Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Aturan lisensi D&D yang lebih ketat dapat memengaruhi beberapa RPG kesayangannya

Game berbasis Dungeons & Dragons terlaris dapat dibuat kaget atau membatu jika dokumen bocor yang menguraikan perubahan pada lisensi Open Gaming akurat.

Pada hari Kamis, sebuah laporan dari io9, berdasarkan dokumen internal yang diduga bocor dari penerbit Dungeons & Dragons Hasbro’s Wizards of the Coast mengatakan bagian dari dokumen tersebut menarik permadani dari bawah pembuat konten yang saat ini membuat konten menggunakan kekayaan intelektual Wizards. Jika diterapkan seperti yang tertulis, pelaporan io9 dapat membahayakan aliran pendapatan perusahaan seperti pembuat Pathfinder Paizo, Kobold Press, Green Ronin, dan lainnya.

analisis dokumen io9 menunjukkan bahwa ia mencabut Lisensi Game Terbuka sebelumnya – File kerangka Ini memungkinkan perusahaan dan pembuat lainnya untuk menggunakan secara luas versi aturan D&D yang berlaku, jika bukan IP mereka sendiri – dan perjanjian sebelumnya dianggap tidak sah.

Bulan lalu , Wizards mengatakan itu OGL “Perlu pembaruan untuk memastikannya terus melakukan apa yang ingin dilakukannya,” yaitu untuk “memungkinkan pembuat komunitas D&D indie membangun, menjalankan, dan mengembangkan game yang kita semua sukai — tanpa membiarkan hal-hal seperti pihak ketiga membuat D&D NFT dan perusahaan besar untuk mengeksploitasi kekayaan intelektual kami.”

OGL 1.0 dikembangkan dan ditingkatkan menjelang rilis D&D ketiga. Ini adalah bagian dari kerangka hukum di mana pencipta diizinkan untuk mendapatkan keuntungan dari karya yang berasal dari kekayaan intelektual Penyihir. Pada bulan Desember, Wizards mengatakan akan memperbarui OGL dengan peningkatan privasi — itu hanya akan berlaku untuk konten tertulis dan file digital statis (seperti PDF), dan pembuat konten akan diminta untuk melaporkan pendapatan terkait ke Wizards setiap tahun. Selain itu, pencipta yang menghasilkan lebih dari $750.000 setahun dari proyek ini pada akhirnya akan diminta untuk membayar biaya royalti kepada Wizards.

Draf OGL 1.1 yang bocor, yang menurut io9 telah dilihat secara keseluruhan, menegaskan kembali klaim ini dengan detail tambahan – detail 9.000 kata, kata outlet tersebut. tapi ada masalah :

Salah satu perubahan terbesar pada dokumen ini adalah memperbarui OGL 1.0 yang tersedia sebelumnya untuk menunjukkan bahwa itu “tidak lagi merupakan perjanjian lisensi resmi”. Dengan mengakhiri OGL asli, banyak penerbit berlisensi harus merombak total produk dan distribusi mereka untuk mematuhi aturan yang diperbarui. Penerbit besar yang berfokus hampir secara eksklusif pada produk berdasarkan OGL asli, termasuk Paizo, Kobold Press, dan Green Ronin, akan berada di bawah tekanan untuk memperbarui model bisnis mereka dengan sangat cepat.

OGL tidak berlaku untuk konten buatan penggemar yang didistribusikan secara bebas. Oleh karena itu, prosesor bergantung pada yang paling ketat Kebijakan Konten Penggemar Perusahaan yang luas.

READ  AMD mengincar Gamescom 2022 untuk mengumumkan Ryzen 7000 "Zen 4" dan Platform AM5

Mencapai komentar, Chris Pramas, pendiri Green Ronin, mengatakan kepada Polygon:

Sistem rumah kita saat ini sebenarnya adalah Adventure Game Engine (AGE), yang berfungsi terkaparDan Mawar biruDan Era modernDan Cthulhu terbangunDan usia imajinerDan Musim 5 (crowdfunding akhir bulan ini). Kami telah melakukan beberapa dukungan 5e seperti Kitab Setan Dan Kitab Orang Adildan berikutnya Persiapan perjanjian senja. Penggunaan OGL terbesar kami saat ini adalah Mutan dan Mastermind, RPG superhero yang sudah berjalan lama dari tahun 2002, dan sekarang dalam edisi ketiganya. Itu tetap menjadi salah satu game kami yang paling populer, dan juga memiliki perjanjian penerbitan pihak ketiga yang disebut M&M Superlink yang memungkinkan perusahaan lain merilis materi yang kompatibel. OGL baru ini jelas ditujukan untuk orang-orang yang menghasilkan banyak uang dari D&D tetapi OGL melakukan lebih dari itu. Banyak game lain telah diterbitkan di bawah OGL, jadi mencoba membatalkannya akan memiliki konsekuensi yang tampaknya tidak terpikirkan oleh kepemimpinan WotC.

Seperti Ross Morrissey, CEO EN Publishing, menimbang melalui email:

Sekarang kami berencana untuk menunggu dan melihat apa yang terjadi. Kami belum melihat dokumen finalnya, tetapi kami sangat mendukung permainan terbuka dan berharap ini berlanjut. Kami yakin bahwa game terbuka hanya bagus untuk game yang kami sukai, dan kami mengizinkan game tersebut mengembangkan dukungan pihak ketiga yang kuat. Kami telah menerbitkan di bawah OGL selama 20 tahun sekarang, dan berharap untuk melakukannya selama 20 tahun lagi, bersama dengan komunitas game terbuka lainnya yang luar biasa.

Paizou menolak berkomentar.

Fitur baru lainnya dari OGL 1.1, menurut io9, adalah dapat memberi insentif kepada pembuat konten untuk menggunakan platform crowdfunding Kickstarter:

Crowdfunding online telah menjadi fenomena baru sejak OGL asli dibuat, dan lisensi baru berupaya untuk mengatasi bagaimana dan di mana kampanye penggalangan dana ini dapat dilakukan. OGL 1.1 menyatakan bahwa jika pencipta adalah anggota tingkat ahli, “jika karya berlisensi Anda didanai publik atau dijual melalui platform apa pun selain Kickstarter, Anda akan membayar 25% royalti atas pendapatan yang memenuhi syarat,” dan “jika karya berlisensi Anda dipublikasikan didanai.” Secara kolektif di Kickstarter, platform crowdfunding favorit kami, Anda hanya akan membayar ekuitas 20% untuk pendapatan yang memenuhi syarat.”

Kickstarter baru-baru ini melihat peningkatan persaingan dari outlet crowdfunding alternatif, termasuk permainan ditemukan Dan pantat. Kemitraan semacam itu, yang secara resmi diabadikan dalam OGL 1.1, akan mendorong kampanye penggalangan dana terbesar D&D untuk menggunakan layanan Kickstarter.

READ  Apple menanggapi iOS 15.4 .keluhan menguras baterai

Baru-baru ini, proyek crowdfunding yang kompatibel dengan D&D Edisi ke-5 telah menghasilkan pendapatan yang signifikan di Kickstarter. Diantara itu Menyiapkan Auroboros oleh Chris Metzenyang meraup lebih dari $1,2 juta pada tahun 2022; EN Publishing’s Level Up: Advanced 5th Edition, yang diberikan penghargaan Di sekitar 830 ribu dolar; Tracy dan Laura Hickman (Dragonlance) Skyraider dari Abarax pengaturan dipicu Lebih dari $500.000.

Kickstarter mengonfirmasi kepada Polygon bahwa mereka telah mendiskusikan sebuah rencana dengan Wizards, tetapi menyangkal keterlibatan langsung dalam OGL 1.1. Dalam sebuah pernyataan, Kickstarter mengatakan Wizards of the Coast baru-baru ini menghubunginya tentang royalti ini – Dan saya mendorong kembali.

“Kami bukan bagian dari perjanjian lisensi,” kata Kate Bernick, direktur komunikasi senior Kickstarter, dalam email ke Polygon. Saat Wizards menghubungi kami setelah mereka memutuskan untuk mengubah OGL, kami menganjurkan agar pembuat Kickstarter memiliki persentase yang lebih rendah, karena kami tahu apa yang mereka lalui selama proses kreatif. Ada juga hal lain yang secara aktif kami anjurkan yang akan membantu memberi lebih banyak ke komunitas Kickstarter. Penyihir akan mengumpulkan biaya yang didanai oleh royalti, dan mengembalikannya ke dana untuk pencipta muda.”

Juga dikirim oleh John Ritter Roderick, Director of Games at Kickstarter Sebuah tweet mencerminkan pernyataan ini.

READ  Transaksi mikro Diablo Immortal menghasilkan $24 juta dalam dua minggu

“Saya bisa mendapatkan persentase yang lebih rendah ditambah lebih banyak diskusi,” kata Ritter-Roderick dalam tweet. “Tidak ada tunjangan tersembunyi / tidak ada komisi uang KS. Itu jelas lisensi mereka, bukan lisensi kami.”

Saat menghubungi Polygon, perwakilan Gamefound menolak berkomentar. Polygon juga telah menghubungi Backerkit, dan akan memperbarui cerita ini saat perusahaan merespons.