Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky mengolok-olok pasukan Rusia yang berjuang untuk “pujian” di Solidar | berita konflik

Kepala kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, menuduh militer Rusia mencoba “mencuri kemenangan” di Solidar.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengejek pertikaian antara kementerian pertahanan Rusia dan kelompok tentara bayaran Wagner tentang siapa yang harus diberi penghargaan atas upaya untuk merebut kota Solidar, dengan mengatakan itu menunjukkan “tanda yang jelas dari kegagalan musuh”.

Dalam pidato video larut malam pada hari Jumat, Zelensky mengatakan pertempuran untuk Solidar dan kota-kota timur lainnya di Ukraina terus berlanjut meskipun ada klaim yang bersaing oleh Wagner dan pemerintah Rusia bahwa pasukan merekalah yang menguasai kota tambang garam itu. .

Jatuhnya Solidar akan menjadi keuntungan besar pertama Rusia di medan perang setelah berbulan-bulan mundur militer dan kemunduran melawan pasukan Ukraina, meskipun analis militer dan Amerika Serikat telah meremehkan kepentingan strategis kota, yang telah melihat beberapa pertempuran paling berdarah dari perang. Jauh.

“Pertempuran yang sulit untuk wilayah Donetsk berlanjut. Pertempuran untuk Bakhmut, Soledar, Krymina, dan kota serta desa lain di timur negara kita terus berlanjut,” kata Zelensky dalam pidatonya.

“Meskipun musuh telah memusatkan kekuatan terbesarnya ke arah ini, pasukan kami – Angkatan Bersenjata Ukraina, semua pasukan pertahanan dan keamanan – membela negara,” katanya.

Zelensky kemudian membahas perselisihan antara Kementerian Pertahanan Rusia dan tentara bayaran Wagner.

“Mereka sudah bertengkar di antara mereka sendiri tentang siapa yang harus dikreditkan dengan beberapa kemajuan taktis,” katanya.

Ini adalah tanda yang jelas dari kegagalan musuh. Ini adalah insentif lain bagi kita semua untuk lebih menekan penjajah dan menimbulkan kerugian yang lebih besar pada musuh.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya menangkap Solidar pada Kamis malam, memungkinkan mereka untuk memotong rute pasokan Ukraina ke kota Bakhmut, barat daya Solidar, dan menjebak sisa pasukan Ukraina di sana.

READ  Bandara Kosta Rika dibuka kembali setelah pesawat DHL tergelincir dari landasan pacu dalam pendaratan darurat

Dalam pernyataannya, kementerian mengaitkan perebutan kota itu dengan pasukan dan angkatan udara Rusia, tanpa mengacu pada peran Grup Wagner.

Pendiri Wagner Yevgeny Prigozhin, yang sangat kritis terhadap kegagalan tentara reguler Rusia, mengeluarkan klaim prematur awal pekan ini bahwa Solidar telah jatuh. Dia juga menyatakan bahwa pertempuran di sana dilakukan secara eksklusif oleh anak buahnya sendiri.

Dalam komentar yang tampaknya ditujukan pada pembentukan pertahanan Rusia, Prigozhin pada hari Jumat mengeluhkan “pertikaian, korupsi, birokrasi dan pejabat yang ingin tetap menjabat,” serta apa yang dia gambarkan sebagai upaya berkelanjutan untuk “mencuri kemenangan” dari Wagner.

Sebagai tanggapan, Kementerian Pertahanan Rusia Jumat malam mengeluarkan pernyataan kedua yang berusaha untuk “mengklarifikasi” situasi dan mengakui peran para pejuang Grup Wagner di Solidar.

“Mengenai penyerbuan langsung ke lingkungan kota Solidar yang diduduki oleh Angkatan Bersenjata Ukraina, misi tempur ini berhasil diselesaikan dengan tindakan berani dan jujur ​​​​para sukarelawan dari detasemen penyerangan Wagner,” kata Kementerian Pertahanan.

Kantor berita independen Kyiv mencatat bahwa persaingan untuk mendapatkan kredit di antara pasukan Rusia tidak luput dari perhatian di Ukraina, dengan Mykhailo Podolak, seorang penasihat kantor presiden, mengatakan di Twitter bahwa “kegaduhan publik” atas “siapa yang bertarung lebih baik” di Solidar “adalah pertanda baik untuk memulai”. Akhir yang menakjubkan.”

Rusia mengizinkan Prigozhin merekrut puluhan ribu tahanannya untuk Wagner, yang menurut pejabat Amerika adalah kekuatan 50.000 tentara, dan mengizinkannya memberi mereka tank, pesawat, dan sistem pertahanan rudal.

READ  Gelombang panas membawa suhu ekstrem di bulan April ke India dan Pakistan

Menurut Reuters, Kremlin juga berdiri saat bos Wagner kadang-kadang menyerang petinggi Rusia, meskipun beberapa analis militer Barat telah menyarankan bahwa penunjukan jenderal tertinggi Rusia baru-baru ini untuk memimpin perang di Ukraina dimaksudkan untuk menyeimbangkan Prigozhin. Memengaruhi.

Meskipun hubungan dengan Kementerian Pertahanan Rusia kadang-kadang tegang, beberapa analis militer Barat menduga bahwa Wagner terkait erat dengannya.

Sebuah sumber yang dekat dengan pihak berwenang Rusia, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media, mengatakan kepada Reuters bahwa Kremlin memandang Prigozhin sebagai operator yang berguna tetapi mempertahankan jaminan yang tidak ditentukan mengenai kekuatannya yang berkembang.

“Ada plafon (untuk pertumbuhan) dan mekanisme yang ada,” kata sumber yang menolak memberikan rincian lebih lanjut.