Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Apa yang kamu ketahui minggu ini?

Apa yang kamu ketahui minggu ini?

Saham-saham ditutup pada minggu berikutnya mendekati rekor tertinggi, karena laporan pekerjaan terbaru menunjukkan pasar tenaga kerja AS melambat, namun tidak pada kecepatan yang mengkhawatirkan para ekonom.

Nasdaq Composite (^IXIC) naik sekitar 2,3%, dan S&P 500 (^GSPC) naik sekitar 1,3%. Dow Jones Industrial Average (^DJI) naik sekitar 0,3%.

Sorotan minggu ini termasuk pertemuan Federal Reserve bulan Juni dan pembacaan inflasi utama pada hari Rabu. Pembacaan kepercayaan konsumen pertama untuk bulan Juni juga diperkirakan akan dilakukan pada hari Jumat.

Dalam berita korporat, perusahaan teknologi besar akan memulai minggu ini dengan pemecahan saham Nvidia (NVDA) 10-untuk-1 dan Konferensi Pengembang Seluruh Dunia Apple (AAPL) yang dijadwalkan pada hari Senin. Paket gaji $56 miliar CEO Tesla (TSLA) Elon Musk diperkirakan akan dipilih pada hari Kamis.

Sementara itu, pergerakan saham GameStop (GME) yang kacau terus menarik perhatian investor seiring kembalinya Keith Gill, pemimpin populer kegilaan saham meme pada tahun 2021, menghidupkan kembali minat.

Laporan ketenagakerjaan bulan Mei pada hari Jumat menunjukkan penambahan lapangan kerja yang lebih banyak dari perkiraan, memperkuat narasi umum dari para pejabat Federal Reserve bahwa pasar tenaga kerja masih cukup setara untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat yang membatasi saat ini. Bagi para ekonom, data terbaru menegaskan bahwa The Fed perlu melihat penurunan inflasi lebih lanjut sebelum menurunkan suku bunga.

“Para pembuat kebijakan perlu melihat beberapa laporan inflasi yang lebih lambat selama musim panas untuk mulai memotong suku bunga pada musim gugur,” tulis Sarah House, kepala ekonom di Wells Fargo, dalam sebuah catatan penelitian pada hari Jumat.

Pembaruan inflasi berikutnya diperkirakan terjadi pada Rabu pagi dengan dirilisnya Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Mei. Wall Street memperkirakan kenaikan tahunan sebesar 3,4% untuk indeks harga konsumen utama, yang mencakup harga pangan dan energi, tidak berubah sejak bulan April. Harga diperkirakan naik 0,1% setiap bulan, turun dari 0,3% di bulan April.

Pada basis “inti”, tidak termasuk harga makanan dan energi yang berfluktuasi, inflasi diperkirakan akan meningkat sebesar 3,5% tahun-ke-tahun, sebuah perlambatan dari kenaikan sebesar 3,6% yang terlihat pada bulan April. Kenaikan harga pokok bulanan diperkirakan mencapai 0,3%, tidak berubah dari bulan sebelumnya.

READ  Masalah mesin RTX akan menghentikan operasi 350 A320neo hingga tahun 2026

Rilis ini dikeluarkan hanya beberapa jam sebelum keputusan kebijakan terbaru Federal Reserve, dimana sebagian besar pasar mengharapkan bank sentral untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah. Hal ini mendorong fokus utama pada Ringkasan Ekspektasi Ekonomi (SEP) terbaru The Fed – termasuk “dot plot,” yang menguraikan ekspektasi para pengambil kebijakan tentang arah suku bunga di masa depan – serta komentar Ketua Fed Jerome Powell . .

Michael Feroli, kepala ekonom AS di JPMorgan, memperkirakan The Fed memperkirakan penurunan suku bunga rata-rata tahun ini, turun dari tiga penurunan suku bunga di bulan Maret. Mengenai komentar Powell, Feroli yakin pidato Powell akan dianggap “dovish”.

“Pada konferensi pers, kami memperkirakan Ketua Powell akan menyatakan keyakinannya bahwa perekonomian tetap berada pada jalurnya dan bahwa FOMC dapat bersabar dalam mendapatkan keyakinan bahwa inflasi sedang menuju ke arah dua persen,” tulis Feroli dalam sebuah catatan kepada kliennya pada hari Jumat. .

Sebelum laporan pekerjaan pada hari Jumat, pasar memperkirakan dua kali penurunan suku bunga tahun ini. Setelah rilis, angka tersebut berfluktuasi antara satu dan dua, menurut data Bloomberg.

Namun, perlu dicatat bahwa pergeseran ini dan lonjakan 15 basis poin dalam imbal hasil Treasury 10-tahun (^TNX) menjadi 4,43% tidak banyak menghalangi optimisme investor karena S&P 500 ditutup mendekati rekor tertinggi pada hari Jumat.

Hal ini mungkin terjadi karena laporan pekerjaan yang lebih kuat dari perkiraan merupakan kabar baik bagi perekonomian, dan “pasar sangat fokus pada pertumbuhan,” kata Lauren Goodwin, ekonom di New York Life Investments dan kepala strategi pasar, kepada Yahoo Finance.

Mengingat latar belakang perkiraan pendapatan yang kuat untuk sisa tahun ini dan lintasan pertumbuhan ekonomi yang kuat, pasar dapat mengambil tindakan yang dilakukan The Fed dengan tenang, tambahnya.

READ  Nvidia naik dengan S&P 500 dan Nasdaq mendekati rekor tertinggi
WASHINGTON, DC - 10 MEI: Ketua Federal Reserve Jerome Powell mendengarkan Menteri Keuangan AS Janet Yellen memimpin pertemuan Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan Departemen Keuangan pada 10 Mei 2024 di Washington, DC.  Dewan menerima informasi terkini dari Komite Fasilitas Pasar Keuangan dan informasi terkini mengenai perkembangan pasar terkait kredit korporasi, serta presentasi dan pemungutan suara atas laporan layanan KPR non-bank.  (Foto oleh Kent Nishimura/Getty Images)

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mendengarkan pertemuan Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan di Departemen Keuangan pada 10 Mei 2024, di Washington, D.C. (Kent Nishimura/Getty Images) (Kent Nishimura melalui Getty Images)

Konferensi Pengembang Sedunia Apple akan dimulai pada hari Senin, dengan investor diperkirakan akan merilis rincian lebih lanjut tentang langkah raksasa teknologi tersebut menuju kecerdasan buatan generatif.

Setelah awal tahun yang buruk, sahamnya naik lebih dari 7% selama sebulan terakhir menjelang acara tersebut dan baru-baru ini berubah menjadi positif untuk tahun ini.

Dan Hawley dari Yahoo Finance memiliki pratinjau lengkap tentang acara tersebut.

Saham Nvidia dijadwalkan untuk memulai perdagangan pada hari Senin dengan pembagian 10-untuk-1 yang baru, dengan harga saham direvisi dari penutupan hari Jumat dari $1,208.88 menjadi $120.88. Pemecahan ini berarti pemegang saham biasa Nvidia pada penutupan pasar Kamis menerima 10 saham untuk setiap saham yang mereka miliki. Misalnya, jika seorang pemegang saham memiliki empat saham Nvidia pada hari Kamis, dia sekarang akan memiliki 40 saham setelah pemisahan tersebut.

Biasanya, investor memandang pemecahan saham sebagai tanda kekuatan, dan oleh karena itu, perusahaan yang melakukan pemecahan saham biasanya mengungguli S&P 500 pada tahun setelah pengumumannya.

Rata-rata, saham naik 25% dalam 12 bulan setelah mengumumkan pemisahannya dibandingkan dengan pengembalian rata-rata 12% untuk S&P 500 dalam jangka waktu yang sama, menurut analisis Bank of America. Hal ini berlaku “di seluruh sistem pasar,” Jared Woodard, ahli strategi investasi dan ETF di Bank of America, menulis dalam sebuah catatan kepada klien.

Patut dicatat bahwa tren ini mencakup periode waktu dari tahun 2000 hingga 2009, di tengah disintegrasi gelembung teknologi. Sejak Nvidia mengumumkan pemisahannya pada 22 Mei, sahamnya telah meningkat sekitar 27%.

Rapat pemegang saham tahunan Tesla dijadwalkan akan diadakan setelah pasar tutup pada hari Kamis, dan masalah yang paling mendesak adalah pemungutan suara pemegang saham mengenai potensi paket gaji senilai $56 miliar untuk CEO Elon Musk.

READ  Pesawat Boeing terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah ditemukan retakan di jendela kokpit

Adam Jonas, seorang analis di Morgan Stanley, mengatakan dia menyarankan investor untuk memperhatikan pemungutan suara tersebut karena akan memiliki “signifikansi terhadap arah strategis jangka panjang perusahaan.”

Dia menambahkan: “Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi hasilnya, kami memperkirakan peristiwa ini akan mengakibatkan volatilitas material pada saham TSLA.”

Dalam survei terhadap 109 investor, Morgan Stanley menemukan bahwa sebagian besar investor merasa persetujuan paket gaji Musk akan menyebabkan saham Tesla naik, sementara suara ketidaksetujuan akan membebani saham. Menjelang pertemuan tersebut, saham Tesla turun hampir 30% tahun ini.

Data ekonomi: Perkiraan Inflasi Satu Tahun The Fed New York, Mei (sebelumnya 3,26%)

Pendapatan: Tidak ada keuntungan nyata.

Data ekonomi: Optimisme Usaha Kecil NFIB, Mei (diharapkan 89,5, sebelumnya 89,7)

Pendapatan: Akademi Olahraga dan Luar Ruang (ASO), CASY, Oracle (ORCL)

Rabu

Data ekonomi: IHK, Bulanan, Mei (+0,1% diharapkan, +0,3% sebelumnya); CPI Inti, Bulanan, Mei (+0,3% diharapkan, +0,3% sebelumnya); IHK, YoY, Mei (+3,4% diharapkan, +3,4% sebelumnya); IHK Inti, tahun/tahun, Mei (+3,5% diharapkan, sebelumnya +3,6%); Penghasilan rata-rata per jam riil, y/y, Mei (+0,5% sebelumnya); Pengajuan Hipotek MBA, pekan yang berakhir 7 Juni (sebelumnya -5,2%); Keputusan suku bunga Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) (diperkirakan tidak ada perubahan dalam kisaran 5,25% hingga 5,5%)

Pendapatan: Broadcom (AVGO), Dave & Buster (MAINKAN), Vera Bradley (VRA)

Data ekonomi: Klaim pengangguran awal, pekan yang berakhir 8 Juni (perkiraan 223.000, sebelumnya 229.000); Indeks Harga Produsen, Bulanan, Mei (+0,1% diharapkan, +0,5% sebelumnya); Indeks Harga Produsen, tahun/tahun, Mei (+2,5% diharapkan, sebelumnya 2,2%);

Pendapatan: Adobe (ADBE), Lovesac (CINTA), RH (RH), Perhiasan Stempel (SIG)

Jumat

Data ekonomi: Kepercayaan Konsumen Universitas Michigan, pembacaan awal bulan Juni (diperkirakan 72,8, sebelumnya 69,1) Harga Impor, Bulanan, Mei (+0,1% diharapkan, +0,9% sebelumnya); Harga Ekspor, Bulanan, Mei diperkirakan (+0,2%, sebelumnya +0,5%)

Pendapatan: Tidak ada keuntungan nyata.

Josh Schaeffer adalah reporter Yahoo Finance. Ikuti dia di X @_joshschafer.

Klik di sini untuk analisis mendalam tentang berita dan peristiwa pasar saham terkini yang menggerakkan harga saham.

Baca berita keuangan dan bisnis terkini dari Yahoo Finance