Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Aman menawarkan perjalanan kereta mewah ke Borobudur, candi Budha terbesar di dunia

Catatan Editor – Serial perjalanan CNN ini disponsori oleh negara yang dimilikinya. CNN mempertahankan kontrol editorial penuh atas konten, pelaporan, dan frekuensi artikel dan video yang disponsori. Kebijakan kami.

(CNN) – Duduk di dalam gerbong kereta mewah yang dilengkapi dengan permadani batik tradisional Jawa, lukisan dan buku, penumpang di kereta mewah baru Indonesia yakin bahwa perjalanan sama pentingnya dengan tujuan.

Mengapa memilih perjalanan kereta selama tujuh jam ke Yogyakarta, situs Buddha Borobudur yang terdaftar di UNESCO di Indonesia, daripada penerbangan?

Disebut The Journey Through Java by Train, pengalaman ini terbuka untuk pelancong yang telah memesan penginapan Amanjivo, Aman Resorts properti di provinsi Jawa Tengah.

Dengan Indonesia mencabut pembatasan perjalanan terkait Covid bagi wisatawan yang divaksinasi, staf Amanjivo berharap perjalanan kereta api yang unik akan menarik banyak orang internasional untuk datang dan belajar lebih banyak tentang budaya Jawa.

“The Journey Through Java By Train diluncurkan selama pandemi dan mendapat tanggapan positif dari pasar domestik,” kata John Hess, general manager Amanjivo, kepada CNN Travel. “Ke depan, misi kami adalah membawa pengalaman ini ke khalayak yang lebih luas di seluruh dunia.”

Kereta wisata mewah pertama di Indonesia

Dioperasikan oleh KAI Wisata, anak perusahaan kelas atas dari operator kereta api negara PT Kereta Api Indonesia, kereta baru ini dikatakan sebagai pengalaman kereta mewah pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Dimulai di ibu kota Jakarta dan berakhir di Yogyakarta, kota yang terkenal dengan seni dan budaya Jawa. Dari sana dibutuhkan satu jam perjalanan untuk mencapai Amanjivo.

Sarapan dan makan siang ala Aman disajikan untuk melatih para tamu oleh staf yang mengenakan seragam hotel yang terinspirasi dari pakaian tradisional Jawa.

Yogyakarta di Jawa Tengah adalah pintu gerbang ke Candi Borobudur yang terkenal di dunia.

Newtraveldreams/Adobe Stock

Selain pemandangannya yang indah, daya tarik utama adalah kehadiran antropolog penghuni resor, yang memberikan wawasan berharga tentang wilayah tersebut selama perjalanan.

READ  Penyelenggara berharap Timnas Indonesia bisa berlaga di IYC selanjutnya

“Jawa dikenal sebagai tanah mistik dan budayanya mempengaruhi daerah lain di Indonesia, seperti Bali,” kata Hess.

“Ada begitu banyak cerita, mitos, legenda, dan kearifan yang dapat kita pelajari dari sesi kuliah antropolog Patrick Vanhobroek selama perjalanan kereta api yang meliputi spiritualitas, arsitektur, dan seni. Pembelajaran ini akan menumbuhkan rasa ingin tahu dan menginspirasi penghormatan budaya. Pertukaran sebelum tamu kami tiba di Amanjivo untuk melanjutkan penemuannya.”

Itu Bepergian melalui Jawa dengan kereta api Amanjiwo dapat dipesan bersama dengan paket dua malam dan dapat disewa oleh tamu yang menginap di hotel.

Temui antropolog residen Amanjivo

Berasal dari Belgia, Van Hobroek pertama kali pindah ke Yogyakarta pada tahun 1997 untuk bekerja di bisnis ekspor mebel dan barang antik.

“Namun selama saya tinggal di sini, saya dengan cepat tertarik pada budaya Jawa lokal, ekspresinya yang unik melalui seni pertunjukan (siklus wayang), aspek filosofis dan tradisional tentang bagaimana menjalani hidup,” kata Vanhobroek.

Dia sangat tertarik sehingga dia mendapatkan gelar sarjana dan kemudian gelar master dalam bidang antropologi di Amerika Serikat dan Belanda sebelum pindah ke Indonesia secara permanen pada tahun 2010.

“Sebagai seorang antropolog yang berspesialisasi dalam budaya dan praktik spiritual orang Jawa…Saya yakin dapat menjawab bahwa Jawa Tengah adalah taman bermain yang kaya dan bersemangat bagi mereka yang berpikiran spiritual, karena lanskapnya benar-benar dipenuhi dengan situs-situs suci yang dibangun dan alami,” katanya. mengatakan.

Sejak 2019, Vanhobroek telah berkolaborasi dengan Amanjivo untuk menyelenggarakan kuliah malam dan mengatur kegiatan spiritual dan budaya untuk para tamu. Saat tidak berada di resor, dia mengoordinasikan retret yang berfokus pada kearifan Jawa dan kekuatan penyembuhan sambil melanjutkan penelitiannya tentang budaya Jawa.

Selama perjalanan kereta melalui lembah berbukit, para tamu menikmati pemandangan khas Jawa — hutan tropis dengan sawah, pegunungan, gunung berapi dan sungai-sungai penting di latar belakang — sambil mendengarkan anekdot Vanhobroek.

Panduan ke Borobudur, candi Budha terbesar di dunia

READ  Informasi Gempa: Mac Kuat. Gempa 5.7 - Laut Maluku, 144 km sebelah timur Manado, Sulawesi Utara, Indonesia Kamis, 14 Oktober 2021 23:16 (GMT +8)

Setibanya di Amanjivo, para tamu mendapat informasi yang baik tentang banyak situs bersejarah di sekitar area tersebut.

“Amanjivo, terletak di wilayah Dataran Kedu di kaki lima gunung berapi besar, dikelilingi oleh keajaiban arkeologi kuno,” catat Vanhobrouck.

Showstopper terbesar adalah Borobudur, delapan menit berkendara dari resor.

Berasal dari abad 8 dan 9, dibangun dalam bentuk piramida dengan tiga tingkatan utama termasuk lima teras persegi konsentris, tiga platform melingkar dan stupa monumental di puncaknya.

Terletak di dataran Ketu Jawa Tengah, Amanjiwo dikelilingi oleh wisata sejarah dan budaya.

Terletak di dataran Ketu Jawa Tengah, Amanjiwo dikelilingi oleh wisata sejarah dan budaya.

Satu Orang

Sekitar 500 patung Buddha dan 72 stupa yang masing-masing berisi patung Buddha tersebar di sekitar Kuil Tangga. Dinding dan langkan ditutupi lebih dari 1.600 panel relief yang rumit.

“Salah satu monumen terbesar dan paling berornamen di dunia Buddhis, Borobudur unik dalam banyak hal,” kata Vanhobrouck.

“Belum pernah ada komunitas Buddhis yang mencoba untuk mengekspresikan seluruh tubuh ajaran Buddha dalam satu monumen berbentuk gunung yang berdiri, dan ini diungkapkan melalui ikonografi yang sangat elegan dan diukir dengan rumit menggunakan batuan vulkanik andesit gelap.”

Situs ini terkena pelapukan alami selama lebih dari 1.000 tahun, dan pada 1970-an komunitas internasional berkumpul untuk mendanai restorasi besar, yang dilakukan oleh UNESCO.

Pada tahun 1991, itu tertulis sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Rute ziarah tradisional adalah enam kilometer berjalan kaki, perlahan-lahan mendaki setiap tingkat candi piramida melalui koridor yang berkelok-kelok. Perjalanan biasanya memakan waktu setengah hari.

Bagi mereka yang tidak punya waktu, Van Hobroek menyarankan “solusi rata-rata” dengan mempelajari latar belakang budaya candi Borobudur sebelum mengunjungi panel relief yang lebih representatif di setiap tingkat, dengan bantuan pemandu lokal.

Menghadapi salah satu dari lebih dari 500 patung Dhyani-Buddha (simbol Buddhisme Mahayana), luangkan satu menit untuk bermeditasi untuk memahami bangunan asli dan upaya, waktu, dan niat dari peradaban berbasis dharma mereka. ceruk,” saran Vanhobrouck.

Galeri atas candi ditutup selama pandemi. Sampai kuil dibuka sepenuhnya, Vanhobroek mendesak para pelancong untuk berjalan di sekitar kuil, juga dikenal sebagai kora – ziarah meditatif yang melibatkan berulang kali mengitari situs suci searah jarum jam.

READ  Huayou China pada Kontrak Pabrik Pengolahan Nikel Indonesia ke-2

Mengagumi Borobudur dari puncak stupa saat matahari terbit adalah hal yang populer, “di bawah dua gunung berapi utama di ufuk timur dan dataran berkabut di belakang,” tetapi Van Hobroek berpikir waktu dan cuaca lain menawarkan pesona mereka.

Borobudur populer saat matahari terbit ketika wisatawan dapat melihat pemandangan patung-patung candi dan gunung berapi di dekatnya yang menakjubkan dari atas candi.

Borobudur populer saat matahari terbit ketika wisatawan dapat melihat pemandangan patung-patung candi dan gunung berapi di dekatnya yang menakjubkan dari atas candi.

pigprox/Adobe Stock

“Monumen ini memiliki makna khusus dan pendengaran yang pasti selama festival Vaisakh, perayaan Buddha selama tiga hari atas kelahiran, pencerahan, dan tahap-tahap kelulusan Buddha,” katanya.

Hari Waisakh, atau Hari Waisak, terjadi pada bulan purnama bulan keempat kalender lunar (biasanya pada bulan Mei atau Juni).

“Berpartisipasi dengan ratusan umat Buddha dari seluruh Asia dan dunia adalah momen yang luar biasa, mengamati berbagai pendekatan ritual, nyanyian dan prosesi meditasi menuju kuil, sehingga mendapatkan sekilas apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh para desainer. Para pembangun yang pertama kali menyusunnya. Borobudur pada awal abad ke-9,” kata Vanhobroek.

Adapun tempat-tempat Jawa Tengah lainnya untuk dikunjungi, antropolog menunjuk ke candi-candi Hindu-Budha Kerajaan Mataram – peradaban Hindu-Budha Jawa yang canggih yang berkembang dari abad 8 hingga 10 – dan istana kerajaan (kraton) Yogyakarta dan Surakarta.

“Banyak mata air alami, puncak gunung, gua, dan pantai masih didekati dengan penuh hormat oleh para pemuja Jawa,” kata seorang warga Yogyakarta.

Bagi yang ingin menikmati perjalanan kereta api, ada dua paket Amanjivo lagi di 2022: 24-26 November dan 24-26 Desember. Pada paruh pertama 2023, kereta akan beroperasi pada 20 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 7 dan 21 April, 5 dan 19 Mei, serta 2 dan 30 Juni.