Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

ADB meluncurkan studi untuk membantu ibu kota masa depan Indonesia menjadi netral karbon – Pendidikan India | Berita Pendidikan Terbaru | Berita Pendidikan Global

Sharm el-Sheikh – Asian Development Bank (ADB) dan Pemerintah Indonesia hari ini meluncurkan studi pelingkupan untuk memetakan jalur untuk mengidentifikasi, memantau, menetralisir, dan mengurangi emisi karbon untuk ibu kota negara masa depan, Nusantara.

Bantuan ini diumumkan pada sebuah acara di COP27 dan sejalan dengan komitmen Indonesia untuk Kontribusi yang Ditentukan secara Nasional sejalan dengan Perjanjian Paris.

ADB akan memberikan bantuan teknis dalam bentuk studi untuk mempersiapkan kontribusi regional dan lokal yang komprehensif untuk Nusantara, yang pertama di tingkat subnasional di Indonesia. Kajian lokal sukarela juga akan dilakukan untuk menganalisis lokalisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Partisipasi aktif pemerintah daerah di garis depan implementasi kebijakan nasional akan sangat penting bagi negara-negara untuk memenuhi komitmen mereka di bawah Perjanjian Paris,” kata Wakil Presiden ADB untuk Asia Timur, Asia Tenggara dan Pasifik Ahmed M. Saeed. “ADB dengan senang hati membantu Komisi Ibukota Negara Nusantara dalam mengambil tindakan tegas dalam memerangi perubahan iklim.”

“Studi ini merupakan langkah lain menuju tujuan kami menjadikan Nusantara sebagai ibu kota nasional hutan lestari pertama di dunia dan kota netral karbon pertama di Indonesia pada tahun 2045,” kata Ketua Komisi Ibu Kota Nasional Nusantara Bampang Susantono.

Studi ini akan mengidentifikasi kegiatan utama yang akan membantu Nusantara memenuhi komitmen nol bersihnya, termasuk melindungi dan memulihkan lahan dan kawasan hutan ibu kota di masa depan. Komisi juga akan memprioritaskan rehabilitasi dan perlindungan kawasan dengan nilai konservasi yang signifikan seperti koridor satwa liar dan keanekaragaman hayati dan daerah tangkapan air. Untuk kawasan perkotaan, pengembangan Nusantara akan memprioritaskan material rendah karbon untuk konstruksi, memaksimalkan energi dari sumber terbarukan dan akses transportasi umum.

READ  Indonesia naikkan kuota ekspor kelapa sawit

Bantuan teknis akan dikelola oleh ADB dan didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia. Diharapkan selesai pada Juni 2023.

Komisi Ibukota Negara Nusantara didirikan pada Maret 2022 dan merupakan lembaga setingkat menteri yang bertanggung jawab langsung kepada presiden Indonesia. Otoritas tersebut bertanggung jawab untuk merencanakan dan membangun ibu kota baru, dan bertanggung jawab untuk mengawasi transisi pemerintahan ke kota baru dan akhirnya menjadi pengelolanya.

ADP berkomitmen untuk mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, sambil mempertahankan upayanya untuk memberantas kemiskinan ekstrem. Didirikan pada tahun 1966, memiliki 68 anggota—49 dari wilayah tersebut.