Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Aktor sekaligus produser film Monster itu berusia 91 tahun

Aktor sekaligus produser film Monster itu berusia 91 tahun

Mark Damon, yang membintangi film horor klasik Vincent Price Rumah Asyer dan spaghetti Westerns sebelum merevolusi penjualan luar negeri, distribusi film, dan produksi fitur, termasuk… 9 1/2 minggu, Raksasa Dan satu-satunya yang selamat, Dia meninggal. Dia berusia 91 tahun.

Damon meninggal pada hari Minggu karena sebab alamiah di Los Angeles, kata putrinya, Alexis Damon-Ribaud Wartawan Hollywood.

Damon menghabiskan dua puluh tahun pertama karirnya sebagai aktor, termasuk sekitar dua belas tahun sebagai pemeran utama dalam film aksi Italia, sebelum pindah ke dunia bisnis.

Dia meraih kesuksesan awal sebagai produser eksekutif pada dua film yang ditulis dan disutradarai oleh Wolfgang Petersen: sebuah drama Perang Dunia II berbahasa Jerman Bot itu (1981), yang menerima enam nominasi Academy Award, dan Kisah yang tidak pernah berakhir (1984), sebuah film fantasi beranggaran besar yang menampilkan musik yang ditugaskan oleh Damon oleh Giorgio Moroder untuk penonton non-Jerman.

Dia berbagi Independent Spirit Award dengan sutradara Patty Jenkins dan lainnya Raksasa (2003), dibintangi oleh Charlize Theron sebagai pembunuh berantai kehidupan nyata pemenang Oscar, Aileen Wuornos.

Damon memproduseri atau menjadi produser eksekutif sekitar lima puluh film selama karirnya, termasuk Adrian Lyne 9 1/2 minggu (1986), John Badham Hubungan pendek (1986), oleh Joel Schumacher Anak laki-laki yang hilang (1987), Stalingrad (1993), Buku Hutan (1994), Trey Parker Orgasme (1997), Anjing Flanders (1999), Sisi positif dari kemarahan (2005), Balthasar Kormákur 2 pistol (2013), Peter Berg satu-satunya yang selamat (2013), Pengukuran lengkap terakhir (2019) dan Willie Negeri Ajaib (2021).

READ  Pembawa acara "Survivor" Jeff Probst mengatakan pemain tersebut tidak berusaha untuk berhenti

Lahir Alan Harris di Chicago pada tanggal 22 April 1933, Damon bersekolah di Fairfax High School dan UCLA, belajar akting dengan Lee Strasberg dan Sanford Meisner dan sekamar dengan Jack Nicholson.

Dia mengalami tahun terobosan sebagai aktor pada tahun 1956, tampil di acara televisi CBS. Alfred Hitchcock Mempersembahkan Dan di film Di dalam Detroit, Elang yang berteriak Dan Richard Fleischer Antara surga dan neraka.

Dia lulus ke pangkat pemimpin dengan Muda dan berbahaya (1957) dan Penghancur pesta (1958) – Keduanya berlawanan dengan Connie Stevens – Plus Kehidupan dimulai pada usia 17 tahun (1958), Trah pemberontak ini (1960) dan kemudian AIP Rumah Asyer (1960) dari produser dan sutradara Roger Corman.

Untuk penampilannya sebagai tunangan seorang wanita (Myrna Fahey) yang saudara laki-lakinya yang gila (Pryce) berusaha mati-matian untuk mencegah mereka menikah, Damon menerima Penghargaan Golden Globe untuk Pendatang Baru Paling Menjanjikan.

Ketika dia berusia 28 tahun, dia pergi ke Italia dan membintangi film barat. “Saya terkejut karena seumur hidup saya belum pernah menunggang kuda,” katanya. katanya dalam sebuah wawancara tahun 2014. ‘Koboi harus tinggi dan berambut pirang, dan saya tidak terlalu tinggi. Rambut saya saat itu sangat gelap, tapi mereka berkata, ‘Tidak masalah.’ Saya menjawab oke dan belajar menunggang kuda.

Dia membintangi Italia dalam film Sergio Corbucci Hari terpendek (1963), Mario Bava Sabat hitam (1963), Putra Cleopatra (1964), Agen Rahasia 777 (1965), Ringo dan pistol emasnya (1966), Johnny suatu hari (1966), Kereta ke Durango (1968), Muda, jahat dan brutal (1968), Pengkhotbah yang membawa pistol (1971), Ruang bawah tanah orang mati (1973) dan Pop, dan para malaikat bernyanyi (1974).

Ringo dan Pistol Emasnya (alias Johnny Oro), Mark Damon, 1966.

Mark Damon dalam film tahun 1966 “Ringo and His Golden Gun.”

Atas izin Koleksi Everett

Ketika Damon mendapati dirinya menjadi typecast, dan West kelelahan, dia berhenti berakting untuk mencari pekerjaan lain, dan pada tahun 1975 dia mengambil pekerjaan di distributor film Italia yang membayarnya $1.000 sebulan. “Mereka sangat menginginkan saya karena mereka mengira saya mengenal semua orang di Hollywood dan bisa mendapatkan gambaran yang lebih besar untuk mereka,” katanya.

READ  "'Saturday Night Live' Menampilkan Kampanye Terbuka Dingin Donald Trump di Pengadilan - Batas Waktu".

Pada saat itu, studio-studio besar Amerika sedang menangani penjualan di luar negeri, namun ia yakin perusahaan-perusahaan dalam negeri bisa mendapatkan lebih banyak box office dari film-film tersebut.

“Dia adalah distributor independen di luar negeri yang menginvestasikan uangnya sendiri dalam sebuah film, dan dia akan berjuang lebih keras, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di provinsi-provinsi, untuk mencapai gambaran tersebut, karena uangnya sendiri yang dipertaruhkan.” Dia katanya kepada produser/podcaster Matthew Helderman pada tahun 2020. “Perusahaan besar memiliki karyawan yang hanya peduli pada gajinya.”

Damon mengatakan butuh waktu sekitar tujuh tahun sebelum dia akhirnya membuktikan bahwa perusahaan independen bisa lebih baik daripada studio.

Dia kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1977 dan mendirikan perusahaan produksi dan penjualan Producers Sales Organization. selanjutnya Bot itu Dan Kisah yang tidak pernah berakhirPSO menangani penjualan luar negeri untuk Martin Scorsese Raja komedi (1982) dan Suatu ketika di Amerika (1984).

Setelah PSO bangkrut, pada tahun 1987 ia, John Peters dan Peter Guber mendirikan Vision International, yang akhirnya dijual ke Credit Lyonaisse. Pada tahun 1993, Dimon meluncurkan perusahaan produksi, penjualan dan distribusi MDP Worldwide, yang kemudian go public. Satu dekade kemudian, berubah menjadi Media 8 Entertainment, kemudian mengajukan perlindungan kebangkrutan pada tahun 2012.

Pada tahun 1980, ia adalah salah satu pendiri American Film Marketing Association, yang sekarang dikenal sebagai Independent Film and Television Alliance, dan menerbitkan sebuah buku, Dari Koboi, Mongol, hingga Monster: Kisah Pionir Film Mark Damon yang Tak Pernah Berakhirpada tahun 2008.

Selain putrinya, yang selamat termasuk istri keduanya, aktris Margaret Markoff, yang dinikahinya pada Oktober 1976 – mereka pertama kali bertemu saat dia membintangi sebuah film. Cincin (1974), yang dia hasilkan bersama Corman – putranya Jonathan; dan saudara iparnya, Matteo.

READ  Bagaimana Perasaan Kim Kardashian Tentang Perawatan Trauma Pete Davidson

“Klaim ketenaran saya adalah fakta bahwa, dengan latar belakang akting, saya menjadi apa yang mereka sebut sebagai bapak baptis film independen. Orang yang menciptakan bisnis penjualan asing. Dialah orang yang menemukan cara untuk membiayai film,” kata Damon. dalam buku Luke Ford tahun 2004. Produser: sekilas rasa frustrasi.

“Bagaimana seseorang melakukan apa yang saya lakukan? Karena saya tidak tahu apa-apa. Saya datang dengan sudut pandang baru karena saya adalah seorang aktor dan saya tidak tahu apa-apa.”