November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

AS Dorong Hubungan Pertahanan Dengan Indonesia Karena China Memperkuat Aktivitas Angkatan Laut Di Kawasan Indo-Pasifik – The New Indian Express

Oleh Associated Press

JAKARTA: Menteri Pertahanan AS Lloyd J.

Austin mengatakan pada konferensi pers bersama setelah bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto bahwa mereka membahas cara untuk memperdalam kemitraan kedua negara.

“Amerika Serikat bangga bermitra dengan Anda saat kami bekerja sama untuk memajukan visi bersama kita tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Austin.

Namun Prabowo bersikeras dengan sikap netral Indonesia.

“Saya ingin menekankan bahwa Indonesia selalu mengambil posisi berusaha menjaga hubungan baik dengan semua negara, terutama dengan semua kekuatan besar,” kata Prabowo.

Austin tiba di Jakarta pada Minggu malam setelah kunjungan ke kota Halifax di Kanada, di mana dia berbicara di Forum Keamanan Internasional Halifax tentang upaya AS untuk membangun arsitektur keamanan yang lebih fleksibel dengan sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa.

Kunjungannya ke Indonesia dilakukan kurang dari seminggu setelah para pemimpin ekonomi Kelompok 20 bertemu di pulau resor Bali di Indonesia. Dalam sebuah deklarasi, mereka mengutuk keras perang di Ukraina dan memperingatkan bahwa konflik tersebut memperburuk ekonomi global yang sudah rapuh.

Baca selengkapnya | Menteri Keuangan AS mengunjungi India untuk mempromosikan Kemitraan AS-Indo-Pasifik

“Ketika dunia bergulat dengan serangan terhadap tatanan internasional berbasis aturan, khususnya agresi Rusia yang tidak beralasan terhadap Ukraina,” kata Austin, “dan sangat penting bahwa negara-negara yang berpikiran sama bersatu untuk menegakkan prinsip bersama kita, termasuk supremasi hukum. “

Dia memuji Indonesia karena memberikan suara di Majelis Umum PBB awal tahun ini untuk mengutuk agresi Rusia di Ukraina.

Sementara Indonesia dan China secara umum menikmati hubungan yang positif, Jakarta telah menyatakan keprihatinan atas perambahan China di zona ekonomi eksklusifnya di Laut China Selatan, yang diklaim China secara keseluruhan.

READ  Indonesia sedang mempertimbangkan kenaikan harga bahan bakar - Menteri

Prabowo mengatakan Indonesia memandang China sebagai sekutu, dan kedua negara memiliki cara untuk mengelola potensi kesalahpahaman dan ketidaksepakatan atas sengketa perairan teritorial.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, kanan, dan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto memeriksa pasukan kehormatan (Foto | AP)

“Kami pikir kami bisa menyelesaikannya melalui negosiasi,” kata Prabowo, “Namun, kami bersikeras bahwa Indonesia akan mempertahankan kedaulatannya dan mempertahankan kemerdekaan kami.”

China dan empat anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara memiliki klaim yang tumpang tindih atas Laut China Selatan, rumah bagi jalur pelayaran utama, perikanan yang melimpah, dan sumber daya mineral bawah laut. China dan ASEAN telah membuat sedikit kemajuan dalam menyelesaikan kode etik untuk menghindari konflik di wilayah tersebut.

Austin dan Prabowo sama-sama menghadiri pertemuan para menteri pertahanan ASEAN yang diperluas mulai di Kamboja pada hari Selasa.

Menteri Pertahanan China Jenderal Wei Fenghe juga dijadwalkan hadir, membuka kemungkinan bahwa dia dan Austin dapat mengadakan diskusi tatap muka.

Baca selengkapnya | KTT ASEAN: Jaishankar bertemu Blinken; Perang Ukraina Bahas Hubungan Indo-AS

Para menteri pertahanan dari ASEAN dan delapan negara mitra termasuk AS, Jepang dan China diperkirakan akan menghadiri pertemuan dua hari tersebut.

Sementara pengaruh dan kekuatan militer China berkembang pesat di kawasan itu, Amerika Serikat tetap menjadi kekuatan militer yang dominan. Washington memiliki aliansi keamanan dengan Filipina dan ikatan yang kuat dengan anggota ASEAN lainnya.

Wakil Presiden AS Kamala Harris diharapkan mencoba memperluas kehadiran militer AS di Filipina selama pertemuan dengan Presiden Ferdinand Marcos Jr pada hari Senin.

READ  Indonesia mengeluarkan peraturan baru untuk mendorong penggunaan energi terbarukan