon Mitchell dalam jumpa pers pada hari Senin.

Mitchell mengatakan belum ada laporan mengenai kematian atau cedera, namun dia memperingatkan bahwa hal ini bisa berubah.

Ia berkata, “Kita harus menyadari betapa dahsyat dan dahsyatnya badai ini, jadi kita belum bisa keluar dari masalah ini. Kita tidak bisa mengatakan dengan pasti bahwa tidak ada yang terluka atau tidak ada korban jiwa akibat badai tersebut. .”

Badai tersebut menyebabkan pemadaman listrik di seluruh rangkaian pulau. Nyla K berkata: Etienne, sekretaris pers Kantor Perdana Menteri, mengatakan kepada CNN pada hari Senin bahwa sekitar 95% pulau Grenada kehilangan aliran listrik karena Badai Beryl. Etienne menjelaskan bahwa komunikasi di seluruh Grenada terputus, dan beberapa orang kehilangan layanan Internet.

Semua sekolah dan tempat usaha ditutup, termasuk bandara, kata sekretaris tersebut, seraya menambahkan bahwa hanya rumah sakit dan pasukan kepolisian nasional yang saat ini beroperasi. Bandara melaporkan kecepatan angin berkelanjutan 92 mph dan hembusan 121 mph pada Senin sore, menurut National Hurricane Center.

Tonton konten interaktif ini di CNN.com

Kedatangan Beryl menandai awal yang sangat awal dari musim badai Atlantik. Pada hari Minggu, badai tersebut menjadi badai Kategori 4 pertama di Atlantik dan satu-satunya badai Kategori 4 di bulan Juni. Air laut yang sangat hangat Peristiwa yang menyebabkan penguatan Beryl yang mengkhawatirkan merupakan indikasi jelas bahwa musim badai ini akan jauh dari kondisi normal mengingat pemanasan global yang disebabkan oleh polusi bahan bakar fosil.

Badai Brill memecahkan rekor pada bulan Juni karena suhu lautan saat ini sama hangatnya dengan biasanya pada puncak musim badai, kata Jim Kossin, pakar badai dan penasihat sains di lembaga nirlaba First Street Foundation.

“Badai tidak tahu kita sedang berada di bulan apa, mereka hanya tahu lingkungan di sekitar mereka,” kata Kossin kepada CNN. “Beryl memecahkan rekor untuk bulan Juni karena menurutnya kita berada di bulan September.”

READ  Walikota Kyiv mengkonfirmasi bahwa serangan rudal terjadi di kota

Panas laut yang memicu kekuatan Beryl yang belum pernah terjadi sebelumnya “tentu saja memiliki jejak manusia di dalamnya,” tambah Kosen.

Beryl adalah badai yang berbahaya: Badai itu terletak 60 mil barat-barat laut Pulau Carriacou, bagian dari Grenada, dan memiliki kecepatan angin 150 mph dan bergerak ke barat-barat laut dengan kecepatan 32 mph pada Senin sore. Angin kencang Beryl meluas sekitar 40 mil dari pusat sementara angin badai tropis meluas sekitar 125 mil.

Badai dan banjir yang mengancam jiwa: Pusat Badai Nasional untuk berhati-hati “Gelombang badai yang mengancam jiwa akan menaikkan permukaan air hingga 6 hingga 9 kaki di atas permukaan air pasang normal di zona angin pesisir dekat tempat mata badai mendarat di wilayah peringatan badai.” Pusat tersebut juga mencatat bahwa gelombang besar yang disebabkan oleh badai akan terus berlanjut di Kepulauan Windward dan Leeward selatan selama dua hari ke depan. Gelombang besar juga diperkirakan akan mencapai pantai selatan Puerto Riko dan Hispaniola malam ini hingga Selasa. Gelombang ini diperkirakan akan menciptakan ombak yang mengancam jiwa dan merusak kondisi saat ini.

• Peringatan badai: Peringatan ini berlaku untuk Saint Vincent, Grenadines dan Grenada. Peringatan badai berlaku di Jamaika. Peringatan badai tropis berlaku di Martinik dan Saint Lucia. Peringatan badai tropis berlaku di pantai selatan Republik Dominika dari barat Punta Palenque hingga perbatasan dengan Haiti, dan pantai selatan Haiti dari perbatasan dengan Republik Dominika hingga Anse de Hainaut.

Ratusan orang dievakuasi: Lebih dari 400 orang ditampung di tempat perlindungan badai di seluruh Barbados pada Minggu malam, kepala petugas tempat penampungan Barbados, Ramona Archer-Bradshaw, mengatakan kepada afiliasi CNN, CBC News.

Ricardo Mazalan/Pers Terkait

Badai Beryl membanjiri jalan di Hastings, Barbados, pada hari Senin.

Ricardo Mazalan/Pers Terkait

Ombak menghantam pohon palem saat Badai Beryl melanda Hastings, Barbados, pada hari Senin.

Keadaan darurat di Grenada: Keadaan darurat yang diumumkan oleh Gubernur Jenderal Grenada Cécile La Grenade pada Minggu malam akan tetap berlaku hingga Selasa pagi. Semua bisnis tutup kecuali kepolisian, rumah sakit, penjara, tempat pembuangan sampah, dan pelabuhan.

Bandara yang masih tutup: Bandara di Barbados, Grenada dan Saint Lucia ditutup pada Minggu malam ketika badai mendekat. Juru bicara bandara mengatakan Bandara Internasional Maurice Bishop di Grenada diperkirakan akan dibuka kembali pada Selasa pagi. Bandara Internasional Grantley Adams di Barbados, Bandara Internasional Hewanorra dan Bandara George Charles di Saint Lucia juga telah menghentikan operasinya.

READ  Rusia melepaskan langkah selanjutnya dalam tindakan keras terhadap Ukraina

Penggemar Piala Dunia Kriket terjebak: Barbados masih menjadi tuan rumah bagi penggemar kriket dari seluruh dunia yang telah melakukan perjalanan ke pulau itu untuk menghadiri Piala Dunia T20, beberapa di antaranya dijadwalkan berangkat paling cepat Senin atau Selasa, kata Perdana Menteri Barbados Mia Amor Mottley. “Beberapa dari mereka belum pernah terkena angin topan atau badai sebelumnya,” tambahnya, mengimbau warga untuk memberikan dukungan kepada pengunjung, jika memungkinkan.

Pendaratan Beryl masih jauh dari akhir ceritanya, dan jalur jangka panjangnya masih belum pasti.

Badai tersebut diperkirakan akan bergerak secara umum ke arah barat atau barat laut di atas Laut Karibia hingga Kamis, dan diperkirakan akan tetap menjadi badai besar – Kategori 3 atau lebih kuat – hingga pertengahan minggu sebelum kehilangan sedikit kekuatannya.

Namun, badai tersebut akan tetap besar, dengan angin kencang, hujan lebat, dan gelombang besar yang meluas melampaui pusatnya hingga sebagian besar Karibia. Pusat Beryl mungkin melintas di selatan Jamaika pada hari Rabu dan membawa dampak yang lebih parah ke negara tersebut meskipun tidak mencapai wilayah tersebut.

Cuaca CNN

Setiap baris mewakili model berbeda yang memprediksi jalur yang mungkin diambil Beryl selama akhir pekan. Area di antara garis menunjukkan besarnya ketidakpastian pada jalur Beryl – semakin besar areanya, semakin besar pula ketidakpastiannya. Jalurnya menjadi semakin tidak pasti setelah mendarat di Yucatán.

Beberapa hari kemungkinan akan berlalu antara kedatangan pertama Beryl di Kepulauan Windward pada hari Senin dan kemungkinan kedatangan berikutnya di atau sekitar Semenanjung Yucatan, Meksiko sekitar Jumat pagi.

Apa yang terjadi setelah Beryl mendarat lagi akan menentukan apakah badai tersebut mampu mencapai Teluk Meksiko pada akhir pekan. Jika Beryl berhasil bertahan dalam perjalanannya melintasi daratan dan mencapai perairan hangat di Teluk Meksiko, hal ini dapat menimbulkan masalah bagi Meksiko bagian timur laut atau mungkin Pantai Teluk AS.

Musim ini sudah dimulai dengan awal yang sibuk karena badai kedua – Badai Tropis Chris – menghantam dekat Tuxpan, Meksiko di lepas Pantai Teluk pada Senin pagi.

READ  Rusia dan Tiongkok memveto dorongan AS untuk mengambil tindakan di PBB terhadap Israel dan Gaza

Badai Beryl menandai awal musim badai yang mengkhawatirkan dan para ahli meteorologi telah memperingatkan bahwa badai tersebut akan bersifat hiperaktif – dan aktivitas badai Beryl yang memecahkan rekor mungkin merupakan pertanda dari apa yang akan terjadi.

Beryl adalah badai besar tertua – yang didefinisikan sebagai badai Kategori 3 atau lebih tinggi – di Samudra Atlantik dalam 58 tahun. Intensifikasi badai yang cepat sangat tidak biasa pada awal musim badai, menurut Direktur Pusat Badai Nasional Mike Brennan. Sistem tropis jarang terbentuk di Atlantik tengah timur Antillen Kecil pada bulan Juni, terutama sistem kuat, karena hanya sedikit sistem tropis yang pernah terbentuk. Menurut catatan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Badai ini tidak hanya terjadi di awal musim, tetapi kini menjadi badai besar tertua ketiga di Atlantik. Badai pertama adalah Badai Alma pada tanggal 8 Juni 1966, disusul oleh Badai Audrey yang mencapai status badai besar pada tanggal 27 Juni 1957.

Badai Beryl juga memecahkan rekor badai paling timur yang terbentuk di Atlantik tropis pada bulan Juni, mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat pada tahun 1933.

Atlantik bagian tengah dan timur biasanya menjadi lebih aktif pada bulan Agustus, sebagian karena suhu laut mempunyai waktu untuk meningkat dan memberi nutrisi pada sistem yang sedang berkembang.

Namun tahun ini Cekungan Atlantik mengalami suhu air di atas normal dan tidak adanya pergeseran angin akibat transisi dari El Niño ke La Niña, yang keduanya memicu pembangunan di wilayah tropis.

“Beryl menemukan lingkungan dengan air laut yang sangat hangat sepanjang tahun ini,” kata Brennan.

Tonton konten interaktif ini di CNN.com

Sistem yang terbentuk pada awal musim panas di bagian Atlantik ini merupakan tanda akan datangnya musim badai aktif, menurut Cari dari Biasanya, suhu laut tidak cukup hangat pada bulan Juni dan Juli untuk membantu sistem tropis berkembang.

Layanan Cuaca Nasional Ahli meteorologi memperkirakan Musim ini diperkirakan akan terjadi antara 17 dan 25 badai bernama, 13 di antaranya telah menjadi badai.

“Ini jauh di atas rata-rata,” kata Brennan.

Monica Garrett dari CNN, Jane Norman, Michael Rios, Marlon Sorto, Sandy Sidhu, Melissa Alonso, Isaac Yee, Eric Zirkle, Rachel Ramirez dan Brandon Miller berkontribusi pada laporan ini.