April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Argentina akan membayar impor China dalam yuan, bukan dolar

Argentina akan membayar impor China dalam yuan, bukan dolar

Pada hari Rabu, pemerintah Argentina mengumumkan bahwa Argentina akan mulai membayar impor China dalam yuan, bukan dolar, dalam langkah yang bertujuan mengurangi cadangan dolar negara yang semakin menipis.

Sebuah pernyataan pemerintah mengatakan bahwa pada bulan April, mereka menargetkan sekitar $1 miliar impor China dibayar dalam yuan, bukan dalam dolar, setelah itu sekitar $790 juta impor bulanan akan dibayarkan dalam yuan.

Keputusan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi aliran dolar ke luar negeri, kata Menteri Ekonomi Argentina Sergio Massa, dalam sebuah acara setelah pertemuan dengan duta besar China, Zhou Xiaoli, serta dengan perusahaan dari berbagai sektor.

Keputusan tersebut diambil saat negara Amerika Selatan itu bergulat dengan tingkat kritis dalam cadangan dolarnya di tengah penurunan tajam ekspor pertanian akibat kekeringan bersejarah, serta ketidakpastian politik menjelang pemilu tahun ini.

Pada November tahun lalu, Argentina memperluas pertukaran mata uang dengan China sebesar $5 miliar, dalam upaya untuk meningkatkan cadangan devisa Argentina.

Massa menambahkan bahwa perjanjian itu akan memungkinkan Argentina untuk “mengusahakan kemungkinan” untuk meningkatkan tingkat impor, dengan pesanan impor dalam mata uang yuan disetujui dalam 90 hari, bukan 180 hari standar.

(Laporan oleh Walter Bianchi). Diedit oleh Sarah Moreland

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Erdogan menyerukan untuk segera mengakhiri perang di Ukraina selama panggilan telepon dengan Putin