September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Abu vulkanik Indonesia keluarkan awan gunung berapi baru

Yogyakarta, Indonesia (AB) – Gunung berapi meletus pada hari Senin di Pegunungan Mrabi Indonesia yang bergejolak, meletus pada hari Senin, memperbaharui abu vulkanik untuk hari kedua di lerengnya.

Aliran piroklastik – longsoran batu, abu dan gas vulkanik – meletus dari kubah gunung berapi yang berkembang pesat di dalam kawah.

Puncak 2.968 meter (9.737 kaki) terletak di pulau Jawa dekat Yogyakarta, sebuah kota kuno berpenduduk beberapa ratus ribu orang yang tertanam di area metro yang besar. Kota ini merupakan pusat budaya Jawa dan situs dinasti berusia berabad-abad.

Letusan besar terakhir Gunung Merapi pada tahun 2010 menewaskan 347 orang. Penduduk desa yang tinggal di lereng Merapi yang subur disarankan untuk tinggal 5 km (3,1 mil) dari mulut lembah.

Honeyk Humaida, kepala Pusat Pengurangan Risiko Gunung dan Geologi Yogyakarta, mengatakan gunung berapi itu telah runtuh sejak Minggu, ketika letusan terbaru dimulai. Ledakan awal mengirim 1.000 meter (3.280 kaki) abu panas ke atmosfer.

Gunung itu memicu setidaknya tiga kebocoran piroklastik baru pada hari Senin, kata Humaida.

Humayun mengatakan Gunung Mrabi adalah yang paling bergejolak dari lebih dari 120 gunung berapi di Indonesia dan merupakan salah satu yang paling aktif di dunia. Dia mengatakan, letusan yang berlangsung beberapa hari itu biasa terjadi.

Pusat Pengurangan Risiko Vulkanik dan Geologi tidak menaikkan status waspada Merapi pekan ini. Ini adalah yang tertinggi kedua dari empat tingkat sejak gunung itu mulai meletus November lalu.

Indonesia, negara kepulauan berpenduduk 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena terletak di “Cincin Api” Pasifik.