Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Amerika Serikat menjanjikan pertahanan militer penuh dari sekutunya melawan Korea Utara

Amerika Serikat menjanjikan pertahanan militer penuh dari sekutunya melawan Korea Utara

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan Selasa bahwa Amerika Serikat akan menggunakan kemampuan militer penuhnya, termasuk pertahanan nuklir, konvensional dan rudal, untuk membela sekutunya Jepang dan Korea Selatan. terhadap eskalasi provokasinya.

Sherman mengatakan penembakan yang sering terjadi di Korea Utara Rudal balistik dan artileri dalam beberapa pekan terakhir telah menjadi operasi militer yang provokatif. Korea Utara menggambarkannya sebagai berhasil menggunakan senjata nuklir taktis.

“Ini adalah perilaku yang tidak bertanggung jawab, berbahaya dan tidak stabil,” kata Sherman dalam pembicaraan di Tokyo dengan Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korea Selatan Cho Hyun-dong. Kedua pejabat bertemu sebelum pertemuan trilateral dengan rekan Jepang mereka pada hari Rabu.

Ini akan menjadi pertemuan langsung kedua dari tiga pejabat sejak Presiden konservatif Korea Selatan Yoon Seok-yeol menjabat pada Mei, menandakan peningkatan dalam hubungan yang sulit antara Jepang dan Korea Selatan. Setahun yang lalu, wakil menteri Jepang dan Korea Selatan menolak untuk berpartisipasi dalam konferensi pers bersama setelah pembicaraan tripartit di Washington, meninggalkan Sherman untuk tampil satu lawan satu di media.

Sherman mengatakan Korea Utara perlu memahami bahwa komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Korea Selatan dan Jepang adalah “tegas.”

“Dan kami akan menggunakan berbagai kemampuan pertahanan Amerika untuk membela sekutu kami, termasuk kemampuan pertahanan nuklir, konvensional dan rudal,” katanya.

Cho, selama pembicaraannya dengan Sherman, mengangkat kekhawatiran tentang penerapan kebijakan senjata nuklir baru Korea Utara pada bulan September Meningkatkan kemungkinan penyalahgunaan senjata nuklir.

“Ini menciptakan ketegangan serius di semenanjung Korea,” kata Cho.

Sebelumnya pada hari Selasa, Sherman bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori dan menegaskan kembali penguatan aliansi Jepang-AS dan tujuan bersama lainnya, termasuk denuklirisasi lengkap Korea Utara dan tanggapan bersama mereka terhadap tindakan China yang semakin tegas di wilayah tersebut.

READ  Kepulauan Solomon menangguhkan semua kunjungan angkatan laut: Kedutaan Besar AS | berita militer

Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada baru-baru ini mengatakan bahwa Korea Utara diyakini telah mencapai miniaturisasi hulu ledak nuklir sambil secara signifikan mengembangkan kemampuan misilnya dengan mendiversifikasi teknologi peluncuran, membuat intersepsi lebih sulit.

Pejabat Jepang juga telah memperingatkan kemungkinan uji coba nuklir Korea Utara dalam waktu dekat.

Pejabat Jepang dan Korea Selatan bertemu bersama pada hari Selasa dan membahas cara untuk meningkatkan hubungan antara negara mereka, yang telah sangat tegang oleh kontroversi yang berasal dari tindakan masa perang Jepang, termasuk penganiayaan terhadap pekerja paksa Korea dan pemaksaan anak perempuan dan perempuan muda untuk bekerja di rumah bordil Jepang. . Tentara.

___

Cerita ini mengoreksi nama yang diberikan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korea Selatan Cho ke Hyeongdong, bukan Hyeongdong.