April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Apa selanjutnya untuk rupiah Indonesia?

Apa selanjutnya untuk rupiah Indonesia?

25-04-2023 02:40:00 ET

Itu

USD/Rp

Nilai tukar telah bergerak sideways selama beberapa hari terakhir karena Indeks Dolar AS (DXY) melanjutkan penurunannya. Itu diperdagangkan di 14.840 pada hari Selasa, di mana telah terjadi selama beberapa hari terakhir. Harganya ~5,85% di bawah titik tertinggi tahun ini.

Rupiah Indonesia terus menguat

Rupiah Indonesia telah menjadi salah satu mata uang pasar negara berkembang dengan kinerja terbaik tahun ini. Kinerja ini sebagian besar disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi negara yang kuat. Pada tahun 2022, ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh sebesar 5,31% pada tahun 2022 karena negara tersebut melonggarkan pembatasan Covid-19.

Itu juga menguntungkan negara

Eksodus terus menerus dari banyak negara

Dari China saat ketegangan meningkat dengan AS. Oleh karena itu, perkiraan terbaru ADP menunjukkan bahwa ekonomi negara akan tumbuh sebesar 4,8% tahun ini diikuti oleh 5,0% pada tahun 2024.

Nilai tukar USD/IDR bergerak sideways setelah Bank Indonesia mengeluarkan keputusan suku bunga pekan lalu. Di dalamnya, bank memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah selama tiga bulan berturut-turut karena penurunan inflasi dan rupee yang kuat. Inflasi telah mundur ke level terendah tujuh bulan dan diperkirakan akan bergerak ke kisaran target 2% dan 4% pada bulan Agustus.

Bank sentral memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 5,75%, sejak Januari. Seperti bank sentral lainnya, itu menaikkan suku bunga sebesar 225 basis poin pada tahun 2022. Oleh karena itu, analis percaya bank sentral sebagai perekonomian menunjukkan tanda-tanda moderasi

memotong

Suku bunga pada kuartal keempat.

Katalis utama berikutnya untuk USD/IDR adalah data ekonomi AS yang akan datang. Pada hari Selasa, AS akan merilis angka-angka penting seperti kepercayaan konsumen, data harga rumah, dan pembangunan perumahan. Angka-angka ini penting karena bank sentral berkomitmen untuk didorong oleh data. Analis memperkirakan bank akan naik 0,25% di bulan Mei, diikuti dengan jeda strategis.

Analisis Teknis USD/IDR

USD/Rp

Grafik USD/IDR oleh TradingView

Pada grafik harian, kita melihat bahwa nilai tukar USD/IDR berada dalam tren naik yang kuat selama beberapa bulan terakhir. Ini telah bergerak di bawah level retracement Fibonacci 50%. Pasangan ini jatuh di bawah rata-rata pergerakan 25 hari dan 50 hari. Harga ini juga penting karena merupakan titik terendah pada 1 Februari.

Oleh karena itu, prospek rupiah tetap bearish, dengan level kunci berikutnya yang harus diperhatikan di 14.500. Pandangan ini akan terkonfirmasi jika harga bergerak di bawah level support kunci 14.650, titik terendah pada 14 April.

Posisi

Perkiraan USD/IDR: Apa Selanjutnya untuk Rupiah Indonesia?

muncul lebih dulu

Inves

.

READ  BP mendorong Indonesia untuk menandatangani PSC perairan dalam