Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Apa yang dikatakan foto James Webb favorit Anda tentang Anda?

Dari penurunan kosmik di Carina Nebula hingga Pilar Penciptaan dan protobintang yang berapi-api, James Webb Space Telescope (JWST) NASA telah merilis galeri gambar kosmik pada tahun 2022—tetapi gambar favorit Anda dapat mengungkapkan siapa Anda sebenarnya.

Akun Twitter resmi teleskop membagikan sebuah file menciak Jumat dengan kuis seperti kepribadian yang meminta pengguna untuk memilih foto favorit mereka dari tiga kelompok yang terdiri dari empat orang.

Kemudian NASA menyajikan atribut yang terkait dengan opsi tersebut.

Bergantung pada gambar yang dipilih, Anda mungkin seorang penjelajah waktu, pengamat bintang, orang rumahan, atau penentu tren.

Penjelajah waktu mungkin memiliki penampilan antik, kata NASA, sementara pengamat bintang terus tumbuh dan berubah, benda-benda rumah tangga mengikuti rutinitas dan kemajuan mode.

Kumpulan gambar pertama dalam NASA Challenge meliputi (A) First Deep Field Webb; (b) Lereng kosmik di Nebula Carina. (c) Yupiter; dan (d) data Webb yang menunjukkan keberadaan air di atmosfer planet ekstrasurya WASP-96b

Sudah lebih dari setahun sejak teleskop NASA senilai $ 10 miliar diluncurkan ke luar angkasa – dan sejak itu telah memancarkan gambar alam semesta yang menakjubkan dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Webb diluncurkan dari Pusat Antariksa Guyana pada Hari Natal 2021 untuk melihat kembali waktu fajar alam semesta, sehingga dapat menangkap apa yang terjadi ratusan juta tahun setelah Big Bang.

Kumpulan gambar pertama dalam NASA Challenge meliputi (A) First Deep Field Webb; (b) Lereng kosmik di Nebula Carina. (c) Yupiter; dan (d) data Webb yang menunjukkan keberadaan air di atmosfer planet ekstrasurya WASP-96b.

Kumpulan gambar kedua menunjukkan (A) Stephan’s Quintet; (B) Pilar Penciptaan dalam cahaya inframerah-dekat. (c) cincin dan bulan Neptunus; dan (d) bukti jelas pertama adanya karbon dioksida di atmosfer planet ekstrasurya.

READ  SpaceX berhasil meluncurkan astronot NASA Crew-4 menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kelompok terakhir meliputi (a) galaksi jungkir balik. (b) awan L1527 dan protobintang tersembunyi; (c) Titan bulan Saturnus; dan (D) gambar langsung pertama Webb dari sebuah planet ekstrasurya, HIP 65426b.

Semua ini adalah kilasan keajaiban alam semesta yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Ini berkat Near Infrared Webcam (NIRCam) dan Mid-Infrared Instrument (MIRI), yang melihat cahaya di wilayah mid-infrared dari spektrum elektromagnetik.

Teknik-teknik ini menangkap fitur yang belum pernah dilihat sebelumnya dan memungkinkan teleskop untuk melihat ke masa lalu ratusan ribu tahun setelah Big Bang.

Dan sementara dunia terkagum-kagum dengan gambar-gambar itu, NASA yakin gambar-gambar itu berbicara banyak tentang kepribadian seseorang.

Bagi mereka yang kebanyakan memilih A di tiga grup, badan antariksa AS menganggap Anda sebagai penjelajah waktu.

Kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan yang satu ini berkembang dalam kekacauan, dan bernostalgia dan hipster dalam gaya vintage.

Sama seperti melihat galaksi memungkinkan kita melihat miliaran tahun ke masa lalu, teknik Anda kembali ke masa lalu. Mungkin terlihat antik. Dan berkembang dalam kekacauan, seperti penggabungan galaksi.

Jika sebagian besar gambar Webb favorit Anda adalah gambar-B, maka Anda adalah seorang pengamat bintang impian, bintang pertunjukan, dan masih memikirkan semuanya.

Kepala Anda mungkin berada di awan. Sama seperti nebula yang sering menahan bintang pada tahap awal perkembangannya, Anda selalu tumbuh dan berubah. Percayalah pada diri sendiri – Anda membawa cahaya ke alam semesta. Tetap bersinar, ”NASA berbagi di utas Twitter.

Dan untuk C, anggaplah diri Anda orang rumahan.

Kelompok terakhir meliputi (a) galaksi jungkir balik.  (b) awan L1527 dan protobintang tersembunyi;  (c) Titan bulan Saturnus;  dan (D) gambar langsung pertama Webb dari sebuah planet ekstrasurya, HIP 65426 b

Kelompok terakhir meliputi (a) galaksi jungkir balik. (b) awan L1527 dan protobintang tersembunyi; (c) Titan bulan Saturnus; dan (D) gambar langsung pertama Webb dari sebuah planet ekstrasurya, HIP 65426 b

Sama seperti melihat galaksi memungkinkan kita melihat miliaran tahun ke masa lalu, teknik Anda kembali ke masa lalu.  Mungkin terlihat antik.  Dan berkembang dalam kekacauan, seperti penggabungan galaksi, NASA berbagi dalam tweet

Sama seperti melihat galaksi memungkinkan kita melihat miliaran tahun ke masa lalu, teknik Anda kembali ke masa lalu. Mungkin terlihat antik. Dan berkembang dalam kekacauan, seperti penggabungan galaksi, NASA berbagi dalam tweet

Kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan kelompok ini adalah introvert, bercangkang tebal, dan seseorang yang menyukai kenyamanan dan rutinitas.

Sebagai seorang introvert, Anda lebih suka orbit Anda sendiri. Istirahat dan rutinitas baik-baik saja dengan Anda. Seperti Titan, ia mungkin memiliki atmosfer yang kental. Tetapi jika seseorang berada di orbit Anda, mereka akan melihat pesona tersembunyi Anda, menurut tweet tersebut.

Grup terakhir, D, adalah untuk trendsetter yang berada di depan kurva, misterius dan lebih suka mengirim pesan teks daripada menelepon seseorang.

Selalu berada di depan (melintasi) kurva dan merencanakan langkah Anda selanjutnya, mungkin tampak jauh pada awalnya. Sama seperti cara kami menemukan planet ekstrasurya secara tidak langsung, Anda mungkin lebih memilih teks daripada panggilan telepon. Anda membuat kami tetap bersemangat,” kata NASA.

Kepala Anda mungkin berada di awan.  Sama seperti nebula yang sering menahan bintang pada tahap awal perkembangannya, Anda selalu tumbuh dan berubah.  Percayalah pada diri sendiri - Anda membawa cahaya ke alam semesta.  Tetap bersinar, ”NASA berbagi di utas Twitter

Kepala Anda mungkin berada di awan. Sama seperti nebula yang sering menahan bintang pada tahap awal perkembangannya, Anda selalu tumbuh dan berubah. Percayalah pada diri sendiri – Anda membawa cahaya ke alam semesta. Tetap bersinar, ”NASA berbagi di utas Twitter

Kuis yang menyenangkan adalah cara yang bagus untuk mengakhiri tahun yang menandai awal dari pencarian epik Webb.

Para ilmuwan meramalkan bahwa teleskop, yang sekarang mengorbit matahari satu juta mil dari Bumi, akan bertahan selama 20 tahun.

READ  Snoopy, manekin, dan Apollo 11 akan berayun di bulan dengan kapal Artemis I

Instrumennya lebih efisien, dan optiknya lebih tajam dan lebih stabil. “Kami memiliki lebih banyak bahan bakar dan kami menggunakan lebih sedikit bahan bakar,” kata Massimo Steavelli, kepala kantor misi Webb di Space Telescope Science Institute di Baltimore.

Observatorium inframerah yang mengorbitnya dirancang sekitar 100 kali lebih kuat dari pendahulunya, Teleskop Luar Angkasa Hubble.

NASA lebih suka menganggap James Webb sebagai penerus Hubble daripada penggantinya, karena keduanya akan bekerja sama untuk sementara waktu.

Sebagai seorang introvert, Anda lebih suka orbit Anda sendiri.  Istirahat dan rutinitas baik-baik saja dengan Anda.  Seperti Titan, ia mungkin memiliki atmosfer yang kental.  Tetapi jika seseorang berada di orbit Anda, mereka akan melihat pesona tersembunyi Anda, menurut tweet tersebut

Sebagai seorang introvert, Anda lebih suka orbit Anda sendiri. Istirahat dan rutinitas baik-baik saja dengan Anda. Seperti Titan, ia mungkin memiliki atmosfer yang kental. Tetapi jika seseorang berada di orbit Anda, mereka akan melihat pesona tersembunyi Anda, menurut tweet tersebut

Selalu berada di depan (melintasi) kurva dan merencanakan langkah Anda selanjutnya, mungkin tampak jauh pada awalnya.  Sama seperti cara kami menemukan planet ekstrasurya secara tidak langsung, Anda mungkin lebih memilih teks daripada panggilan telepon.  Anda membuat kami tetap seksi,

Selalu berada di depan (melintasi) kurva dan merencanakan langkah Anda selanjutnya, mungkin tampak jauh pada awalnya. Sama seperti cara kami menemukan planet ekstrasurya secara tidak langsung, Anda mungkin lebih memilih teks daripada panggilan telepon. Anda membuat kami tetap bersemangat,” kata NASA

Proyek JWST, yang dimulai pada tahun 1996, merupakan kolaborasi internasional yang dipimpin oleh NASA dalam kemitraan dengan badan antariksa Eropa dan Kanada.

Jika Anda menikmati artikel ini…

James Webb menemukan galaksi spiral dari ‘siang kosmik’ alam semesta awal lebih dari 8 miliar tahun lalu – jarak terjauh yang pernah dilihat mata manusia

Teleskop James Webb NASA menangkap gambar yang menakjubkan dari galaksi “kesepian” yang berjarak 3 juta tahun cahaya dari Bima Sakti

Royal Astronomical Society telah membatalkan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA karena tuduhan senama terhadap karyawan LGBT